Efek Desain Kemasan Produk Bagi Penjualan
Mengikuti kemajuan dan perkembangan zaman, kemasan produk
telah bermetamorfosis menjadi sesuatu yang bisa bisa dikatakan cukup
menakjubkan. Berbagai inovasi serta teknologi dalam dunia kemasan atau
packaging kini sudah berkembang sangat pesat. Hal tersebut didasari oleh
persaingan bisnis yang menuntut para produsen untuk melakukan sebuah
inovasi pada kemasan produknya sehingga menjadi lebih menarik dan
diminati konsumen.
Desain kemasan produk adalah salah satu pemicu penjualan. Hal ini
juga berkaitan dengan nilai tambah yang dihasilkan kemasan produk
tersebut yaitu mampu mempengaruhi emosional para konsumen dan dinilai
sangat ampuh. Oleh sebab itu, desain kemasan produk digadang-gadang
mempunyai efek yang besar bagi minat beli para konsumen.
Nah, berikut ini adalah cara yang tepat untuk menemukan kualitas
kemasan produk Anda sehingga bisa memikat hati para konsumen dan mampu
meningkatkan penjualan.
1. Nama Produk
Nama produk sebaiknya Anda sesuaikan dengan produk apa yang ingin
Anda jual. Nama yang tepat bagi sebuah produk yaitu nama yang unik dan
menarik, tidak terlalu panjang, mudah diingat dan berhubungan dengan
produk yang Anda jual.
2. Informasi
Usahakan untuk memberikan sebuah informasi yang relevan pada kemasan
produk sehingga dapat menambah tingkat kepercayaan konsumen terhadap
produk yang Anda jual. Misalnya Anda menjual produk makanan, maka Anda
dapat mencantumkan nilai gizi yang tepat yang terkandung dalam makanan
dan menyoroti keuntungan para konsumen.
3. Warna yang Konsisten
Warna adalah cerminan dari kemasan produk yang Anda jual, meskipun warna kemasan
tidak harus sama dengan warna produk. Namun, pemilihan warna untuk
kemasan produk bisa membuat konsumen menjadi tertarik pada produk Anda.
4. Identifikasi Merk
Pastikan kemasan produk yang Anda gunakan sesuai dengan produk yang
Anda jual. Identifikasi produk tertentu biasnya dilakukan oleh para
konsumen dengan melihat kemasannya. Oleh sebab itu, pastikan Anda
membuat kemasan produk yang mudah diingat konsumen.
5. Kejelasan
Kejelasan adalah salah satu faktor yang paling penting dalam membuat
kemasan produk. Usahakan untuk tidak membuat kemasan produk yang
membingungkan para konsumen karena hal itu dapat mengurangi tingkat
kepercayaan konsumen terhadap produk Anda sehingga penjualan produk pun
akan terganggu.
Itulah beberapa efek kemasan produk terhadap penjualan produk. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menentukan desain kemasan yang tepat.
Posting Komentar untuk "Efek Desain Kemasan Produk Bagi Penjualan"