Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemasaran Online

Bagi para pelaku usaha kecil menengah, setiap uang yang dikeluarkan sekecil apapun itu bisa dikatakan sangatlah berharga. Sehingga dalam hal promosipun mereka harus memilih strategi promosi yang tepat untuk mendatangkan keuntungan terbaik dari investasi yang mereka keluarkan. Pemasaran online muncul sebagai salah satu media yang paling inovatif bagi pelaku usaha kecil untuk mempromosikan produk dan layanan mereka ke khalayak ramai. Bahkan saat ini tidak hanya UKM saja yang terbantu oleh pemasaran online, banyak pemilik usaha terkemuka yang ikut mendapatkan peningkatan penjualan karena mereka mempromosikan bisnisnya di internet.

Adanya internet marketing telah menjadi sebuah metode yang paling efisien dalam layanan penjualan produk maupun jasa. Namun, sebelum memutuskan terjun menggunakan promosi online, simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran online.

Kelebihan Pemasaran Online

  1. Pemasaran bisnis online akan memberikan akses yang luas dari pelanggan potensial. Sudah diperkirakan bahwa beberapa miliar orang yang tersebar di seluruh dunia pasti menggunakan internet setiap harinya. Sehingga banyak pemasaran bisnis bagi sebuah kelompok besar hanya melalui internet.
  2. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk mempromosikan bisnis di internet juga jauh lebih murah jika dibandingkan media pemasaran lainnya. Hal inilah yang memudahkan para pelaku bisnis kecil dan menengah untuk mengenalkan produk mereka.
  3. Internet merupakan satu-satunya media yang dapat melintasi batas-batas geografis serta nasional. Anda bisa menempatkan iklan di internet dan seluruh masyarakat di seluruh dunia pun bisa melihat iklan tersebut.
  4. Internet marketing atau pemasaran online juga bisa menghemat waktu. Seseorang bisa mendapatkan semua informasi mengenai produk maupun jasa melalui internet, dengan begitu pelanggan bisa mengetahuinya.
  5. Internet memungkinkan Anda untuk selalu terhubung dengan pelanggan secara real time. Jika Anda menerapkan sistem diskon, Anda juga bisa dengan mudah mengirimkan email ke pelanggan dan mereka pun bisa langsung membeli produk Anda. Selain itu, internet juga memungkinkan Anda untuk bisa mengirimkan beberapa pesan di saat yang sama. Itu berarti bahwa Anda bisa mengirimkan newsletter kepada setiap pelanggan.
  6. Internet marketing dapat memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan umpan balik instan dari para pelanggan. Pelanggan bisa membiarkan Anda tahu tentang pengalaman yang mereka alami setelah menggunakan produk dan tersebut dan memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah pelaku bisnis perlu membuat perbaikan layanan atau tidak.
  7. Internet marketing juga memungkinkan bisnis yanga Anda jalankan akan tersedia setiap hari selama 24 jam, itu berarti cara tersebut akan membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan.

Kekurangan Pemasaran Online

  1. Meskipun jangkauan untuk pemasaran online sangat luas, namun biaya awal yang dibutuhkan untuk sebuah situs bisa saja tinggi. Semua itu termasuk biaya perangkat lunak yang diperlukan dan hardware serta biaya untuk pemeliharaan.
  2. Pemasaran online tidak mempunyai sentuhan manusia secara langsung saat pelanggan membeli produk. Hal itu tentu saja akan menghambat prospek membangun hubungan yang memainkan peranan penting di dalam penjualan konstan.
  3. Masih banyak para pelanggan yang menggunakan media tersebut hanyta untuk memiliki informasi lebih lanjut mengenai produk dan mereka lebih memilih untuk membelinya secar offline.
  4. Banyak para pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet sehingga hal itu bisa menyebabkan Anda kehilangan para pelanggan.
  5. Adanya aturan perubahan perdagangan yang terus berkembang dalam pemasaran online. Semua itu pastinya membutuhkan suatu perhatian konstan dan pemantauan demi memastikan bahwa strategi pemasaran online yang Anda jalankan tidak terlihat out of date.
  6. Pemasaran online sangat bergantung pada teknoligi sehingga sangat rentan terhadap kesalahan teknis.
  7. Kerugian terbesar dari pemasaran online merupakan kerentanan terhadap segala kegiatan penipuan. Banyak sekali website yang tidak sah terlihat di situs-situs asli dan mereka merampok uang para pelanggan. Spamming juga menjadi salah satu tantangan terbesar bagi pemasaran online dan data rahasia pun akan dengan mudah dicuri oleh hacker.
Meskipun ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi dengan pemasaran online, namun waktu merupakan hal yang terpenting untuk menjawab semua tantangan sehingga internet marketing telah benar-benar bermanfaat bagi semuanya.

3 komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pemasaran Online"