Strategi Manajemen
Assalamualaikum
Wr.Wb
Selamat datang di Artikel saya lagi ;v Pada
kesempatan kali ini saya akan membahas Perencanaan Stategi Manajemen Pemasaran,
tidak di dunia olahraga saja yang membutuhkan Strategi, di dunia Bisnis pun
juga punya Strategi dalam mengembangkan Perusahaan demi memajukan Perusahaan
kita menjadi sukses atau berjaya. Langsung aja baca artikel di bawah ini.
Ø Strategi
Menyusun Bisnis Plan untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan.
Bisnis plan merupakan hal yang
sangat penting direncanakan sejak awal serta disusun untuk mencapai tujuan
utama perusahaan.
Bisnis plan merupakan pernyataan formal dan tertulis mengenai Perencaaan Bisnis, Strategi Bisnis, tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut semuanya dirangkum menjadi sebuah Proposal Bisnis Plan.
Bisnis plan merupakan pernyataan formal dan tertulis mengenai Perencaaan Bisnis, Strategi Bisnis, tujuan-tujuan dari sebuah bisnis dan bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut semuanya dirangkum menjadi sebuah Proposal Bisnis Plan.
Ø Fungsi
dan Tujuan Utama Bisnis Plan.
1. Sebagai
Barometer untuk mengindentifikasi seluruh kebutuhan dan rencana anggaran
perusahaan.
2. Merencanakan
tujuan utama perusahaan yang akan dicapai baik jangka pendek maupun jangka
panjang.
3. Perencanaan
Metode dan Strategi yang ditempuh perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan
produktifitas.
4. Sebagai
alat pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha.
5.
Memberikan gambaran umum kepada
investor tentang kondisi perusahaan saat ini dan periode yang akan datang
berdasarkan data aktual sehingga memberikan keyakinan kepada mereka tentang
seberapa besar tingkat keuntungan dan nilai resiko terhadap investasi.
Ø Hal-Hal
Umum yang perlu diperhatikan dalam membuat Bisnis Plan.
1. Jangan
menggunakan istilah-istilah yang kurang dimengerti oleh pihak internal
perusahaan maupun kepada calon investor.
2. Jelaskan
sesuatu rencana kerja dengan point-point yang diuraikan dengan terperinci.
3. Gunakan
grafik untuk menjelaskan aspek-aspek finansial atau data pendukung lainnya.
4. Hindari
penggunaan font yang terlampau kecil sehingga sulit untuk dibaca, gunakan font
standar minimal 12 piksel.
Ø Apa
saja yang tertuang dan disusun dalam Bisnis Plan ?
Komponen data utama yang biasanya
disusun dalam penyajian bisnis plan adalah sebagai berikut :
1.
Ringkasan
Eksekutif
Halaman
yang menjelaskan tentang rencana usaha dan mengenai sesuatu apa yang Anda
inginkan dari rencana tersebut, termasuk sasaran usaha, aspek operasional,
aspek pemasaran dan rencana investasi. Pastikan bagian ini ditulis dan
dirangkum dengan ringkas dan informatif.
2.
Deskripsi
Usaha
Informasi mengenai kegiatan usaha
yang sedang dijalankan berikut prospek usaha untuk masa yang akan datang,
berikut data-data para pesaing di dalam industri sejenis. Disini Anda dapat
menjelaskan apa kekuatan dan kelemahan lini usaha yang Anda kerjakan saat ini.
3.
Strategi Pasar
Informasi mengenai kegiatan usaha
yang sedang dijalankan berikut prospek usaha untuk masa yang akan datang,
berikut data-data para pesaing di dalam industri sejenis. Disini Anda dapat
menjelaskan apa kekuatan dan kelemahan lini usaha yang Anda kerjakan saat ini.
4.
Analisa Kompetitif
Memberikan informasi mengenai
kekuatan dan kelemahan pesaing Anda yang ada di pasar saat ini. Jelaskan
strategi apa yang akan Anda gunakan untuk menghadapi pesaing di pasar.
5.
Aspek Produksi
Menjelaskan
secara detail flow tahap produksi dari awal hingga akhir dalam bentuk time
sheet pekerjaan serta menguraikan keunggulan utama produk atau jasa yang
dimiliki saat ini dan rencana diversifikasi produk dalam rangka penetrasi
pasar.
6.
Management
Memberikan
gambaran tentang para pengurus dan profesional di perusahaan berikut curriculum
vitae yang berisikan tentang latar belakang pendidikan baik formal maupun
informal dan pengalaman dalam menjalankan usaha terkait.
7.
Aspek Keuangan
Informasi mengenai Laporan Keuangan
yang terdiri dari Laporan Neraca, Rugi Laba, Arus Kas, dan Perubahan Modal
lebih diutamakan jika memberikan data Laporan keuangan minimal 3 tahun terakhir
yang sudah di audit oleh Auditor Independent.
Memberikan gambaran Rencana Laporan
Keuangan terutama Laporan Rugi Laba dan Arus Kas untuk lima tahun kedepan
berikut penjelasan mengenai Analisa
Laporan Keuangan yang berkaitan
dengan Internal Rate of Return (IRR), Payback Period Investasi,
Profitability Index, dan Net Present value.
8.
Lampiran
Memberikan
referensi mengenai penelitian yang telah dilakukan, data dalam bentuk diagram
dan grafik, foto existing project, Laporan Keuangan Audited dan Inhouse,
Company Profile, dan Legalitas Perusahaan, Daftar List Asset Perusahaan.
Bisnis Plan dapat digunakan oleh
pihak perusahaan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan dan membuat gambaran
proyeksi laporan keuangan untuk masa yang akan datang berdasarkan dari data historis
serta manfaat utama lainnya adalah untuk meyakinkan kepada pihak investor agar
mereka tertarik menginvestasikan sejumlah dana yang dimiliki untuk tambahan
modal kerja perusahaan.
Bisnis Plan yang baik adalah
berisikan informasi yang jelas dan mudah dipahami oleh pihak internal maupun
eksternal perusahaan mengenai rencana kerja, target perusahaan untuk masa yang
akan datang, evaluasi terhadap kinerja usaha yang telah dicapai, serta rencana
investasi serta sumber permodalan untuk ekspansi usaha.
Sekian
penjelasan saya tentang Artikel Perencanaan Strategi Manajemen Pemasaran,
semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membaca artikel saya ;v jangan
lupa baca next artikel saya sampai jumpa lagi ;v
Wassalamualaikum Wr.Wb
Posting Komentar untuk "Strategi Manajemen"