Manajemen Pemasaran
Assalamualaikum
Wr.Wb
Selamat datang di arikel saya, pada kesempatan kali
ini saya akan membahas tentang Manajemen Pemasaran. Kita akan membahas apa itu
Manajemen Pemasaran, Konsep, dan Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran. Tapi
di artikel ini saya akan membahas Pengertian Manajemen Pemasaran saja, untuk
yang lain bisa baca artikel berikutnya ;v Langsung aja baca artikel dibawah
ini.
Ø Pengertian
Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah
merupakan alat analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang
menguntungkan dengan target pasar sasaran dengan maksud untuk mencapai tujuan
utama perusahaan yaitu memperoleh laba.
Ada pula Pengertian Manajemen
Pemasaran Menurut para Ahli
Ø Pengertian
Manajemen Pemasaran Menurut para Ahli
1. Manajemen
Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan
program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju
dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
2. Manajemen
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk
mempertahankan kelangsungan perusahaannya, berkembang, dan mendapatkan laba.
Proses pemasaran itu dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak
berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan
kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya berjalan terus, atau
konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap perusahaan (Dharmmesta &
Handoko, 1982).
3. Manajemen
Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program
yang di design untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai tujuan
perusahaan (Kotler & Amstrong).
4. American
Marketing Association, menterjemahkan pemasaran sebagai berikut: Pemasaran
adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengarahkan arus barang-barang dan
jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan
aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran.
5.
Philip Kotler dalam bukunya Marketing
Management Analysis, Planning, and Control, mendefinisikan pemasaran secara
lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan
kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan
menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok
lainnya.
6.
Definisi Pemasaran menurut William
J. Stanton adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan
mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli
yang ada maupun pembeli potensial.
Sekian pembahasan tentang Pengertian
tentang Artikel Manajemen Pemasaran, Semoga bermanfaat, dan jangan lupa membaca
artikel saya selanjutnya.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Posting Komentar untuk "Manajemen Pemasaran"