Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Kunci Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat datang di artikel saya, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas 13 Kunci Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses. Langsung aja baca artikel di bawah ini :

13 Kunci Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses

13 Kunci Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses
Saat ini anak muda dituntut menjadi sebuah inovator perubahan, termasuk juga dalam hal pekerjaan. Maka banyak anak muda yang kini terinspirasi dan ingin menembangkan setiap bakatnya dengan membuka bisnis.

Maka tak heran bila ada banyak pebisnis muda yang telah menorehkan keberhasilan (kesuksesan) di seluruh dunia. Sebagai contoh Larry Page penemu dari Google ataupun Evan Spiegel penemu dari Snapchat. Bukan hanya diluar negeri saja, dari dalam negeri pun tak kalah banyaknya  kisah sukses dari anak muda.


Andre Darwis sang pemilik KasKus, Yasa Singgih, dan Nabila Bawazier adalah sebagian kecil nama anak muda Indonesia yang dapat menunjukkan daya saingnya dengan membuka peluang bisnis yang kini sudah menjadi tenar.

Tentunya banyak muda yang bertanya-tanya bagaimana cara untuk membangun sebuah usaha  sehingga menjad sangat sukses. Daripada kita hanya bertanya-tanya, maka akan lebih apabila kita mencari tahu serta langsung mempraktekkannya.

Berikut ini ada 12 kunci dasar agar kita dapat menjadi sukses di usia muda :

1. Rela “Melepas” Masa Muda
Masa muda adalah masa yang sangat sulit untuk kita lupakan. Karena masa muda ini tak mungkin dapat kita ulang lagi dan masa untuk menjadi jati diri kita. Untuk itu akan lebih baik jangan sia-siakan masa mudamu hanya sekedar bermain dan berfoya-foya saja.
Segeralah bangun relasi serta temukan peluang besar yang dapat dijadikan sebagai pundi-pundi keuangan kita. Dengan begitu kita dapat menunjukkan bahwa masa muda kita adalah masa-masa yang sangat berkualitas dan tentunya membanggakan.

2. Punya Hobi? Buat Bisnis Aja!
Hobi adalah suatu hal menjadi kegemaran sehingga kita akan melakukan berulang kali. Bila hobi kita dapat menghasilkan atau mendatangkan uang, mengapa kita tak menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang menyenangkan?
Bila kita membuka sebuah bisnis yang berawal dari hobi, tentunya hal ini memungkinkan untuk menambah semangat kita. Hal ini dikarenakan dua hal yang kita sukai akan kita jalankan secara bersamaan yaitu hobi dan bisnis.
Pikirkan saja apabila kita telah mengikuti sebuah komunitas dari hobi kita, maka sebagai permulaannya kita tak akn dibuat repot dalam hal mencari target  pasar dan juga dalam hal promosi. Kita dapat menggunakan teman-teman yang mempunyai hobi yang sama dengan kita.

3. Memiliki Jiwa Sparta! Alias Jiwa Semangat Juang!
Sebagai seorang anak muda pastinya jiwa semangat tentunya harus kita miliki. Pupuklah jiwa semangat itu sebesar mungkin sebelum kita benar-benar menjalankan bisnis.
Karena jiwa semangat ini akan menjadi salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah usaha/bisnis. Bila kita terus bersemangat, maka tak heran akan ada peluang besar dalam sebuah bisnis. Maka kita akan menjadi orang yang tak takut jatuh serta akan bangkit apabila memang mengalami kegagalan ditengah jalan.

4. Tidak Loyo dan Mau Bekerja Keras
Karena dengan berbisnis kita akan merelakan masa muda kita, maka akan lebih baik jangan sia-siakan hal tersebut. Untuk itu pakailah segenap energi kita agar dapat memberikan bukti bahwa bisnis kita dapat berjalan sebaik mungkin. Bila diibaratkan kita sedang menabung, maka tabunglah segenap energi kita untuk bisnis. Niscaya keberhasilan dari bisnis yang kita bangun akan kita dapatkan dimasa depan.

5. Tidak Menghindari Resiko!
Resiko ada itu bukan untuk dihindari, tapi dinikmati. Anggap saja itu rintangan sama seperti saat bermain game, kalau tidak ada rintangannya tidak seru
Setiap usaha tentunya akan ada risiko yang ada, dan tentunya akan ada naik turun. Untuk itu pastikan kita siap untuk menghadapi segala risiko kegagalan serta selalu berani untuk mengambil segala risiko dari setiap keputusan yang kita ambil. Jangan pernah takut untuk belajar dari kegagalan yang sudah kita alami.
Hal yang patut kita ingat adalah karena kita sudah pernah mengalami sebuah  kegagalan, maka hal itu menjadi sebuah pelajaran yang sangat luar biasa bagi kita. Pastinya kita akan melihat segala kekurangan dari bisnis kita, dan tak akan mengulangi segala kesalahan yang sama.
6. Bersifat Ulet

Seorang pebisnis yang mempunyai sifat ulet maka dapat dipastikan adalah orang yang visioner. Ia telah merancang dengan baik tentang masa depan bisnisnya dan juga menggantungkan cita-citanya dengan baik dan realistis.
Dengan kita mempunyai rencana dan cita-cita, akan membuat suatu dorongan tersendiri bagi kita untuk dapat tahan dengan segala rintangan dan hambatan yang ada. Kita dapat melihat tak sedikit pebisnis yang ‘kalah sebelum mereka berperang’ karena mereka sudah takut duluan melihat tanda-tanda kegagalan.

