Cara Menentukan Target Pasar Untuk Usaha Anda
Tujuan utama dari setiap usaha adalah untuk memberikan keuntungan
sebesar-besarnya. Untuk bisa mencapai manfaat yang maksimal, pelaku
usaha dan manajemen rela menghabiskan puluhan jam untuk mencoba membidik
target pasar pada strategi yang sempurna sehingga mampu memberikan hasil yang maksimal.
Salah satu langkah yang harus dilakukan dalam proses perencenaan
usaha adalah menentukan siapa target pasar yang akan Anda bidik dan apa
alasannya mereka mau membeli produk atau menggunakan jasa dari
perusahaan Anda. Hal ini mungkin terdengar mudah, namun apakah Anda tahu
apa yang Anda jual dan kepada target pasar yang mana? Dan apakah target
pasar yang Anda tuju merupakan target pasar yang terbaik untuk produk
maupun jasa perusahaan Anda?
Jika Anda belum yakin dengan semuanya itu, maka penting bagi para
pelaku usaha kecil untuk mematangkan kembali usah yang mereka jalankan
dan yang terpenting adalah menentukan target pasar yang sesuai untuk
brand Anda.
1. Produk atau Jasa Yang Anda Tawarkan Harus Jelas
Jika Anda telah memutuskan untuk memulai sebuah usaha maka Anda harus
memahami mengapa target pasar yang Anda tuju atau bidik mau membeli
produk dari Anda. Apakah keuntungan dan diferensiasi yang Anda berikan
serta membuat brand Anda menonjol ditengah target pasar.
Misalnya saja di kota tempat Anda tinggal sekarang banyak berdiri
rumah makan atau restoran yang menawarkan berbagai jenis makanan yang
berbeda-beda seperti restoran pizza dengan konsep fine dining, pizza
konsep take away dan restoran steak yang pada intinya mereka semua
menyajikan aneka makanan. Beberapa restoran tersebut masing-masing
menawarkan makanan yang sama namun dengan konsep dan keunikan yang
berbeda. Dengan mengetahui jenis produk atau servis yang Anda berikan
maka target pasar akan mudah memilih Anda.
2. Gunakan Strategi Untuk Fokus
Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda tawarkan pada target pasar
maka hal itu dapat berakibat pada ketidakfokusan dan tentu saja
mempunyai dampak negatif bagi perkembangan usaha. Cobalah Anda pikirkan
dari perspektif konsumen, seberapa seringkah Anda melihat flyer marketing
yang menawarkan servis dari seseorang yang dapat mengerjakan apa saja,
pastinya Anda akan menganggapnya tidak fokus dan tidak berkualitas.
3. Mengidentifikasi Fokus Brand Anda
Anda sebagai pelaku usaha harus mampu mengidentifikasi apa saja fokus
Anda dan apa diferensiasinya dengan produk maupun servis lainnya.
Dengan mengetahui apa fokus Anda, maka Anda dapat memainkan kekuatan
Anda dalam fokus tersebut serta akan lebih mudah menjangkau target pasar
yang tepat. Menciptakan fokus pada sebuah usaha adalah hal yang penting
untuk sebuah kesuksesan.
4. Menemukan Target Market Yang Sesuai
Mengidentifikasi dan juga menemukan target pasar yang ideal merupakan
proses dari sebuah bisnis. Menemukan target pasar atau customer yang
tepat menjadi langkah penting dalam perjalanan sebuah usaha. Misalnya
saja Anda menjual produk sabun kecantikan dengan harga yang cukup mahal,
namun target pasar yang Anda tuju adalah ibu-ibu di daerah perkampungan
tentu saja hal itu tidak sesuai. Hal yang benar adalah menemukan siapa
target pasar Anda dan dalam hal ini adalah wanita di kelas menengah yang
mungkin dapat Anda temukan di salon, perkantoran atau mall.
5. Menyesuaikan Pesan Bisnis Anda ke Target Pasar
Setelah Anda mengidentifikasi target pasar, maka yang Anda butuhkan
disini adalah pesan yang dapat menjangkau target pasar saat Anda
memperkenalkan identitas atau brand produk
Anda. Pesan tersebut haruslah menjelaskan mengenai produk apa yang Anda
tawarkan dan mengapa orang harus membeli produk atau jasa yang Anda
tawarkan.
Semoga bermanfaat dan salam sukses!
Posting Komentar untuk "Cara Menentukan Target Pasar Untuk Usaha Anda"