Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Riset Kata Kunci

Apa itu Riset Keyword ?

Riset keyword merupakan hal yang terpenting dalam membangun situs web atau blog. Riset keyword yang biasa disebut riset kata kunci bertujuan untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan tema konten blog anda dan berpotensi mendatangkan trafik yang banyak. Untuk riset keyword anda bisa menggunakan google keyword planner

Kriteria Penting pada Riset Keyword.

Ada beberapa kriteria dasar untuk meriset kata kunci, diantaranya pencarian yang tinggi, kompetisi yang rendah , dan buying keyword (untuk pemasaran online). Terkadang hanya untuk mencari kriteria tersebut saja sudah malas, dan memakan waktu yang lama.

Cara Riset Keyword yang Mudah. 

1. Riset keyword dengan Google Keyword Planner ( Hasilkan 10 keyword ideas).

Riset kata kunci dengan Google Keyword Planner berfungsi untuk menemukan keyword atau kata kunci yang memiliki tingkat pencarian tinggi serta memberikan gambaran kepada anda bagaimana menggunakan kata kunci tersebut pada artikel.
Pada riset dengan Google Keyword Planner hasilkanlah kata kunci dengan tingkat pencarian tinggi dan tingkat kompetisi dengan rentang low – medium, agar nantinya anda lebih mudah menduduki halaman 1 di search engine (google).

2. Filter menjadi 5 keyword terbaik.

Untuk menghasilkan 5 keyword dari 10 keyword terbaik tersebut penuhilah 2 patokan berikut ini :
a. Jangan mengincar keyword yang mana apabila kita mengetikkannya di google dan setelah di klik enter akan muncul situs :
  1. Wikipedia
  2. Amazon
  3. Web yang mempunyai pagerank 6
  4. Web/blog yang memiliki sitelink
  • Wikipedia merupakan salah satu situs dengan konten yang banyak dan berkualitas. Setiap konten yang disajikan sebagian besar lengkap. Susah rasanya untuk mengalahkan wikipedia untuk nomor 1 di google.
  • Amazon merupakan suatu website yang menjual bermacam-macam produk, seperti DVD, CD, MP3, Buku, Software, Hardware, game, pakaian, dll. Amazon menyediakan peluang bisnis online untuk menjadi offiliate marketer.
  • Web/blog berPR 6 merupakan suatu web/blog yang telah mendapat pandangan baik dari search engine. Sehingga sulit atau membutuhkan usaha yang keras untuk menangguhkannya.
  • Untuk sitelink mungkin teman-teman kebingungan dengan artinya. Secara sederhana inilah gambar web yang mempunyai sitelink.
Gambar Sitelink
Contoh Gambar Sitelink pada Kompas.com [ Kotak Hitam Merupakan Sitelink ] 
b. Sebaiknya mengincar keyword yang mana para kompetitor memiliki situs dengan pagerank di bawah 3. Dan bila pagerank sesuai dengan keyword yang anda ketikkan bervariasi. Cobalah mencari rata-rata dari 10 terbaik (Top 10) di google tersebut. Bila kurang dari 3 pilihlah keyword tersebut.

Kesimpulannya Cara Riset Keyword dengan Mudah.

Langkah Pertama : Riset kata kunci dengan Google Keyword Planner. Dan riset dengan Google key.Plannner berfungsi untuk.
  1. Mencari keyword yang mempunyai tingkat pencarian yang tinggi.
  2. Mencari keyword yang mempunyai tingkat kompetitor dasar yang rendah.
  3. Mendapatkan keyword ideas / ide kata kunci untuk langkah selanjutnya dan menerapkannya ke konten anda.
Langkah Kedua : Penuhi 2 patokan berikut ini.
  1. Jangan mengincar keyword yang mana terdapat situs seperti Wikipedia, Amazon, situs berPR 6, dan mempunyai sitelink.
  2. Sebaiknya kompetitor anda ber PR dibawah pagerank 3 agar hasil SEO anda bagus.
Dan inilah sebuah ilustrasi penggunaan langkah mudah cara riset keyword. Saya sedang mengincar keyword tentang pendidikan. Lalu saya melanjutkan riset keyword tersebut dengan menuliskannya di Google key.Planner dan muncul hasil teratas artikel pendidikan, sistem pendidikan, dan sebagainya * silahkan mencoba. Carilah 5 keyword dengan pencarian tertinggi dan kompetisi low-medium dan mulai cek ke 5 keyword tersebut dengan memenuhi 2 patokan di atas. Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Cara Riset Kata Kunci "