Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berbisnis Online

Memulai bisnis online dinilai mudah karena tidak perlu punya modal yang besar. Bermodalkan situs seharga ratusan ribu rupiah, sejumlah pengusaha online  memulai bisnisnya. Bahkan, ada di antara mereka yang memulai bisnisnya hanya bermodal blog pribadi atau memanfaatkan media sosial.

Menurut pendiri DailySocial.net, Rama Mamuaya, pintu bisnis di dunia maya saat ini masih terbuka lebar mengingat meningkatnya jumlah pengguna Internet di Indonesia. "Kelas menengah Indonesia makin tinggi," ujar Rama seperti dilansir Tempo.co. Berikut tips berbisnis di dunia maya, seperti disampaikan Rama:

1. Riset barang atau jasa yang akan dijual
Pengusaha harus memulai melakukan riset terlebih dahulu dengan memperhatikan barang atau jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Riset yang dilakukan tidak perlu rumit. Cukup melihat barang yang dibutuhkan oleh konsumen dan mudah dipahami pasar.

2. Konsisten
Jika sudah memulai bisnis di dunia maya, maka kepuasan konsumen harus menjadi orientasi utama. Sekadar contoh, jika pesanan datang dalam jumlah besar, maka si pengusaha harus berusaha untuk memenuhinya.

3. Promosi yang tepat
Tantangan terbesar dalam berbisnis online adalah traffic, yakni bagaimana membuat konsumen mengenal dan melakukan transaksi di toko online Anda. Jika belum punya bujet untuk memasang iklan, maka siasati dengan bergabung dulu di toko yang sudah besar atau marketplace dan mencoba berbagai promo lainnya.

4. Tidak perlu punya website pribadi
Untuk memulai bisnis di dunia maya, kini pengusaha tidak perlu repot-repot membuat website sendiri. Media sosial seperti Facebook, Twitter, atau market place, seperti tokopedia, bisa dimanfaatkan.

5. Branding
Merek memang menjadi salah satu komponen penting bagi sebagian orang ketika membeli barang dari dunia maya. Para pengusaha harus menjamin barang yang dijualnya memang asli dari produk tertentu. Kalaupun tidak menjual barang-barang asli, jelaskan kepada konsumen tentang kualitas barang yang dijual.

Posting Komentar untuk "Tips Berbisnis Online"