Sales

Sales adalah seorang penjual, dimana biasanya penilaian seorang sales diukur dari volume penjualan yang sudah dicapai (closing). Seorang sales atau salesman akan berurusan secara langsung dengan konsumen / nasabah / pelanggan / klien mulai dari hal menawarkan produk sampai dengan produk tersebut terjual (atau terjadi transaksi) dan salesman tidak perlu peduli akan kepuasan konsumen. Kendala yang dihadapi oleh salesman akan juga sangat bermanfaat untuk dijadikan masukan tambahan dalam menentukan strategi marketing.
Marketing
Marketing adalah seorang pemasar atau tukang promosi. Menjadi marketing yang handal adalah mampu secara “cantik” mempengaruhi pikiran dan hati konsumen dengan melakukan strategi pemasaran / promosi / branding berdasarkan hasil riset / analisa terhadap trend keinginan konsumen, produk (fungsi, fitur, harga dan kualitas), kompetitor, lokasi, kepuasan konsumen dll. Marketing juga harus bisa menjaga hubungan baik dengan konsumen untuk mendapatkan loyalitas konsumen. Informasi dari marketing akan memberikan peranan penting sebagai dasar para salesman dalam mengeksekusi penjualan.
Marketing dan sales akan sangat saling membutuhkan satu sama lain dalam pencapaian target penjualan yang ditetapkan, walaupun jika diterapkan dalam struktur organisasi, jabatan seorang marketing lebih tinggi daripada seorang sales. Dan jika kinerja marketing dan sales “dilebur” kedalam suatu sistem, maka Marketing dan Sales sangat perlu memahami dan mengaplikasikan sebuah sistem strategi bisnis CRM (Customer Relationship Management) untuk me-manajemen hubungan perusahaan dengan pelanggan (customer) secara efektif dan efisien.

0 Komentar