Pilih Sekolah Yang Sesuai Bakatmu

Setiap Orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya,hal ini harusnya anda buktikan,namun bukan dengan cara menuruti apa saja kemauan orangtua anda,anda juga harus memikirkan bakat yang anda miliki.
Saat anda disekolahkan dengan Jurusan hukum,sedangkan bakat anda adalah seni,ajak orang tua anda diskusi,utarakan keinginan anda untuk menjadi seorang anak yang terlatih dibidang seni,dan tentunya anda perlu membuktikan keinginan ini dengan prestasi anda.

Jangan Takut Ambil resiko

Sangat banyak sekali orang yang terlahir jadi sukses,mereka yang sukses diusia mudanya rata-rata menjalankan bisnis mereka sendiri,mereka mampu mengambil resiko tersendiri,akan berbeda halnya jika anda tidak berani mengambil resiko,anda seumur-umur hanya akan menjadi karyawan,mungkin akan menjadi karyawan terbaik namun bukan seorang pebisnis yang sukses diusia muda.
Mencoba usaha kecil-kecilan adalah salah satu contoh awal dari kesuksesan anda,carilah usaha yang tidak menyita banyak waktu anda dan yang bisa memberikan anda ruang gerak antara sekolah dan pekerjaan.

Hiraukan Trend Masa Kini

Tidak usah pusing jika teman-teman anda memiliki gaya baru,hanphone baru,tas baru atau sejenisnya.rata-rata trend tersebut akan menyita tabungan anda,waktu anda dalam mengejar mimpi anda.
Anda perlu menahan semua ini,jika anda memiliki uang lebih,baiknya dipergunakan untuk menambah modal atau berikan saja sama orang tua anda,hal itu akan jauh lebih bermanfaat ketimbang anda mengikuti trend masa kini.

Pelajari Bahasa Asing

Zaman sekarang orang-orang sukses tentu akan dihadapkan dengan banyak hal,seperti menganalisis data,rata-rata menggunakan bahasa Inggris.
Ada baiknya anda mempelajari bahasa asing khususnya bahasa inggris,selain buat bekal anda jalan-jalan keluar Negeri,Belajar Bahasa Inggis akan membuka peluang anda menjalankan bisnis yang lebih besar apalagi jika anda adalah seorang Pebisnis Internet.

Punya Niat dan Keinginan Yang Kuat

Untuk sukses di usia muda harus punya niat sukses dan memiliki keinginan untuk sukses, jangan hanya menghayal saja tapi tekadkan niat anda dengan kuat dan tanamkan ambisi yang membara bahwa anda harus bisa sukses.

Memiliki Impian Sukses

Bermimpilah karena bermimpi itu gratis, jangan hiraukan perkataan orang lain tentang mimpi anda, karena mimpi mampu menjadi bahan bakar semangat anda. Tuliskan impian anda sebanyak – banyaknya pada sebuah buku, lalu baca dan bila perlu tempelkan pada dinding yang sering anda lihat. tetaplah jaga semangat dan Motivasi sukses anda.

Miliki Semangat Juang

Jika anda pernah menonton acara MotoGP, Bola, Tinju dan olahraga lain, anda melihat bagaimana kerasnya para Olahragawan ini mencapai kinginannya menjadi juara, mereka memiliki Semangat Juang yang tinggi.
Begitu juga anda, anda harus menanamkan semangat juang 45, anda tidak akan pernah menyerah walau bisnis yang anda jalankan sedang terpuruk, jadikan sebuah kegagalan sebagai materi yang tak terlupakan.

Konektivitas yang Baik

Didunia ini anda tidak hidup sendiri, begitu juga bisnis, bisnis harus dibangun dalam sebuah Konektivitas yang baik untuk mencapa sebuah kesuksesan, sangat tidak mungkin anda mencapai sebuah kesuksesan tanpa adanya Konektivitas yang Baik dari lingkungan dan jaringan bisnis anda.

Punya Tujuan Sukses

Untuk sukses di usia muda harus punya tujuan, tentukan tujuan anda, buatlah menjadi 3 bagian :
  • Tujuan jangka pendek
  • Tujuan menengah
  • Tujuan jangka panjang.
Jika hidup tidak punya tujuan maka anda hanya ibarat sebuah perahu di tengah lautan yang terombang ambing kesana kemari tanpa arah dan tujuan. Mereka yang telah berhasil sukses di usia muda karena mereka punya tujuan lalu mereka selalu berusaha untuk meraih tujuan mereka secepat mungkin. Fokuslah dengan tujuan sukses utama anda jangan banyak bercabang.

