Mempertahankan Loyalitas Konsumen Melalui Twitter
Kemunculan twitter di Indonesia, ternyata tidak hanya menjadi ruang
khusus bagi masyarakat untuk bisa eksis di dunia maya, namun juga
memberikan peluang tersendiri bagi para pelaku bisnis yang ingin
mempromosikan keberadaan usahanya melalui sosial media.
Jumlah pengguna Twitter di Indonesia yang belakangan ini mulai
meningkat hingga mencapai angka 29,5 juta orang, kini tidak hanya
dimanfaatkan sebagai ajang untuk menjalin hubungan pertemanan, tetapi
juga dimanfaatkan para pelaku usaha untuk menginformasi perkembangan
bisnis mereka, membangun personal branding untuk mendongkrak penjualan
produknya, serta memberikan ruang khusus bagi para pengusaha untuk bisa
mengenal konsumen mereka dengan lebih dekat.
Seperti kita ketahui bersama, peran sosial media termasuk salah
satunya twitter memang cukup membantu para pelaku usaha untuk memperluas
pemasaran bisnisnya. Banyaknya jumlah followers yang bergabung di akun
mereka, menjadi sebuah keuntungan yang bisa dioptimalkan para pelaku
usaha untuk mendongkrak angka penjualan setiap bulannya.
Karenanya, untuk mempertahankan loyalitas para follower, berikut kami informasikan beberapa tips bisnis online yang bisa Anda jalankan dengan cara yang mudah dan biaya promosi yang cukup murah.
1. Sapalah follower Anda secara rutin agar
mereka merasa diperhatikan dan merasa lebih dekat dengan Anda. Pada
dasarnya setiap orang tentu ingin disapa oleh orang-orang yang mereka
kenal. Karenanya, tidak ada salahnya bila setiap minggunya Anda menyapa
para follower yang bergabung di akun twitter Anda agar mereka juga
tertarik mempelajari produk atau jasa yang Anda tawarkan.
2. Membangun interaksi dengan para
follower. Sebagai seorang pelaku usaha, terkadang banyak follower yang
ingin berdiskusi maupun menanyakan beberapa hal penting mengenai
perkembangan bisnis Anda. Untuk itu, bersikaplah ramah terhadap follower
Anda dan terus menjalin interaksi dengan para konsumen. Baik dengan
melakukan reply maupun mention para follower yang telah menyapa Anda.
3. Untuk menambah jumlah follower, tidak
ada salahnya bila Anda membuat program-program menarik yang bisa
memancing rasa penasaran para konsumen. Contohnya saja seperti
mengadakan program kuis atau program diskon (potongan harga) yang bisa
mendatangkan banyak follower.
4. Usahakan kelola akun Anda dengan profesional. Mengingat pelaku entrepreneur termasuk salah seorang public figure,
maka sebaiknya Anda mengelola akun tersebut dengan santun dan
profesional. Sebab, semua hal yang Anda tuliskan di akun twitter akan
menjadi cerminan atas diri Anda. Bila Anda membagikan informasi yang
positif, maka brand image yang akan terbangun juga akan positif, dan
begitu juga sebaliknya.
5. Meskipun Anda sengaja membuat akun di jejaring sosial buatan Jack Dorsey ini dengan tujuan twitter marketing,
namun ada baiknya bila Anda tidak melakukan promosi secara
terang-terangan agar para follower yang Anda miliki tidak kabur
meninggalkan akun Anda. Gunakan strategi soft selling untuk
menarik minat konsumen, sebelum akhirnya mereka terpancing untuk membeli
produk atau jasa Anda. Contohnya saja bila Anda memasarkan produk
fashion, maka Anda bisa memulainya dengan berbagi tweet mengenai
perkembangan dunia fashion yang sedang booming saat ini. Melalui konten
tersebut, Anda bisa menyelipkan sedikit iklan atau promosi mengenai
produk fashion yang Anda tawarkan.
Cukup mudah bukan? Jadi, setelah mempelajari lima strategi
mempertahankan loyalitas konsumen melalui akun twitter, kini giliran
Anda untuk mengaplikasikannya langsung dalam mempromosikan bisnis Anda.
Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!
Posting Komentar untuk "Mempertahankan Loyalitas Konsumen Melalui Twitter"