Tujuan utama dari setiap usaha adalah untuk memberikan keuntungan sebesar-besarnya. Untuk bisa mencapai manfaat yang maksimal, pelaku usaha dan manajemen rela menghabiskan puluhan jam untuk mencoba membidik target pasar pada strategi yang sempurna sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal.

Salah satu langkah yang harus dilakukan dalam proses perencenaan usaha adalah menentukan siapa target pasar yang akan Anda bidik dan apa alasannya mereka mau membeli produk atau menggunakan jasa dari perusahaan Anda. Hal ini mungkin terdengar mudah, namun apakah Anda tahu apa yang Anda jual dan kepada target pasar yang mana? Dan apakah target pasar yang Anda tuju merupakan target pasar yang terbaik untuk produk maupun jasa perusahaan Anda?

Jika Anda belum yakin dengan semuanya itu, maka penting bagi para pelaku usaha kecil untuk mematangkan kembali usah yang mereka jalankan dan yang terpenting adalah menentukan target pasar yang sesuai untuk brand Anda.

1. Produk atau Jasa Yang Anda Tawarkan Harus Jelas

Jika Anda telah memutuskan untuk memulai sebuah usaha maka Anda harus memahami mengapa target pasar yang Anda tuju atau bidik mau membeli produk dari Anda. Apakah keuntungan dan diferensiasi yang Anda berikan serta membuat brand Anda menonjol ditengah target pasar.
Misalnya saja di kota tempat Anda tinggal sekarang banyak berdiri rumah makan atau restoran yang menawarkan berbagai jenis makanan yang berbeda-beda seperti restoran pizza dengan konsep fine dining, pizza konsep take away dan restoran steak yang pada intinya mereka semua menyajikan aneka makanan. Beberapa restoran tersebut masing-masing menawarkan makanan yang sama namun dengan konsep dan keunikan yang berbeda. Dengan mengetahui jenis produk atau servis yang Anda berikan maka target pasar akan mudah memilih Anda.

2. Gunakan Strategi Untuk Fokus

Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda tawarkan pada target pasar maka hal itu dapat berakibat pada ketidakfokusan dan tentu saja mempunyai dampak negatif bagi perkembangan usaha. Cobalah Anda pikirkan dari perspektif konsumen, seberapa seringkah Anda melihat flyer marketing yang menawarkan servis dari seseorang yang dapat mengerjakan apa saja, pastinya Anda akan menganggapnya tidak fokus dan tidak berkualitas.

3. Mengidentifikasi Fokus Brand Anda

Anda sebagai pelaku usaha harus mampu mengidentifikasi apa saja fokus Anda dan apa diferensiasinya dengan produk maupun servis lainnya. Dengan mengetahui apa fokus Anda, maka Anda dapat memainkan kekuatan Anda dalam fokus tersebut serta akan lebih mudah menjangkau target pasar yang tepat. Menciptakan fokus pada sebuah usaha adalah hal yang penting untuk sebuah kesuksesan.

4. Menemukan Target Market Yang Sesuai

Mengidentifikasi dan juga menemukan target pasar yang ideal merupakan proses dari sebuah bisnis. Menemukan target pasar atau customer yang tepat menjadi langkah penting dalam perjalanan sebuah usaha. Misalnya saja Anda menjual produk sabun kecantikan dengan harga yang cukup mahal, namun target pasar yang Anda tuju adalah ibu-ibu di daerah perkampungan tentu saja hal itu tidak sesuai. Hal yang benar adalah menemukan siapa target pasar Anda dan dalam hal ini adalah wanita di kelas menengah yang mungkin dapat Anda temukan di salon, perkantoran atau mall.

5. Menyesuaikan Pesan Bisnis Anda ke Target Pasar

Setelah Anda mengidentifikasi target pasar, maka yang Anda butuhkan disini adalah pesan yang dapat menjangkau target pasar saat Anda memperkenalkan identitas atau brand produk Anda. Pesan tersebut haruslah menjelaskan mengenai produk apa yang Anda tawarkan dan mengapa orang harus membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Semoga bermanfaat dan salam sukses!

1 Komentar

  1. Ayo sama-sama mulai menggunakan Dus Makanan ramah lingkungan serta aman untuk makanan. Bingung cari dimana? Silahkan klik di sini http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus