Sosial Media yang Efektif Untuk Mobile Marketing
Menurut data yang ada di pasaran, saat ini hampir sebagian besar
pengguna internet lebih sering mengakses beragam informasi di dunia maya
melalui gadget maupun perangkat telepon pintar (smartphone).
Perubahan ini terjadi karena hampir semua orang ingin mengakses
internet kapan saja dan dimana saja dengan cara yang praktis dan efisin.
Tak heran bila belakangan ini pemanfaatan gadget dan telepon pintar pun
semakin meningkat dalam aktivitas sehari-hari masyarakat kita.
Melihat fenomena tersebut, kita sebagai pebisnis online tentunya juga
harus lebih jeli dalam mengikuti perubahan gaya hidup masyarakat. Salah
satunya saja dalam memilih sosial media yang efektif untuk mobile
marketing.
Walaupun sekarang ini sudah banyak sosial media yang bisa digunakan
untuk mengoptimalkan pemasaran online, namun ternyata belum semuanya
bisa efektif untuk digunakan dalam aktivitas mobile marketing.
Sebab, setiap sosial media memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
Sehingga sebagai pebisnis online kita harus mengetahui karakteristik
dari masing-masing sosial media dan menyesuaikan terlebih dahulu
strategi apa yang pas dijalankan untuk mensuport aktivitas mobile
marketing.
Sedikitnya ada tiga social media yang cukup efektif untuk mengoptimalkan aktivitas mobile marketing.
Facebook
Sampai saat ini Facebook
masih menjadi primadona bagi para pengguna situs social media di
Indonesia. Menawarkan pilihan konten yang paling beragam, mulai dari
konten tulisan yang tak memiliki batasan karakter, konten foto dan video
yang bisa dibagikan ke seluruh teman, serta cara penggunaanya yang
terbilang cukup mudah, menjadikan lebih dari separo pengguna gadget
maupun smartphone masih rutin mengakses Facebook setiap harinya.
Kendati saat ini popularitas Facebook mulai kalah dengan Twitter,
namun tingkat penggunaan Facebook melalui perangkat mobile masih cukup
tinggi sehingga peluang terjadinya transaksi pembelian melalui Facebook
masih terbuka lebar.
Twitter
Sebagai salah satu situs jejaring sosial, bisa dikatakan aktivitas
Twitter lebih sederhana jika dibandingkan dengan Facebook dan yang
lainnya. Faktor ini pula yang membuat para pengguna gadget dan ponsel
pintar lebih tertarik menggunakan Twitter di alat komunikasi mereka.
Melalui konten tulisan yang sangat terbatas (kurang lebih 140
karakter), Anda bisa mengambil hati pada konsumen dengan membuat
konten-konten menarik seputar bisnis toko online yang Anda jalankan, serta melakukan aktivitas promosi lainnya untuk meningkatkan jumlah follower di akun social media tersebut.
Instagram
Meski kiprahnya masih tergolong cukup baru, namun social media yang
terkenal sebagai tempat berbagi foto ini cukup efektif untuk mendongkrak
popularitas bisnis toko online Anda. Tak jauh berbeda dengan Pinterest
dan Path, instagram mengandalkan kekuatan visual untuk mengoptimasi
pemasaran bisnis toko online.
Terbukti cara ini memang cukup efektif, bahkan banyak
perusahaan-perusahaan besar pemegang merek dunia memutuskan menggunakan
social media yang satu ini untuk memperluas jangkauan pasar dan menambah
jumlah follower setiap harinya.
Setelah memahami karakteristik setiap sosial media,
kini giliran Anda menentukan mana situs yang paling tepat untuk target
pasar yang Anda bidik. Yang terpenting, hindari konten spam agar
konsumen Anda masih tetap respect terhadap bisnis toko online yang Anda
kembangkan. Salam sukses!
Posting Komentar untuk "Sosial Media yang Efektif Untuk Mobile Marketing"