Pemasaran Online
Assalamualaikum
Wr.Wb
Selamat datang di Artikel saya, Pada kali saya akan
membahas Pemasaran Online, Pada Era Globalisasi sekarang memberikan pengaruh
cukup besar bagi pemasaran dan menumbuhkan tantangan-tantangan baru dalam
profesi pemasaran kini. Saat ini kita hidup di dunia teknologi, dalam arti
hidup yang bergantung teknologi, maka dari itu, kita harus beradaptasi dengan
cara mengikuti berkembangan era modern, salah satunya adalah belajar Internet
Marketing, belajar ini memang sangat bosen, tetapi kalo kita giat belajar maka
hasil belajar kita akan kita nikmati J
Kita
akan membahas Latar Belakang, Definisi dan Sejarah Pemasaran.
Ø Langsung
aja kita mulai dari Latar Belakang Pemasaran Online :
Pemasaran, seperti
halnya dengan ilmu pengetahuan, bersifat dinamis dan selalu mengalami
perubahan. Perubahan dalam dunia pemasaran merupakan suatu keharusan lantaran
dunia bisnis sebagai induk dari pemasaran- terus menerus berubah menyesuaikan
diri dengan kemajuan Zaman. Walaupun mengalami perubahan, pemasaran tidak bisa
melepaskan diri dari tiga komponen yang selalu menyertai; konsumen, kompetitor
dan perusahaan. Ketiga komponen ini yang selalu ada dalam setiap pembahasan
tentang pemasaran.
Ø Definisi
dan Sejarah Pemasaran
1. Definisi
Pemasaran
Pemasaran (marketing) adalah proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang
atau jasa dalam kaitanya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan
manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang
manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas
air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin
memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya
segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih
Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan
keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan
manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk
(product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan
mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran
disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan
prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
2. Sejarah Pemasaran
Mungkin masih banyak yang belum tahu bahwa
peradaban bisnis modern berkembang sejak adanya revolusi industri di tahun
1900. Revolusi ini benar-benar mengubah tatanan struktur dan perilaku
masyarakat pada saat itu. Bisnis yang tadinya berciri merkantilis (berdagang)
kemudian berubah menjadi kapitalis. Kekuatan modal dipergunakan untuk membangun
pabrik dan organisasi perusahaan, memproduksi barang, dan memperdagangkannya.
Pada proses ini munculah pandangan-pandangan
baru tentang bagaimana perilaku pasar terjadi dan bagaimana sebuah lembaga
menjalankan kegiatan operasional untuk memenuhi kebutuhan pasar. Hal-hal inilah
yang kemudian melatarbelakangi munculnya ilmu praktik manajemen bisnis,
termasuk marketing.
Boleh jadi, ilmu marketing ketika itu memang
menjadi jawaban atas berbagai pertanyaan yang tidak bisa diakomodasi oleh ilmu
ekonomi yang telah berkembang terlebih dahulu. Marketing awalnya tak lebih dari
aktivitas bisnis yang sederhana. Para ekonom pun hanya memasukkannya sebagai
salah satu bentuk aktivitas ekonomi.
Namun, pendekatan yang lebih berciri sosiologis
kemudian menunjukkan adanya pengembangan dari institusi (lembaga) yang disebut
sebagai “market” dalam bahasa ekonomi. Pendekatan sosiologis melihat institusi
market bisa dilihat sebagai institusi sosial dibandingkan ekonomi. Artinya, di
market bukan hanya tempat bertemunya supply dan demand. Market adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli. Market merupakan sebuah sistem sosial di mana
kebutuhan setiap pihak akan materi tertentu akan bertemu.
Pada waktu itu, konsumsi dianggap sebagai akhir
dari kegiatan produksi di dunia ekonomi. Padahal perilaku konsumsi sendiri
sebenarnya merupakan ilmu yang bisa dieksplorasi lebih dalam. Demikian halnya
dengan istilah “value”. Ilmu ekonomi meletakkan value berhubungan dengan
penambahan input dari faktor-faktor produksi. Padahal di dunia bisnis, value
juga mencakup sesuatu yang intangible seperti pelayanan.
Pendekatan marketing juga mempertanyakan apakah
market dipengaruhi hanya oleh purchasing power (daya beli) masyarakat? Lebih
jauh dari itu, para praktisi bisnis melihat bahwa market bukan sekadar
dipengaruhi oleh daya beli, tetapi juga keinginan membeli yang dipengaruhi oleh
iklan dan tenaga penjual.
Sekian
dulu materi yang saya berikan kepada anda, tentang Latar Belakang, Definisi dan
Sejarah Pemasaran, Semoga bermanfaat, artikel selanjutnya saya akan membahas
Online Marketing. Terima kasih telah membaca artikel saya ;v
Wassalamualaikum Wr.Wb
Posting Komentar untuk "Pemasaran Online"