Tentukan Jangka waktu sukses anda

Maksunya ialah, anda menentukan waktu kapan anda akan bisa dan harus berhasil, misalnya dalam dua tahun saya harus punya rumah, setelah 5 tahun dari sekarang saya sudah punya perusahaan sendiri. Atau jika anda mahasiswa buatlah “ sebelum lulus kuliah saya harus punya bisnis” sehingga setelah lulus bisnis anda sudah berjalan dan besar.

Buat dan Milikilah Strategy Sukses

Buatlah rencana atau strategi apa yang akan anda lakukan untuk mencapai tujuan anda, anda akan melakukan apa dan bagaimana tentukan itu.
Strategi bisa di bagi menjadi 3 bagian :
  • Metode : metode apa yang akan anda jalankan.
  • Tools /alat : alat yang anda butuhkan dalam mencapai tujuan, misalnya anda bertujuan ke Jakarta tentunya anda membutuhkan alat seperti uang, mobil dll.
  • Leverage/daya Ungkit : kekuatan anda, kemampuan anda di perhitungkan jika kurang tambah dan jika belum lengkap lengkapi. Leverage mencakup : Resort ( sumber daya orang lain ), Ide, Contact, exercise ( bantuan desainer dari orang lain ).

Competence

meningkatkan kapasitas diri anda , seperti : Knowladge/pengetahuan, Attitude/ sikap sukses anda, Skill/keahlian ( solf skill dan hardskill ).

Action

Setelah punya niat, impian, tujuan dan strategi maka jangan lagi di tunda waktunya untuk beraksi, segeralah memulai karena dengan memulai anda akan membuka ketidakjelasan masa depan anda, berani memulai akan membuka pintu sukses yang lama tertutup.
Beranilah menerima dan mengambil resiko, karena resiko adalah alat pembentukan kekuatan dan kehebatan diri, berani merubah ide ,rencana, gagasan dan tindakan anda. Tidak ada kesuksesan tanpa resiko, makan saja ada resiko kekenyangannya.

Result / Hasil

Anda harus berani menerima kenyataan hasil usaha anda, suka atau tidak itulah hasil anda, setiap hasil yang kita inginkan akan berbanding seimbang dengan usaha anda. Terus lakukan inovasi menjadi lebih baik.

Lakukan Evaluasi

Selalulah melakukan evluasi terhadap hasil kerja anda, misalnya setiap akhir bulan atau setiap munggu melakukan evaluasi.
Berilah nilai setiap usaha anda apakah : excellent,Very Good, Good, Everage, Poor.
Jika kurang perbaiki yang kurang jika baik maka tingkatkanlah.

Berilah nilai setiap usaha anda

Berilah nilai setiap usaha anda apakah : excellent,Very Good, Good, Everage, Poor.
Jika kurang perbaiki yang kurang jika baik maka tingkatkanlah.

Banyak bergaul dan bertanya kepada orang sukses

Perbanyaklah bergaul dan bertanya kepada orang sukses, misalnya ada teman anda yang sudah sukses saat masih muda seusia anda maka anda harus bergaul dan bertanya kepadanya tentang kunci kesuksesannya. Dengan begitu anda mempunyai motivasi sendiri agar bisa menjadi sukses seperti teman anda bahkan sukses melebihi teman anda.

Berdo’a dan bertawakal

Berdo’a dan bertawakalah kepada Tuhan yang Maha Esa. Karena apapun usaha kita jika Tuhan tidak menghendaki maka apalah daya kita sebagai makhluk lemah ini, oleh sebab itu usaha tetap usaha namun jangan lupakan Tuhan Yang Maha Memberi Kemudahan hidup kita.
Demikian Cara Menjadi Orang sukses di Usia Muda yang bisa saya bagikan kepada anda semua. Terapkan satu persatu secara berlahan namun pasti bertindak dengan penuh keyakinan semoga anda bisa menjadi orang sukses di usia muda secepat mungkin. Salam sukses.

0 Komentar