Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Interaksi Pada Facebook Fanspage

1. Lampirkan Foto dan Gambar
Teknik pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan interaksi fanpage Facebook Anda adalah dengan melampirkan foto atau gambar dalam setiap postingan. Dalam sebuah riset dan penelitian telah diketahui bahwa penggunaan foto saat melakukan posting akan memiliki kemungkinan 39% lebih besar untuk menarik interaksi member atau fans.
Dibanding post yang hanya berisi teks, post yang mengandung konten foto diketahui mendapat 53% lebih banyak like, 104% lebih banyak komentar, dan 84% lebih banyak CTR (click trough rate). Maka dari itu jangan lupa untuk menampilkan atau melampirkan foto di setiap kali Anda melakukan posting di halaman fans Anda.

2. Posting Konten Seefisien Mungkin

Konten yang panjang bukan jaminan untuk bisa mendatangkan banyak interaksi. Meskipun Anda telah mengkombinasikannya dengan foto, akan tetap ada beberapa kelemahan pada postingan yang terlampau panjang ini.
Pertama, konten yang terlalu panjang umumnya akan membuat member Facebook Fanspage Anda akan malas membacanya. Kedua, saat ingin berkomentar, fans bisnis Anda akan berpikir beberapa kali karena ia takut salah berkomentar karena tak membacanya.
Dari sini, maka Anda harus bisa membuat konten atau postingan yang padat, singkat dan jelas. Dari sebuah riset disebutkan bahwa postingan yang berisi lebih sedikit dari 250 karakter akan dapat menarik 60% lebih banyak engagement. Dan dengan memotong konten hingga 80 karakter akan menarik interaksi member hingga 66% lebih banyak.

3. Jangan Lupakan Emoticon

Jangan sekali-kali remehkan emoticon. Dalam sebuah penelitian, lambang emosi atau perasaan manusia ini ternyata memiliki kekuatan untuk menarik 33% komentar lebih banyak, 33% share lebih banyak, dan 57% like lebih banyak dibanding postingan atau status tanpa emoticon.
Dengan fitur emoticon yang lebih canggih yang telah diluncurkan Facebook, tentu hal ini akan menciptakan peluang yang lebih besar lagi untuk Anda mendapatkan interaksi dari Facebook Fanspage yang Anda kelola.

4. Berikan Postingan lebih di Hari Kamis Dan Jumat

Hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk meningkatkan interaksi di Facebook Fanspage adalah momentum. Ya, meski harus diupdate setiap hari, namun Anda jangan sekali-kali lupa untuk melakukan postingan yang lebih intens pada hari Kamis dan Jumat.
Hal ini disebabkan karena menurut riset, Engagement rate akan meningkat jadi 18% lebih tinggi ketika sebuah status atau postingan di-update pada hari Kamis dan Jumat dibanding hari-hari lain dalam seminggu.

5. Gunakan Pertanyaan via Facebook Fanspage

Dalam sebuah studi media sosiall telah diketahui bahwa postingan dalam wujud pertanyaan akan mampu mendatangkan 100% komentar lebih banyak jika dibanding status standar berupa pernyataan. Dan pertanyaan dengan jawaban cepat (ya/tidak) akan mampu meningkatkan lebih banyak lagi interaksinya. Maka dari itu jangan lupa untuk menggunakan pertanyaan setiap kali memposting atau mengupdate halaman fans Anda.

6. Sesekali Adakan Kontes dan Undian Berhadiah

Terkahir, untuk bisa menarik interaksi fans pada Facebook Fanspage Anda adalah dengan mengadakan kontes atau undian berhadiah. Hal ini tak harus Anda lakukan setiap hari, namun sekali atau dua kali dalam sebulan saja itu sudah cukup jika dana Anda mencukupi.
Gunakanlah kata-kata seperti contest, win, promotion, enter dan submit, dan lainnya yang terbukti mampu menarik lebih banyak interaksi. Era materialistik di zaman modern seperti sekarang memang membuat orang atau fans antusias dengan kata-kata kontes dan undian tersebut. Menurut penelitian, postingan bernada kontes dan undian akan menerima engagement rate 42% dari para fans yang telah bergabung dengan halaman penggemar Anda

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Interaksi Pada Facebook Fanspage"