Manajemen Pemasaran Untuk Bisnis Online
Aktivitas online
menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat
dunia, termasuk di Indonesia. Melihat kondisi itu, para pebisnis mau tak mau
harus mengikuti jejak gaya hidup masyarakat modern, agar pangsa pasar yang
mereka kuasai tetap bertahan, atau bahkan bertambah. Saat ini, dalam pemasaran
di dunia maya, setidaknya ada enam jenis strategi marketing yang banyak
dilakukan oleh para pebisnis untuk meraih konsumen, yaitu:
Content Marketing
Salah satu tujuan utama para pengguna internet berselancar di dunia maya adalah
untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Nah, strategi bisnis Content
Marketing adalah berupaya menarik calon konsumen dengan cara menyediakan
beragam informasi yang dicari konsumen. Informasi tersebut dapat berupa
artikel, video, hasil riset, dan sebagainya. Namun, ragam informasi yang
disediakan harus relevan dengan jenis bisnis yang dijalankan. Misalnya, toko
online obat kecantikan menyediakan tips-tips agar tampil cantik dan menarik.
Mobile Marketing
Salah
satu strategi pemasaran di dunia maya yang sedang ngetrend adalah Mobile
Marketing. Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang mengarah pada
calon-calon konsumen yang sering berinternet menggunakan perangkat mobile,
seperti handphone dan tablet. Para pebisnis harus mendesain ulang website
bisnisnya agar ramah (user frinedly) jika diakses dengan gadget mobile. Menurut
data berbagai sumber, saat ini rata-rata jumlah kosumen yang membeli produk
lewat ponsel mencapai 30-40%.
Visual Marketing
Kata pepatah, satu gambar bisa mewakili 1000 kata. Visual marketing mengedepankan bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan. Saat ini, visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu prasyarat untuk sukses menjalani strategi pemasaran visual.Personalized Marketing
Personalized Marketing atau juga biasa disebut dengan istilah one to one marketing adalah strategi pemasaran dengan mengedepankan bahwa setiap personal (konsumen) adalah unik, sehingga perlakuan untuk masing-masing konsumen berbeda-beda. Di bisnis e-commerce, personalized marketing dapat kita lihat pada cara kerja sebuah situs toko online yang menampilkan produk-produk yang dijualnya berbeda-beda untuk masing-masing user, baik berdasarkan target lokasi, trek minat dan hobi, umur, gender, dan sebagainya. Dengan cara demikian, maka pemasaran akan lebih tertarget. Namun, untuk melakukan hal itu, tentu ada software khusus yang harus dimiliki oleh toko online. Raja toko online dunia, yakni Amazon telah sukses menerapkan strategi Personalized MarketingContinuous Marketing
Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi jalur utama dalam melaksanakan Continuous Marketing. Pemasaran berkelanjutan ini menekankan pada promosi dalam jaringan media sosial. Selain itu, agar sukses para pebisnis juga hendaknya menganalisis berbagai data, misalnya demografi, feedback konsumen, opini, dan lainnya untuk menemukan konsep produk bisnis yang diinginkan konsumen.
Integrated Digital Marketing
Integrated
digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan dan menyatukan
segala komponen sumber daya digital yang ada. Hal tersebut sebagai cara untuk
memperkuat efektivitas pemasaran. Sinergi antara blog, kampanye brand, media
sosial, dan sebagainya harus berkolaborasi secara real time untuk menjangkau
konsumen yang bervariatif.
Posting Komentar untuk "Manajemen Pemasaran Untuk Bisnis Online"