Menurut Alexi Douvas dari Google Search Team, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika pebisnis online ingin situsnya menduduki peringkat teratas di hasil pencarian Google. Memang ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi peringkat sebuah situs di hasil pencarian Google, jelas Douvas. Namun, jika dirangkum ada beberapa faktor utama yang perlu diketahui jika Anda ingin situs bisnis Anda disukai Google.

1. Fokuskan konten pada pengguna InternetBanyak orang membuat konten hanya untuk mencapai peringkat pertama di halaman pencarian Google. Itu merupakan orientasi dan cara pikir yang salah, kata Douvas. Idealnya, sebuah situs akan berada di peringkat teratas halaman pencarian Google jika konten yang ada di dalamnya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan informasi para pengguna Internet. 

2. Buat konten orisinalMembuat konten web yang orisinal merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi jika Anda ingin situs bisnis Anda dikunjungi banyak orang. 

3. Buat konten yang berbeda dan unikBagaimana Anda menciptakan konten yang berbeda dari konten yang sudah dimuat di situs-situs lain? Itulah tugas yang harus terus dilakukan. Berikan konten yang unik bagi pembaca, yang artinya Anda harus menggunakan kreativitas dalam membuat konten sehingga orang lebih tertarik membacanya meskipun sebenarnya temanya sama dengan konten yang ada di situs-situs lain. 

4. Bangun identitasSaat Anda ingin situs bisnis Anda berbeda dan unik, di saat yang sama Anda juga harus memikirkan identitas Anda sebagai bisnis/ startup/ brand. Mengapa orang harus mengunjungi situs dan membaca lalu menyebarkan konten Anda ke teman-teman mereka? Mengapa Anda harus dipercaya para pengunjung sebagai sumber informasi tepercaya? Itulah beberapa pertanyaan yang membuat Anda harus memikirkan strategi membangun identitas agar tidak cuma menjadi pengikut. Be a leader! 

5. Bangun interaksiPastikan agar para pengunjung situs Anda tidak hanya berkunjung sekali saja. Buat mereka 'ketagihan' dengan konten yang Anda suguhkan. Caranya? Cukup dengan membangun interaksi. Kesannya sederhana tetapi tidak semudah itu, karena Anda harus telaten dan konsisten. Interaksi terbangun perlahan, tidak instan. Terlibatlah aktif dalam forum-forum online, jawablah komentar yang ditinggalkan pengunjung di situs/ blog Anda, kunjungi dan komentari blog/ situs orang lain untuk memberikan tanggapan yang relevan (bukan membabi-buta meninggalkan komentar yang bernana promosi diri, ini termasuk spam). 

6. Update secara rutin:Selain membangun interaksi, hal lain yang harus diperhatikan ialah frekuensi memperbarui konten Anda. Jangan biarkan situs atau blog bisnis Anda terbengkalai dalam waktu yang terlalu lama. Memperbaruinya dengan konten yang aktual dan segar juga akan memberikan napas baru bagi interaksi Anda dengan pihak lain.

7. Evaluasi situs secara berkala:Setiap 3-4 bulan sekali, misalnya, Anda perlu mengevaluasi situs/ blog bisnis Anda agar tetap 'lean' atau ramping. Anda bisa melakukannya dengan mengarsipkan konten yang sudah tidak lagi relevan. Ingatlah bahwa misi Google adalah menyuguhkan konten yang paling relevan dan berkualitas tinggi bagi para pengguna mesin pencariannya. Dengan demikian, jika Anda memiliki tujuan utama memberikan manfaat bagi pembaca situs Anda, arah dan tujuan Anda sudah selaras dengan apa yang Google inginkan. Selanjutnya, yang Anda perlukan hanyalah konsistensi, kreativitas dan kesabaran dalam bekerja.

0 Komentar