Perkembangan Manajemen Produksi

Perkembangan manajemen produksi terjadi berkat dorongan beberapa faktor yang menunjang, yaitu:
a.      Adanya pembagian kerja dan spesialisasi
b.      Revolusi industri
c.       Perkembangan alat dan teknologi (termasuk komputer)
d.      Perkembangan ilmu dan metode kerja

Pengertian Manajemen Produksi

Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengkoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur kegiatan ini, perlu dibuat keputusan-keputusan yang berhubungan dengan usaha-usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan apa yang direncanakan. Pengertian manajemen produksi mencakup 3 unsur penting, yaitu:
a.      Adanya orang yang lebih dari satu
b.      Adanya tujuan yang ingin dicapai
c.       Orang yang bertanggungjawab terhadap pencapai tujuan tersebut

Pengertian Produksi

Produksi merupakan suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Dalam arti sempit, produksi adalah kegiatan yang menghasilkan barang baik barang yang setengah jadi, barang jadi, barang industri, suku cadang, dan komponen penunjang.

Proses Produksi

Proses produksi dapat ditinjau dari 2 segi, yaitu:
1.      Berdasarkan kelangsungan hidup
Terbagi kedalam 2 bagian, diantaranya:
·         Proses produksi terus menerus (Continous Production)
·         Proses produksi yang terputus-putus (Intermiten Production)
2.      Berdarkan teknik
Terbagi kedalam 4 bagian, yaitu:
·         Proses ekstraktif
·         Proses analitis
·         Proses pengubahan
·         Proses sintesis

Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Produksi

Ada 4 macam pengambilan keputusan, yaitu:
1.      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang pasti
2.      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang mengandung resiko
3.      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang tidak pasti
4.      Pengambilan keputusan atas peristiwa yang timbul karena pertentangan dengan keadaan lain

Ruang Lingkup Manajemen Produksi

Manajemen produksi mencakup perancangan atau penyiapan manajemen produksi serta pengoperasiannya, yang meliputi:
§  Seleksi dan design hasil produk (produk)
§  Seleksi dan perancangan proses serta peralatan
§  Pemilihan lokasi perusahaan serta unit produksi
§  Perancangan tata letak/layout dan arus kerja atau proses
§  Perancangan tugas
§  Strategi produksi dan operasi serta pemilihan kapasitas

Fungsi serta Sistem Produksi dan Operasi

A.      Fungsi Produksi dan Operasi
Fungsi ini berkaitan dengan pertanggungjawaban dalam pengolahan dan pengubahan masukan (input) menjadi pengeluaran (output) berupa barang atau jasa yang memberikan pendapatan bagi perusahaan. Terdapat 4 fungsi penting produksi, yaitu proses pengolahan, jasa-jasa penunjang, perencanaan serta pengendalian atau pengawasan.

B.      Sistem Produksi dan Operasi
Sistem produksi dan operasi adalah suatu keterkaita antara unsur-unsur yang berbeda secara terpadu, menyatu, dan menyeluruh dalam pentransformasian masukan menjadi keluaran.

