Perlu Anda ketahui bahwa mulai sekarang Google menggunakan penilaian : Mobile Friendly atau Responsive Design suatu website sebagai salah satu faktor penentu rangking website di Google. Oleh karena itu pastikan bahwa website Anda telah Mobile Friendly. Cara memastikan atau menguji apakah suatu website telah mobile friendly adalah dengan menggunakan Tool Google Developer sebagai berikut :
How to Mobile Friendly - Responsif design test
Masukkan alamat website Anda lalu klik tombol ANALISIS. Jika website Anda sudah Mobile Friendly maka hasilnya seperti ini :
cara membuat website mobile friendly responsif design
Lalu bagaimana membuat website yang Mobile Friendly atau Responsif Design sehingga ranking atau posisi pencarian Google nya bertahan atau semakin baik. Berikut caranya jika Anda menggunakan CMS WordPress hosting sendiri :
1. Mengganti dengan template Responsif Design atau Mobile Friendly
Login kedalam dashboard, cari menu PLUGINAdd New, dan lakukan pencarian dengan keyword :responsive design, atau mobile friendly
2. Jika Anda tidak ingin mengubah tema (template), maka Anda bisa memasang plugin sebagai berikut :
  • Jetpack memberi pemilik situs fitur mobile-friendly wordpress.com yang dihosting, dengan situs yang dihosting milik Anda.
  • WPTouch adalah solusi plugin untuk membuat versi situs yang terpisah dan mobile-friendly. Tema desktop Anda akan tetap sama. Untuk pengunjung dari perangkat mobile, situs Anda akan ditampilkan dengan tema yang berbeda. Tersedia beberapa pilihan tema.
  • WP Mobile Detector, mirip dengan WPTouch, memberikan beberapa tema untuk disajikan kepada pengunjung yang menggunakan perangkat mobile.