1. Tentukan Media Online (Promosi)
Yang paling penting agar online shop anda berkembang adalah gunakan media online sebagai sarana promosi yang dapat membantu anda dalam memasarkan produk. Maksudnya adalah kita harus menentukan untuk menggunakan media online mana yang baik untuk digunakan sebagai sebuah toko online. Kita bisa menggunakan situs jejaring sosial semacam facebook atau twitter untuk dijadikan sebagai sebuah toko online. Kelebihan dari jejaring sosial adalah pangsa pasarnya yang besar. 
2. Harga yang Kompetitif
Banyaknya pesaing di dunia maya juga menjadi tantangan tersendiri bagi para penjual. Oleh karena itu, seorang penjual online juga harus mampu memberikan harga yang relatif murah dibandingkan toko lainnya, agar banyak pembeli yang beralih menjadi pelanggan anda.
3. Aktif
Keaktifan seorang penjual online sangat menentukan bisnis onlinenya berkembang atau tidak. Respon yang lambat terhadap seorang calon pembeli akan membuat calon pembeli lari ke tempat lain. Keaktifan untuk selalu update di toko online juga menandakan seberapa besar toko tersebut masih buka atau sudah tutup.
4. Pelayanan
Agar online shop anda berkembang adalah dengan meningkatkan pelayanan. Online shop dengan produk yang sama mungkin banyak, namun online shop dengan pelayanan yang memuaskanlah yang dapat bertahan. Pelayanan yang memuaskan dapat dibuktikan dengan keramahan Anda pada calon pelanggan, kecepatan dalam menjawab pertanyaan atau keluhan pelanggan, serta kualitas produk.
5. Tampilan yang menarik
Sebuah online shop akan menarik banyak pembeli jika gambar-gambar yang disajikan terlihat segar dan menarik. Oleh karena itu anda harus kreatif mencari ide-ide baru agar bisa membuat tampilan online shop anda tidak membosankan. Gambar-gambar di sajikan dengan warna yang cerah dan kualitas gambar yang baik sehingga calon pembeli anda akan mendapatkan gambaran yang jelas dari produk yang akan di pilihnya.
6. Produk yang Up to date
Banyak online shop yang akhirnya tidak berkembang karena menawarkan produk yang sudah ketinggalan jaman. Oleh karena itu anda harus selalu mencari info, tipe barang apa yang sedang menjadi trend di masyarakat, sehingga online shop anda bisa menyediakan produk-produk terbaru yang sedang menjadi pusat perhatian masyarakat, agar bisa mendatangkan banyak calon pembeli. Satu keuntungan dari belanja online adalah mampu dengan cepat mencari penawaran untuk item atau layanan dengan berbagai vendor (meskipun beberapa pencarian lokal mesin memang ada untuk membantu konsumen menemukan produk untuk dijual di toko-toko terdekat). Search engine, online jasa perbandingan harga dan belanja penemuan mesin dapat digunakan untuk mencari penjual produk atau jasa tertentu.
7. Kemudahan Cara Berbelanja
Tips lain agar online shop anda cepat berkembang adalah dengan memberikan kemudahan berbelanja. Berikan informasi yang singkat tentang bagaimana tata cara pemesanan dan pembayaran barang. Sediakan banyak cara agar calon konsumen anda mudah menghubungi anda sebagai penjual, misal nomer handphone, pin Blackberry, YM, atau email. Selain memberikan kemudahan, hal ini juga akan menimbulkan rasa aman dari calon pembeli. 
Hal-hal yang mendukung dalam bisnis online shop, yaitu:
  • Akses internet semakin murah dan cepat, yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet
  • Dukungan dari sektor perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun sms banking, yang akan mempercepat proses transaksi
  • Biaya web hosting yang semakin murah
  • Semakin mudah dan murahnya membangun situs E-commerce yang didukung dengan tersedianya berbagai software open source, seperti osCommerce, Magento, dll
Selain hal-hal yang disebutkan di atas, perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus didukung juga oleh adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan penipuan, credit card fraud, dan berbagai potensi kerugian lainnya. Dengan demikian konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.
Faktor dari E- commerce, yaitu:
  • Menyediakan harga kompetitif.
  • Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  • Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  • Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  • Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  • Mempermudah kegiatan perdagangan
Sumber http://artikel.okeschool.com/

0 Komentar