Lokasi dan Layout Pabrik

            Lokasi merupakan salah satu kegiatan awal yang harus dilakukan sebelum perusahaan mulai beroperasi. Penentuan lokasi yang tepat akan mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam melayani konsumen, mendapatkan bahan-bahan mentah yang cukup, mendapatkan tenaga kerja dengan mudah, serta memungkinkan diadakannya perluasan usaha. Kesalahan dalam pemilihan lokasi akan mengakibatkan biaya transportasi yang tinggi, kekurangan tenaga kerja, kehilangan kesempatan dalam bersaing, tidak tersedianya bahan baku yang cukup dan sebagainya.
            Perencanaan layout merupakan salah satu tahap dalam perencanaan suatu fasilitas yang bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem produksi yang efektif dan efisien. Tujuan penyusunan layout pada dasarnya untuk mencapai pemanfaatan peralatan pabrik yang optimal, penggunaan jumlah tenaga kerja yang minimum, kebutuhan persediaan yang rendah dan biaya produksi serta investasi modal yang rendah.
ü  Faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan lokasi, diantaranya:
1.      Faktor utama
Yaitu letak sumber bahan baku, letak pasar masalah transportasi, supply tenaga kerja, dan pembangkit tenaga listrik.
2.      Faktor bukan utama
Yaitu rencana masa depan perusahaan, kemungkinan adanya perluasan perusahaan, kemungkinan adanya perluasan kota, terdapatnya fasiltas-fasilitas pelayanan, terdapatnya fasilitas-fasilitas pembelanjaan, persediaan air, investasi untuk tanah dan gedung, sikap masyarakat, serta iklim dan keadaan tanah.

ü  Penentuan lokasi pabrik
            Manajemen perusahaan dalam memilih lokasi pabrik didasarkan pada beberapa macam alternatif. Tahap-tahap dalam pemilihan lokasi pabrik terdiri dari pengumpulan data, menganalisa data yang masuk, menentukan urutan alternatif lokasi yang dipilih dan menentukan lokasi pabrik yang dipilih. Penentuan metode pemilihan lokasi pabrik didasarkan pada faktor rating, analisa ekonomis, dan analisa volume biaya.

ü  Penentuan layout pabrik
Sebagaiman diketahui bahwa layout yang dipergunakan dalam sebuah pabrik akan mempunyai pengaruh langsung terhadap tingkat produktivitas perusahaan. Oleh karena itu penentuan layout pabrik harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan. Untuk menentukan layout pabrik dengan baik, maka perlu diadakan persiapan-persiapan yang matang, diantaranya:
1.      Data yang diperlukan
Meliputi jumlah dan jenis produk, komponen produk, urutan pelaksanaan proses produksi, mesin an peralatan informasi mesin, instalasi yang diperlukan, luas gedung, dan perbandingan perencaaan layout
2.      Analisis urutan operasi
3.      Teknik keseimbangan kapasitas

3 Komentar

  1. link ke posting: http://wicaksono.permataindonesia.ac.id/2015/03/perkembangan-manajemen-produksi.html


    ulasan yang sangat menarik pak,,
    domino 99 | domino99

    BalasHapus
  2. assalamualaikum we.wb,saya. IBU ENDANG WULANDARI Dri jawah timur tapi sekarang merantahu di teiwan bekerja sebagai pembantu ingin mengucapakan banyak terimah kasih kepada KI KANJENG DEMANG atas bantuan AKI. Kini impian saya selama ini semaunya sudah tercapai kenyataan dan berkat bantuan KI KANJENG DEMANG pula yang telah memberikan Angka gaib hasil ritual beliau kepada saya yaitu 4D. Dan alhamdulillah berasil tembus. Dan rencana saya ingin Mau pulang ke kampung kumpul kembali degang keluarga saya sekali lagi makasih yaa KI karna waktu itu saya cuma bermodalkan uang cuma 400rb Dan akhirnya saya menang. berkat angka gaib hasil ritual AKI KANJENG DEMANG saya sudah buka usaha warung makan Dan suami saya peternakan. Kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya, Dan saya ATAS Nama IBU ENDANG WULANDARI sekali lagi saya betul betul sagat berterima kasih kepada AKI Dan saya minta Maaf kalau Nama AKI saya tulis di internet itu semua saya lakukan karna saya Mau ada orang yang meminta bantuan Sama AKI agar seperti saya sudah sukses. Dan membatu orang orang yang kesusaan. bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HUB / KI KANJENG DEMANG di Nomor INI: 081 / 234 / 666 / 039 / insya allah AKI akan membantu anda karna ramalan KI KANJENG DEMANG memiliki ramalan GAIB yang bagus Dan dijamain tembus Atau KLIK DISINI

    BalasHapus