7. Lakukan Kegiatan yang Berdampak Besar
Sebaiknya kita fokus terhadap hal-hal yang sangat berhubungan dengan bisnis yang dijalankan. Bila memang kita ingin suskes dalam berbisnis, maka hal yang perlu kita lakukan adalah melakukan kegiatan-kegiatan yang mempunyai dampak besar secara positif pada kemajuan bisinis kita.
Untuk itu lupakan sejenak segala hal yang hanya berhubungan dengan kebaikan pada diri kita. Bila bisnis kita memang sudah maju, maka secara otomatis juga kita akan memperbaiki diri kita.

8. Jangan Pernah Gagal Fokus!
Kunci sukses untuk mengembangkan bisnis dengan pesat adalah tetap fokus terhadap bisnis yang kita jalankan dan mengembangkan segala hal yang berkaitan dengan bisnis kita. Banyak dari pebisnis pemula yang akan cepat puas dengan satu keberhasilannya.
Sehingga bila satu bisnis sudah akan dianggap bagus, maka akan segera lagi membuka bisnis yang baru. Tetapi sebenarnya hal ini tak baik, karena akan membuat pikiran kita akan terpecah belah, sehingga kita tak akan fokus unutk memajukan bisnis. Untuk itu berhati-hatilah, karena hal itu justru akan membuat bisnis kita berantakan dan semua targat bisnis kita mungkin bisa saja gagal.

9. Amati Pola yang Ada! Lalu buatlah pola tersebut, Dan ikuti Pola yang Telah dibuat!
Seperti yang telah disebutkan tadi anak muda asih akan berusaha untuk mencari jadi dirinya, maka tak heran apabila mereka masih suka ikut-ikutan tren yang ada.
Rasa ingin tahu dan ingin mencoba segala hal baru tentunya masih sangat tinggi dalam diri mereka. Bila memang sudah mempunyai tekat untuk membangun sebuah bisnis yang serius saat masih muda, maka buang dulu semua keinginan untuk mencoba mengikuti tren yang ada. Akan lebih baik bila kita langsung belajar dari banyak anak muda yang sukses menjadi pengusaha.

10. Terus Berinovasi Mengikuti Zaman
Dalam sebuah bisnis tentunya harus mempunyai inovasi. Walaupun kita telah mempunyai target konsumen tersendiri, namun kita juga harus pandai-pandai untuk melihat peluang agar membuat bisnis kita semakin maju tentunya. Untuk itu pandai-pandailah dalam melihat peluang di setiap zamannya.
Perkembangan zaman yang semakin pesat, terutama lagi dalam bidang teknologi akan menuntut kita agar terus memenuhi segala rasa keingintahuan serta konsumen yang selalu menunggu-nunggu ide yang fresh apa yang akan dituangkan dalam bisnis kita.
Hal ini harus menjadi perhatian tersendiri bagi kita, apabila memang target pasar kita adalah anak muda dan juga kalangan remeja. Hal ini karena target pasar yang satu ini akan mudah sekali untuk terpengaruh oleh hal-hal yang baru muncul.

11. Investasikan Uang Anda
Apabila kesuksesan telah mendatangi diri kita, janganlah cepat puas bahkan jangan kita gunakan hanya untuk sekedar berfoya-foya saja.
Tentunya dalam sebuah bisnis akan ada naik turun, maka dari itu pastikan kita untuk menyimpan uang dengan baik. Investasikan uang yang kita dapatkan untuk dapat membangun bisnis yang lebih besar lagi. Dengan begitu kita tak akan repot untuk mencari investor dengan modal yang cukup besar dan tentunya mempunyai hutang.

12. Berdoa Kepada Tuhan
Setiap kesukesan yang ada pastinya adalah pemberian dari Tuhan dan semua itu hanya titipan semata. Untuk itu dalam menjalankan bisnis kita jangan sampai berdoa kepada Tuhan. Dan jangan hanya berdoa saat kita dalam kesulitan, tapi lupa saat kita sedang dalam kesuksesan. Pastikan kita berdoa di setiap saat, hal ini tentunya akan membuta hati kita tenang dalam menjalankan bisnis dan bisa fokus.

13. Berani Untuk Memulai
Apapun bisnis yang kita ingin lakukan maupun sedang kita rencanakan, beranilah untuk memulainya. Jangan pernah takut mencoba, meskipun terdapat banyak risiko yang akan menanti. Akan tetepi kita harus mengingat bahwa untuk selalu mencari suatu hal yang baru dan jangan ragu untuk memulai bisnis kita.

Itu tadi adalah beberapa tips untuk menjadi pengusaha yang sukses, tapi yang paling penting dari semuanya adalah punya niat untuk menjadi pengusaha. Asal ada niat disitu Insya Allah ada jalan, dan jangan pernah menyerah untuk selalu berusaha. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa membaca artikel selanjutnya yaa..


Wassalamualaikum Wr.Wb

Posting Komentar untuk "13 Kunci Menjadi Pengusaha Muda yang Sukses"