Untuk menunjang kelancaran bisnis yang akan dirintis, mari menyimak beberapa tips sederhana berikut ini :

1. Tentukan Jenis Usaha yang Diminati

Memilih jenis usaha yang disukai atau yang menjadi hobi akan membuat seorang pebisnis tidak cepat bosan dan tidak cepat menyerah ketika menghadapi suatu rintangan dalam berbisnis. Bagi Anda yang suka berwisata kuliner, membuka bisnis kulinerr tentu cukup menyenangkan. Sedangkan bagi Anda yang hobi memodifikasi mobil, dari pada hanya memboroskan uang untuk mempercantik kendaraanl ebih baik sekalian terjun ke bisnis modifikasi mobil untuk menyalurkan ide dan kreasi.

2. Tentukan Bagian Usaha yang Ingin Dipilih

Pilihlah bagian usaha yang spesifik terlebih dahulu, misalnya bagian produksi saja atau bagian pemasaran saja. Bagi pebisnis pemula sebaiknya memilih bagian pemasaran, karena membutuhkan modal yang lebih sedikit dan resiko kerugian yang harus ditanggung juga lebih kecil. Selain itu, membuka bisnis pemasaran juga dapat menjadi pembelajaran untuk melihat ekspektasi pasar terhadap suatu produk.

3. Pilihlah Produk yang Spesifik Meskipun Potensi Pasarnya Lebih Terbatas

Memilih produk yang telah banyak dipasarkan dapat menimbulkan persaingan yang sangat ketat dengan para pebisnis yang lebih dulu terjun di bidang yang sama. Produk yang belum banyak dipasarkan mungkin memiliki target pasar yang lebih terbatas, namun hal ini dapat meminimalkan persaingan dengan pebisnis lain.

4. Dapatkan Produk Langsung Dari Produsennya

Hal ini tentu sangat penting, karena produk yang diperoleh langsung dari produsen pasti memiliki harga yang lebih terjangkau. Hal ini dapat membuat pebisnis lebih leluasa menetapkan harga yang sesuai untuk memenangkan persaingan pasar. Dalam konteks ini, besarnya jalinan networking yang luas menjadi salah satu penentu untuk menemukan produsen sebuah produk.

5. Ubah Mindset

Pola pikir sederhana yang perlu diterapkan seorang pebisnis adalah “bukan berapa keuntungan yang akan diperoleh dari setiap produk yang dijual, tapi berapa banyak produk yang dapatdijual”. Produk yang keuntungannya minim juga dapat menghasilkan keuntungan yang berlimpah apabila dijual dalam kuantitas yang besar.

6. Jagalah Hubungan Baik dengan Customer

Sekecil apapun transaksi yang dilakukan, selalu berikan pelayanan yang maksimal untuk semua customer. Jangan pernah mengabaikan keluhan dari customer. Hal ini dapat menjadi bahan pembelajaran yang berharga bagi perbaikan bisnis.

7. Utamakan Kejujuran

Selalu berikan keterangan yang jujur pada customer mengenai keunggulan dan kekurangan produk yang dijual. Kejujuran tersebut akan lebih dihargai customer dan secara tak langsung dapat menjadi referensi bagi mereka untuk memilih produk terbaik. Bersikaplah secara objektif dan pantang untuk menjelek-jelekan produk milik pebisnis lain karena hal ini bisa membuat customer kesal bahkan tak jadi membeli.

0 Komentar