Cara Pemasaran Online untuk Bisnis Kuliner
Kata siapa bisnis kuliner tak bisa dipasarkan secara online? Meski
sampai saat ini produk fashion dan gadget masih menduduki peringkat
teratas dalam trend pasar jual beli online, namun ternyata bisnis
kuliner juga perlu dipasarkan secara online.
Ketatnya persaingan pasar di bisnis kuliner, menuntut para pelakunya
untuk bisa lebih kreatif dan inovatif untuk menjemput calon konsumennya.
Salah satunya saja dengan mempromosikan bisnis kuliner ke ranah
digital.
Kendati lokasi atau tempat usaha dalam menjalankan bisnis kuliner
masih memiliki pengaruh yang sangat penting. Akan tetapi terlepas dari
itu semua, ada beberapa pelaku bisnis kuliner yang sukses menjalankan
bisnisnya meskipun lokasi usahanya jauh dari jalan utama. Bahkan bisa
dikategorikan tempat usahanya cukup “terpencil”, namun rumah makan atau
restoran tersebut tetap ramai pengunjung setiap harinya. Selain rasa,
tentu strategi promosi dalam hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja.
Melihat semakin berkembangnya teknologi internet dan didukung dengan
semakin murahnya perangkat elektronik (seperti smartphone, tablet, dan
lain-lain) tentu kecenderungan orang untuk mencari lokasi makan atau
tempat nongkrong yang enak dan nyaman, sebagian besar melalui media
internet. Lalu, apa jadinya jika bisnis kuliner kita belum pernah dipromosikan melalui internet?
Melalui strategi promosi online, calon konsumen sudah bisa
mendapatkan informasi secara lengkap mengenai rumah makan atau restoran
kita. Baik itu tentang informasi menu yang dijual, harga makanan,
fasilitas pendukung yang ada di lokasi, hingga promo diskon atau program
promosi lainnya yang sedang dijalankan saat ini.
Untuk itu, bagi Anda pengusaha bisnis kuliner yang belum memanfaatkan
media online sebagai sarana promosi. Simak beberapa tips dari saya agar
bisnis Anda tak kalah bersaing dengan pemain lainnya.
1. Mulai Manfaatkan Sosial Media
Gaya hidup masyarakat yang belakangan ini mulai eksis di dunia maya
dengan memanfaatkan berbagai macam akun sosial media yang ada, bisa Anda
optimalkan dengan baik untuk mempromosikan bisnis kuliner yang Anda
jalankan. Contohnya saja seperti membuat akun Facebook, Twitter,
memanfaatkan Blackberry Messenger (BBM), WhatsApp, Instagram, ataupun
Path, untuk menginformasikan keberadaan lokasi bisnis Anda dan meng-upload menu-menu kuliner yang Anda miliki.
2. Buatlah Kuis Interaktif di Dunia Maya
Selain digunakan sebagai media untuk berbagi informasi seputar bisnis Anda, sosial media
juga bisa Anda gunakan untuk mengajak konsumen bergabung di beberapa
program kuis interaktif yang kita adakan. Contohnya saja dengan
mengadakan program kontes foto produk kuliner dari menu-menu yang ada di
gerai restoran Anda, kemudian di-upload ke akun Facebook, Twitter, Instagram, atau Path untuk mendapatkan voucher makan gratis untuk kunjungan berikutnya.
3. Bergabunglah di Direktori atau Portal-Portal Kuliner
Selanjutnya Anda juga bisa mengoptimalkan portal-portal kuliner atau
situs direktori online yang ada di Indonesia maupun luar negeri untuk
promosi bisnis Anda. Melalui cara ini, para pelaku bisnis kuliner bisa
mempromosikan restoran, warung makan, atau cafe yang dimiliki ke seluruh
member yang ada di portal tersebut. Tak hanya itu saja, sekarang ini
portal bisnis kuliner dan direktori online menjadi salah satu sumber
informasi bagi para konsumen yang ingin mencari restoran atau tempat
nongkrong melalui media internet.
4. Menggandeng Public Figure
Saat ini sudah banyak pelaku bisnis kuliner yang memanfaatkan beberapa public figure
untuk mendongkrak popularitas bisnis mereka. Daya tarik yang dimiliki
sosok tersebut, menjadi salah satu magnet yang mampu menarik minat calon
konsumen. Biasanya para pelaku bisnis kuliner mengajak seorang public figure
untuk menikmati produk kulinernya kemudian mempostingkan moment
tersebut di sosial media yang Ia gunakan sebagai ajang promosi. Terbukti
cara ini masih cukup ampuh untuk mempromosikan bisnis kuliner di ranah
maya.
5. Menawarkan Sistem Pesan Antar
Di era modern seperti sekarang ini, hampir setiap konsumen
menginginkan segala sesuatunya serba praktis. Termasuk salah satunya
dalam mendapatkan produk makanan atau minuman. Karenanya, Anda bisa
mencoba menawarkan sistem pesan antar (Delivery order) untuk calon
konsumen yang masih berada di lingkup tempat usaha Anda atau masih dalam
satu kota.
Mudah–mudahan bermanfaat, dan salam sukses!
link ke posting: http://wicaksono.permataindonesia.ac.id/2015/06/cara-pemasaran-online-untuk-bisnis.html
BalasHapusulasan yang sangat menarik pak,,
domino 99 | domino99
Keren nih :D
BalasHapusOh iya numpang promosi, jangan lupa berkunjung yah :D
Les Privat Yang Bisa Datang ke Rumah
Guru Les Privat ke Rumah
Windroye Terbaru Download GTA Extreme Indonesia
Cara Download SoundCloud
Windroye Emulator
Guru Les Privat Yang Bisa Datang Ke rumah
Cari Guru Les Privat Ke rumah
Mau Cari Guru Les Privat Ke rumah
Mencari Guru Les Privat Terbaik Yang Bisa Ke rumah
Guru Les Privat Terbarik Yang bisa Ke rumah
LesprivatGanesha.com Solusi tepat Guru Les Privat Ke rumah
Luar biasa pendidikan yang satu ini.
BalasHapus