Konsep Pemasaran
Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat
datang di artikel saya, sesuai yang saya bilang pada artikel sebelumnya, saya
akan membahas Konsep Manajemen Pemasaran, nanti kita akan membahas 5 Konsep
yang harus ada di perusahaan, karena konsep setiap perusahaan harus memiliki
ide atau kosnep yang berbeda mengenai Manajemen Pemasaran. Langsung aja baca
artikel di bawah ini.
Ø Konsep Pemasaran
Kosep
Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan
kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup
perusahaan (Stanton, 1978).
Elemen
Penting dalam Konsep Pemasaran :
1. Market Oriented
berorientasi pada keinginan Konsumen.
2. Penyusunan
Kegiatan Pemasaran secara terpadu.
3. Pencapain
tingkat kepuasan Konsumen.
Konsep
Manajemen pada hakikatnya mencakup upaya dan strategi yang ditempuh
manajemen dalam rangka untuk mencapai tingkat kepuasan konsumen.
Setelah kalian mengetahui Pengertian Konsep
Pemasaran, selanjutnya kita akan membahas 5 Konsep yang harus ada di suatu
Perusahaan.
A. Konsep Produksi
Perusahaan yang mengadopsi konsep ini, berfikir bahwa
barang maupun jasa yang dihasilkan haruslah murah, sehingga bisa dibuat kapan
saja dan di mana saja agar tidak terjadi masalah dalam penjualan. Secara tidak
langsung, perusahaan ini mencoba manajemen pemasaran melalui upaya
penurunan biaya produksi dan penguatan sistem distribusi. Dalam rangka
menurunkan biaya produksi ke level minimum, perusahaan akan mengandalkan sistem
produksi barang dalam skala besar. Konsep ini akan berjalan dengan baik jika
permintaan melebihi stok. Namun, pelanggan tidak selalu membeli barang
atau jasa yang murah dan mudah didapat. Ada saatnya mereka membutuhkan barang
berkualitas dengan harga yang pantas.
B. Konsep Produk
Perusahaan yang menggunakan konsep ini memercayai bahwa
kualitas barang maupun jasa yang dihasilkan perusahaan haruslah bagus, sehingga
mudah menarik konsumen. Konsep manajemen pemasaran ini, mungkin bisa diterima
oleh sebagian konsumen, namun kita tidak boleh lupa, kualitas yang bagus pasti
memengaruhi harga, sedangkan bagi sebagian konsumen, harga yang murah masih
menjadi tujuan utama untuk membeli barang.
C. Konsep Penjualan
Perusahaan yang menggunakan konsep ini berpikir bahwa
pelanggan tidak boleh dibiarkan sendirian. Perusahaan harus mengarahkan konsumen
dengan sebuah teknik penjualan yang harus dipikirkan, karena barang tidak
dibeli tetapi barang harus dijual. Dalam konsep manajemen pemasaran ini,
perusahaan harus memikirkan usaha penjualan untuk memengaruhi konsumen membeli
produknya. Mereka percaya bahwa dengan sistem penjualan yang baik, mereka bisa
menjual produk apa saja yang mereka tawarkan. Hal ini terkadang ada benarnya
meskipun tidak bisa diandalkan secara terus menerus. Anda mungkin bisa meraih
hati pelanggan satu kali disaat pertama promosi, tapi dengan banyaknya
kompetitor , bisa jadi pelanggan akan berpindah produk di kemudian hari.
D. Konsep Pemasaran
Perbedaan antara penjualan dan pemasaran adalah,
penjualan lebih menekankan pada produk yang dijual, sedangkan pemasaran lebih
tertuju kepada keinginan dan kebutuhan konsumen. Perusahaan yang menggunakan
konsep pemasaran menganggap bahwa kepuasan konsumen adalah segalanya, sehingga
barang atau jasa yang dihasilkan harus sesuai kebutuhan mereka. Dengan kata
lain, perusahaan seperti ini tidak membuat apa yang mereka bisa, tapi membuat
apa yang konsumen inginkan. Konsep manajemen pemasaran ini mungkin terkesan
modern dan bisa bertahan dalam waktu cukup lama, namun konsep ini hanya bisa
dinikmati kalangan tertentu yang memiliki tingkat kesejahteraan lebih.
E. Konsep Pemasaran Umum
Konsep ini menekankan tidak hanya pada kepuasan konsumen
tapi juga memerhatikan manfaat bagi orang lain. Sebagai contoh, jika suatu
perusahaan menghasilkan mobil yang rendah bahan bakar tapi menyebabkan polusi.
Hal ini hanya membuat konsumennya puas, tapi masyarakat tidak menerima
manfaatnya. Perusahaan dengan konsep manajemen pemasaran umum, tidak akan mau
menjualnya. Perusahaan dengan konsep ini percaya, bahwa sebuah kesuksesan
bisnis akan dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan dan memiliki dampak baik yang
bisa diterima masyarakat umum, sehingga konsep ini memungkinkan untuk digunakan
dan disukai banyak konsumen
Dari ke 5 penjelasan tentang konsep manajemen pemasaran
di atas, banyak hal yang bisa Anda dapatkan untuk dipelajari. Setiap konsep
memiliki kekurangan dan kelebihan. Setelah Anda menentukan konsep yang ingin
digunakan, Anda juga harus mulai memikirkan untuk membuat laporan keuangan.
Dengan laporan keuangan perusahaan, Anda dapat mengelola keuangan bisnis lebih
mudah hingga dapat membuat keputusan bisnis yang tepat. Pada artikel
selanjutnya kita akan membahas Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran. Semoga
artikel ini bermanfaat, dan jangan bosan untuk mencari ilmu tentang Internet
Marketing ;v
Wassalamualaikum Wr.Wb
Posting Komentar untuk "Konsep Pemasaran"