Strategi Branding Melalui Hastag Twitter
Perkembangan internet dewasa ini semakin hari kian meningkat pesat.
Tak hanya kalangan remaja dan selebritas saja yang aktif bersosialisasi
di dunia maya, namun belakangan ini para pelaku usaha juga mulai melirik
internet untuk mempromosikan produk-produk unggulannya.
Dari sekian banyak situs online yang ada di Indonesia, twitter merupakan salah satu jejaring sosial
yang mulai dipilih para pelaku usaha untuk mempromosikan produk maupun
jasa mereka di ranah maya. Dengan beragam fasilitas yang cukup friendly,
situs jejaring sosial buatan Jack Dorsey ini sangat memudahkan para
pemula maupun pelaku usaha untuk memperkenalkan brand produknya melalui
akun twitter. Contohnya saja dengan memanfaatkan fasilitas hashtag (#) atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan “tagar” alias tanda pagar.
Istilah hashtag atau tagar sendiri mulai populer di kalangan
masyarakat sejak pertama kali diperkenalkan oleh twitter. Yang
dimaksudkan dengan hashtag sendiri adalah kata atau frase yang diawali
dengan symbol #. Biasanya fasilitas tersebut digunakan para pengguna
twitter di seluruh dunia untuk membicarakan tentang berbagai topik.
Dengan memanfaatkan fasilitas hashtag, Anda bisa mencari topik tertentu
sesuai dengan keinginan yang Anda miliki. Tidak heran bila belakangan
ini banyak pelaku bisnis online yang mulai mempromosikan brand produknya dengan menggunakan hashtag di situs pertemanan seperti twitter. Tertarik untuk mencobanya?
Berikut kami informasikan beberapa cara branding strategi melalui
hashtag twitter yang bisa Anda jalankan dengan mudah untuk mempromosikan
bisnis Anda di dunia maya.
Membuat hashtag dengan kata/ frase yang mudah diingat orang
Seperti
halnya SEO pada sebuah website yang membutuhkan kata kunci atau keyword
tertentu untuk bisa terindeks mesin pencari, dalam membuat hashtag
twitter sebaiknya Anda juga memilih kata kunci atau frase sederhana yang
cukup mudah diingat dan dicari para pengguna twitter. Dengan begitu,
konsumen bisa lebih mudah menemukan topik atau hashtag yang Anda buat
dan mulai mengenal brand produk yang ingin Anda perkenalkan. Contohnya
saja seperti akun @Indomielovers yang belakangan ini mulai meluncurkan
produk baru mie cabe ijo, dan mencoba membranding produk tersebut dengan
hashtag #GilaCabe untuk menginformasikan seberapa pedas produk baru
yang mereka luncurkan.
Mengangkat brand produk sebagai hashtag
Tak hanya menggunakan kata, frase, maupun slogan khusus sebagai hashtag di akun twitter,
Anda juga bisa mengangkat brand produk Anda sebagai trending topik di
twitter dengan cara menambahkan tanda pagar di depan merek produk Anda.
Contohnya saja seperti strategi bisnis yang dipilih Steak Holycow dimana
sang owner mulai menggunakan #BuddysCombo untuk mempromosikan salah
satu menu andalan di warung makannya. Melihat jumlah pengguna twitter
setiap harinya kian bertambah banyak, tidak heran bila sekarang ini
Buddys Combo cukup familiar di kalangan pengguna twitter dan menjadi
salah satu menu andalan yang banyak diminati konsumen Steak Holycow.
Membuat topik menarik yang sesuai dengan brand
Perkuat brand produk Anda dengan membuat topik-topik menarik sesuai
dengan produk yang Anda pasarkan. Terkadang, konsumen mulai bosan dengan
tweet-tweet yang berisi iklan atau promosi. Karenanya, tidak ada
salahnya bila sesekali Anda membuat topik menarik yang sedang popular di
kalangan masyarakat namun masih berhubungan dengan brand produk Anda.
Contohnya saja bila Anda menjalankan bisnis toko online
di bidang fashion, maka tidak ada salahnya bila Anda berbagi tips
mengenai model fashion terupdate dan mencantumkan hashtag tertentu yang
masih berhubungan dengan brand Anda.
Nah, semoga ketiga tips bisnis online yang kami informasikan pada
pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para
pemula maupun pelaku usaha yang ingin mempromosikan produk-produknya
melalui akun twitter. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Posting Komentar untuk "Strategi Branding Melalui Hastag Twitter"