Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Dengan Instagram

Sekarang ini sudah cukup banyak para penggiat sosial media yang mempergunakan fasilitas instagram untuk membangun bisnis toko online sebagai alat untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Hal itu dikarenakan bahwa perkembangan instagram tersebut semakin hari kian berkembang pesat dengan semakin banyaknya jumlah para pengguna instagram.

Instagram memang dapat dikatakan cukup baru dibandingkan dengan sosial media lainnya seperti facebook dan twitter, namun meskipun demikian daya tariknya yang berbeda dari sosial media lainnya membuat instagram juga banyak diminati oleh para pelaku bisnis terutama bisnis online.

Apakah Anda tertarik membuat bisnis online melalui instagram? Nah, sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis online menggunkan instagram, maka alangkah baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan berjualan di instagram berikut ini.

Kelebihan Instagram

  1. Pengguna instagram pastinya mempunyai gadget yang bisa mendukung aplikasi tersebut seperti IPhone maupun android phones. Ini artinya bahwa instagram mempunyai pengguna yang rata-rata adalah kelas menengah atas. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan Anda para pelaku bisnis karena kemungkinan besar calon konsumen Anda memiliki “kantong” yang cukup tebal.
  2. Pasar yang melek terhadap teknologi. Salah satu kelebihan berjualan melalui instagram adalah para pengguna instagram sudah dapat dijamin melek terhadap teknologi. Itu artinya bahwa mereka yang aktif di instagram pastinya juga aktif di twitter atau mungkin juga facebook. Oleh sebab itu, tepat bagi Anda mempromosikan produk yang Anda jual melalui instagram dan sosial media lainnya.
  3. Pada instagram, kebanyakan fotonya menggunakan hashtag. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi para pengguna untuk menggunakan hashtag tersebut agar para calon pembeli atau konsumen mudah menemukan produk Anda.
  4. Display produk yang simple. Instagram memang khusus digunakan sebagai aplikasi untuk berbagi foto dan fitur-fitur yang tersedia di instagram akan sangat mendukung gambar produk yang telah Anda upload di dalamnya.

Kekurangan Instagram

  1. Instagram hampir tidak memiliki fitur yang bisa mendukung toko online. Bisa jadi hal ini adalah kekuarangan yang paling fatal yang akan dialami oleh pelaku usaha juka berjualan melalui instagram. Jadi, jika Anda memutuskan untuk berjualn di instagram maka harus apa adanya.
  2. Banyaknya toko online lain yang menjual produk atau barang yang sama persis dengan milik Anda, sehingga sangat besar kemungkinan dan mudah bagi para pembeli untuk beralih ke toko online lainnya. Anda harus pintar-pintar membuat pembeli loyal pada Anda.
  3. Karena berbasis smartphones, maka foto-foto yang ada di instagram ukurannya kecil dan sering tidak terlihat dengan jelas. Lebih baik jika Anda memajang display produk Anda melalui facebook yang dapat diakses melalui komputer.
  4. Sekarang ini instagram sudah mulai mengembangkan InstaMessage yang merupakan fitur chat bagi antar pengguna instagram. Namun, masih banyak sekali para pengguna instagram yang belum menggunakan fitur tersebut sehingga untuk bisa berkomunikasi dengan antar pengguna instagram haruslah melalui media komunikasi yang lainnya seperti WhatsApp, Line maupun Blackberry Messenger.
Itulah beberapa gambaran mengenai kelebihan dan juga kekurangan yang mungkin akan Anda temui saat menggunakan instagram sebagai sosial media untuk berjualan onlin. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Berjualan Dengan Instagram"