Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Ide Bisnis Di Kehidupan Sehari-Hari

Ide bisnis bisa datang dari masa saja. Para pebisnis hebat kadang menemukan ide-ide baru melalui pengalaman kehidupan sehari-hari, yang kadang dianggap remeh. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menemukan ide kreatif melalui kehidupan sehari-hari seperti dinukil dari entrepreneur.com:

1. Buatlah Daftar Kegiatan
Setiap saat, selalu saja ada tugas atau pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Saat menjalani kehidupan sehari-hari, cobalah buat daftar kegiatan yang mungkin menurut orang lain bisa diabaikan, ditinggalkan, atau justru sulit dilakukan. Kadang, kegiatan seperti itulah yang bisa menjadi peluang potensial.
Mulailah dari pengalaman sendiri. Tanyakan diri sendiri, apa yang bisa membuat Anda sebal? Apa yang terasa mudah, menyenangkan, atau nyaman?

2. Berburu Ide di Tempat Berbeda
Ide baru memerlukan kreativitas, karena itu cobalah datangi tempat-tempat yang beragam dan belum pernah Anda datangi sebelumnya. Anda mungkin saja menemukan ide hebat saat berlibur atau menemukan inspirasi tak terduga saat mendatangi pameran seni.
Bukalah mata lebar-lebar, maka Anda akan menemukan jawabannya. Seorang pemburu ide tidak hanya akan bertanya, tapi juga akan berusaha untuk merasakan sebuah pengalaman baru. Jangan pernah ragu untuk belajar hal baru, meski Anda rasa itu sulit dilakukan.
 
3. Lihat Bagaimana Orang Lain Menyelesaikan Masalah
Selalu saja ada situasi di mana Anda dihadapkan pada sebuah masalah. Cobalah untuk melihat bagaimana orang lain menyelesaikan masalah tersebut, karena ini merupakan kesempatan Anda untuk belajar. Lihat hal-hal sederhana, seperti bagaimana mini market mengatur inventaris mereka, bagaimana sebuah kemasan bisa memikat mata Anda, atau bagaimana Amazon bisa mendorong orang untuk belanja. Anda bisa meminjam atau menggunakan ulang ide-ide tersebut, lalu aplikasikan pada bisnis Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Ide Bisnis Di Kehidupan Sehari-Hari"