Keuntungan dan Kekurangan Online Marketing
Assalamualaikum
Wr.Wb
Haaiii Guuyysss selamat dating di Artikel saya,
sesuai saya bilang di artikel sebelumnya saya akan membahas Keuntungan dan
Kekurangan Online Marketing, Perbandingan Online dengan Offline Marketing, dan
Strategi Online Marketing. Langsung aja baca artikel di bawah ini :
1. Keuntungan
dan Kekurangan Online Marketing
i.
Keuntungan / Kelebihan :
a) Online marketing memberi akses yang luas bagi
para pelanggan.
b) Internet merupakan media yang mampu melintas
batas-batas geografi.
c) Online marketing memungkinkan bisnis anda akan
tersedia 24 x 7 hari.
d) Biaya lebih efisien.
e) Menghemat banyak waktu dan usaha.
ii.
Kekurangan :
a) Ketergantungan pada teknologi.
b) Isu keamanan dan privasi.
c) Akses teknologi yang belum merata.
d) Transparansi harga, sehingga berakibat meningkatnya
kompetisi harga.
e) Kompetisi global.
2. Perbandingan
Online dengan Offline Marketing
No
Keterangan Offline marketing Online
marketing
1
Media Internet Surat Kabar, brosur, papan
iklan, poster
2
Waktu 7 x 24 Jam terbatas
3 Biaya
Lebih Efisien Cenderung banyak/boros
4
Pekerja Tidak membutuhkan banyak pekerja untuk
memasarkan Membutuhkan banyak tenaga kerja pemasaran
5
Keuntungan Lebih Efisien Kurang Efisien
3.
Strategi
Online Marketing
Berikut adalah 5 strategi
untuk mengembangkan strategi pemasaran online :
a) Ketahui Pasar Anda (Konsumen)
Strategi
pemasaran anda tidak akan pernah sukses jika Anda tidak memiliki khalayak yang
jelas. Sebelum anda menghabiskan uang pada pemasaran, sangat perlu untuk
mencari tahu target pasar anda terlebih dahulu. Tidak perlu membayar mahal
untuk menyewa sebuah perusahaan riset pasar mewah. Jika Anda tahu produk Anda,
Anda harus dapat mengetahui pasar Anda sendiri. Misalnya, siapa yang akan
paling tertarik pada produk Anda? Pria atau wanita? Apa kelompok usia mereka?
Apa kepentingan pelanggan Anda? Apakah situasi kemungkinan keuangan mereka?
b) Tetapkan Tujuan
Tentukan
apa yang anda cari untuk mendapatkan dari pemasaran online. Peningkatan
kesadaran? Peningkatan pendapatan? Atau anda mungkin akan memiliki beberapa
tujuan, sehingga anda dapat mengukur keberhasilan Anda. Ketika anda mencapai
tujuan awal anda, menetapkan tujuan baru sehingga perusahaan anda bisa terus
meningkatkan.
c) Tetapkan anggaran (Kapital)
Sekarang
bahwa anda tahu siapa target pasar anda dan memiliki tujuan yang ditetapkan,
merencanakan anggaran yang sesuai. Hal yang baik tentang pemasaran online
adalah bahwa anda dapat berhasil, bahkan ketika pada anggaran yang ketat.
Banyak platform yang tersedia tanpa biaya. Namun, menempel semata-mata dengan
bentuk bebas dari pemasaran online mungkin bukan strategi terbaik untuk
perusahaan anda. Hati-hati menentukan apa yang paling diperlukan outlet untuk
produk anda dan bersedia untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan
hasil.
d) Merek Sendiri
Tentukan sendiri merk produk anda terpisah dari
kompetisi. Ada ribuan perusahaan mencoba untuk menjual produk di Internet.
Dengan demikian, anda perlu membuat merek yang tak terlupakan. Jika ada
perusahaan lain online dengan nama yang mirip, pertimbangkan untuk mengubah
nama anda ke salah satu yang tidak akan mudah bingung dengan produk lain.
e) Kembangkan Relasi
Membina hubungan antara produsen dan konsumen
dengan cara berkomunikasi yang dilakukan secara terus menerus memunculkan image
mengenai produk itu sendiri. komunikasi dengan konsumen yang terus berjalan
menimbulkan kedekatan. Kedekatan yang dibangun secara tidak langsung akan
menimbulkan kepercayaan, sehingga orang tidak takut untuk membeli barang secara
online.
Kesimpulan dan Saran
Ø Kesimpulan
Era globalisasi memberikan
pengaruh cukup besar bagi pemasaran dan menumbuhkan tantangan-tantangan baru
dalam profesi pemasaran masa kini. Pemasar dituntut untuk dapat memahami
bagaimana kejadian-kejadian yang ada di berbagai penjuru dunia mempengaruhi
pasar domestik dan peluang pencarian terobosan baru, dan tentu saja bagaimana
perkembangan-perkembangan tersebut akan mempengaruhi pola pemasaran perusahaan.
Online marketing adalah
alternatif usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau
jasa pada era global ini, tentunya melalui atau menggunakan media internet.
Internet yang merupakan salah satu penemuan mutakhir era globalisasi di bidang
teknologi informasi sangat menguntungkan semua manusia di seluruh dunia untuk
berbagi informasi dan berkomunikasi, termasuk berbagi informasi produk / jasa
yang dijual.
Online marketing dapat
dilakukan melalui beberapa cara, yaitu dengan E-mail marketing dan sales
letter, Video marketing, Social media marketing, Partnership / Affiliate
Marketing (pemasaran metode afiliasi), dan Search Engine Marketing (pemasaran
menggunakan mesin pencari).
Dalam melakukan online
marketing tentunya membutuhkan strategi, diantaranya adalah: mengetahui pasar,
tetapkan tujuan, tetapkan anggaran, menggunakan merk sendiri, dan mengembangkan
relasi.
Ø
Saran
Online marketing dapat
dijadikan salah satu alternatif yang efektif dan relevan dalam proses pemasaran
terutama pada zaman sekarang yang serba modern dan menglobal.
Sekian
guys materi saya yang share kepada kalian semoga bermanfaat, jangan lupa liat
artikel selanjutnyam jangan pernah bosan untuk mencari ilmu ;v
Wassalamualaikum Wr.Wb
Posting Komentar untuk "Keuntungan dan Kekurangan Online Marketing"