Assalamualaikum Wr.Wb

Haaiii Guuyysss selamat dating di Artikel saya, sesuai saya bilang di artikel sebelumnya saya akan membahas Keuntungan dan Kekurangan Online Marketing, Perbandingan Online dengan Offline Marketing, dan Strategi Online Marketing. Langsung aja baca artikel di bawah ini :

1.     Keuntungan dan Kekurangan Online Marketing

                               i.            Keuntungan / Kelebihan :

a)      Online marketing memberi akses yang luas bagi para pelanggan.
b)      Internet merupakan media yang mampu melintas batas-batas geografi.
c)      Online marketing memungkinkan bisnis anda akan tersedia 24 x 7 hari.
d)     Biaya lebih efisien.
e)      Menghemat banyak waktu dan usaha.
                             ii.            Kekurangan :

a)      Ketergantungan pada teknologi.
b)      Isu keamanan dan privasi.
c)      Akses teknologi yang belum merata.
d)     Transparansi harga, sehingga berakibat meningkatnya kompetisi harga.
e)      Kompetisi global.

2.     Perbandingan Online dengan Offline Marketing

No    Keterangan    Offline marketing    Online marketing
1    Media    Internet    Surat Kabar, brosur, papan iklan, poster
2    Waktu    7 x 24 Jam    terbatas
3    Biaya    Lebih Efisien    Cenderung banyak/boros
4    Pekerja    Tidak membutuhkan banyak pekerja untuk memasarkan    Membutuhkan banyak tenaga kerja pemasaran
5    Keuntungan    Lebih Efisien    Kurang Efisien

3.     Strategi Online Marketing
Berikut adalah 5 strategi untuk mengembangkan strategi pemasaran online :

a)     Ketahui Pasar Anda (Konsumen)
Strategi pemasaran anda tidak akan pernah sukses jika Anda tidak memiliki khalayak yang jelas. Sebelum anda menghabiskan uang pada pemasaran, sangat perlu untuk mencari tahu target pasar anda terlebih dahulu. Tidak perlu membayar mahal untuk menyewa sebuah perusahaan riset pasar mewah. Jika Anda tahu produk Anda, Anda harus dapat mengetahui pasar Anda sendiri. Misalnya, siapa yang akan paling tertarik pada produk Anda? Pria atau wanita? Apa kelompok usia mereka? Apa kepentingan pelanggan Anda? Apakah situasi kemungkinan keuangan mereka?


b)    Tetapkan Tujuan
Tentukan apa yang anda cari untuk mendapatkan dari pemasaran online. Peningkatan kesadaran? Peningkatan pendapatan? Atau anda mungkin akan memiliki beberapa tujuan, sehingga anda dapat mengukur keberhasilan Anda. Ketika anda mencapai tujuan awal anda, menetapkan tujuan baru sehingga perusahaan anda bisa terus meningkatkan.

c)     Tetapkan anggaran (Kapital)
Sekarang bahwa anda tahu siapa target pasar anda dan memiliki tujuan yang ditetapkan, merencanakan anggaran yang sesuai. Hal yang baik tentang pemasaran online adalah bahwa anda dapat berhasil, bahkan ketika pada anggaran yang ketat. Banyak platform yang tersedia tanpa biaya. Namun, menempel semata-mata dengan bentuk bebas dari pemasaran online mungkin bukan strategi terbaik untuk perusahaan anda. Hati-hati menentukan apa yang paling diperlukan outlet untuk produk anda dan bersedia untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan hasil.

d)    Merek Sendiri
Tentukan sendiri merk produk anda terpisah dari kompetisi. Ada ribuan perusahaan mencoba untuk menjual produk di Internet. Dengan demikian, anda perlu membuat merek yang tak terlupakan. Jika ada perusahaan lain online dengan nama yang mirip, pertimbangkan untuk mengubah nama anda ke salah satu yang tidak akan mudah bingung dengan produk lain. 

e)     Kembangkan Relasi
Membina hubungan antara produsen dan konsumen dengan cara berkomunikasi yang dilakukan secara terus menerus memunculkan image mengenai produk itu sendiri. komunikasi dengan konsumen yang terus berjalan menimbulkan kedekatan. Kedekatan yang dibangun secara tidak langsung akan menimbulkan kepercayaan, sehingga orang tidak takut untuk membeli barang secara online.


Kesimpulan dan Saran

Ø Kesimpulan

Era globalisasi memberikan pengaruh cukup besar bagi pemasaran dan menumbuhkan tantangan-tantangan baru dalam profesi pemasaran masa kini. Pemasar dituntut untuk dapat memahami bagaimana kejadian-kejadian yang ada di berbagai penjuru dunia mempengaruhi pasar domestik dan peluang pencarian terobosan baru, dan tentu saja bagaimana perkembangan-perkembangan tersebut akan mempengaruhi pola pemasaran perusahaan.

Online marketing  adalah alternatif usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa pada era global ini, tentunya melalui atau menggunakan media internet. Internet yang merupakan salah satu penemuan mutakhir era globalisasi di bidang teknologi informasi sangat menguntungkan semua manusia di seluruh dunia untuk berbagi informasi dan berkomunikasi, termasuk berbagi informasi produk / jasa yang dijual. 

Online marketing dapat dilakukan melalui beberapa cara, yaitu dengan E-mail marketing dan sales letter,  Video marketing, Social media marketing, Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi), dan Search Engine Marketing (pemasaran menggunakan mesin pencari). 

Dalam melakukan online marketing tentunya membutuhkan strategi, diantaranya adalah: mengetahui pasar, tetapkan tujuan, tetapkan anggaran, menggunakan merk sendiri, dan mengembangkan relasi.

Ø Saran

Online marketing dapat dijadikan salah satu alternatif yang efektif dan relevan dalam proses pemasaran terutama pada zaman sekarang yang serba modern dan menglobal.

Sekian guys materi saya yang share kepada kalian semoga bermanfaat, jangan lupa liat artikel selanjutnyam jangan pernah bosan untuk mencari ilmu ;v


Wassalamualaikum Wr.Wb

0 Komentar