Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bussines
Kita tidak dapat memungkiri pentingnya teknologi informasi dalam kehidupan kita. Boleh dibilang, kita sudah ketergantungan dengannya, dimana dalam sehari kita tak dapat hidup tanpa bersentuhan dengan teknologi.
Tentunya hal tersebut membawa perbaikan, termasuk dalam menjalankan bisnis online. Namanya saja online, itu berarti bahwa kita memerlukan saluran internet untuk terus terhubung dengan customer ataupun mencari produk dan informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan pendapatan. 


Lebih detailnya ada pada penjelasan di bawah ini:

A. Memperlancar Komunikasi
Tidak seperti zaman dahulu, kini komunikasi sangatlah mudah dan murah. Betapa tidak, hanya dengan pesan teks, telepon, email, video call, dan sosial media kita dapat langsung terhubung dengan seluruh penduduk dari belahan dunia. Ini jelas akan memperlancar Anda yang ingin memperluas bisnis hingga ke mancanegara.
Cukup pasarkan bisnis Anda melalui web dan semua orang dapat membukanya dari tempat mereka berada. Anda pun bisa melakukan kerjasama dengan mereka atau sekedar bertukar informasi mengenai bisnis yang Anda jalankan.

B. Menarik Konsumen
Adanya berbagai fasilitas komunikasi tentunya juga dapat menarik consumen yang tak terhingga dari belahan dunia manapun. Anda perlu memiliki taktik menarik konsumen yang lihai untuk memberikan mereka kepuasan dan menjadikannya pelanggan tetap.

C. Efektivitas Biaya
Masih berlanjut dari point pertama dan kedua, dengan berkomunikasi melalui internet, Anda tentunya bisa menghemat biaya perjalanan. Transaksi dapat dilakukan melalui kartu kredit, bank, ataupun aplikasi pembayaran yang kini sudah banyak tersedia, kemudian barang yang dipesan pun akan langsung terkirim ke alamat yang dituju. Biaya perjalanan tersebut akhirnya bisa digunakan untuk hal lainnya, seperti menggaji karyawan, modal tambahan, atau membayar website Anda.

D. Menjembatani Kesenjangan Budaya
Berapa banyak budaya yang tersebar di muka bumi ini? Tak terhitung jumlahnya. Akan sangat sulit untuk bisa memahami budaya yang satu sama lainnya sangat berlawanan. Nah, teknologi informasi ini juga mampu menjembatani adanya kesenjangan budaya. Dengan banyaknya informasi yang bisa Anda peroleh dari internet, Anda akan mampu berkomunikasi dan memahami apa yang mereka sukai dan tidak sukai, sehingga akan mengurangi adanya kesalahpahaman.

E. Berbisnis 24 Jam
Tidak seperti toko offline yang memiliki keterbatasan waktu untuk beroperasi, toko online sanggup beroperasi hingga 24 jam asal Anda sanggup untuk terus mengeceknya. Dengan berbisnis 24 jam, Anda dapat melayani pelanggan dari negara mana saja sehingga pendapatan Anda pun otomatis akan meningkat.

F. Membuka Lapangan Kerja Baru
Anda mungkin bukan orang yang memiliki latar belakang di bidang teknologi informasi dan tidak bisa menciptakan website toko online Anda. Untuk itu Anda membutuhkan bantuan dari web desainer yang jelas memberikan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Selain web desainer, sistem di website Anda mungkin juga memerlukan programmer dan hardware dan software developer agar dapat beroperasi dengan maksimal.

G. Memberikan Pengetahuan dan Sumber Informasi
Melalui internet, Anda hanya membutuhkan satu klik dan semua informasi sudah tersedia di depan mata Anda. Semakin banyak pengetahuan yang Anda peroleh mengenai bisnis online, maka semakin berkembang pula bisnis yang sedang Anda rintis.
Dunia bisnis sudah sangat kompetitif dimana ada banyak persaingan untuk dapat terus berkembang. Diperlukan kreativitas, kegigihan, dan pengetahuan yang maju agar bisa bersaing di dalamnya. Melihat banyaknya fungsi yang diperoleh dari teknologi informasi, 

Sumber : Netpreneur.co.id


0 Komentar