3 Strategi Komitmen Pasar untuk Meningkatkan Penjualan
Assalamualaikum
Wr.Wb
Selamat datang di artikel saya, Pada kesempatan kali
ini saya akan membahas 3 Strategi
Komitmen Pasar untuk Meningkatkan Penjualan. Langsung aja baca artikel di
bawah ini:
3
Strategi Komitmen Pasar untuk Meningkatkan Penjualan
Strategi Komitmen Pasar
– Dalam strategi yang akan dibahas sangat berkaitan erat dengan tingkat
keterlibatan suatu perusahaan dalam hal mencari pasar tertentu. Hal ini
dilandasi dengan pandangan perusahaan tentang semua pelanggan belum tentu sama
pentingnya bagi sebuah perusahaan. Pada umumnya perusahaan hanya akan
memusatkan perhatian dan juga komitmennya pada pasar-pasar tertentu saja.
Dalam hal ini komitmen
sudah meliputi sumber daya finansial, manajerial ataupun kedua-duanya. Dalam
strategi komitmen pasar terdiri atas 3 kelompok yaitu strong-commitment
strategy, average- commitment strategy, dan juga light- commitment strategy.
Untuk lebih jelasnya tentang strategi tersebut maka akan dibahas satu persatu.
1.
Strong-Commitment
Strategy
Dalam perusahaan yang akan
menerapkan strategi ini dituntut agar dapat melakukan perencanaan operasinya
dalam pasar yang sudah ditujunya secara optimal, yaitu dengan mencapai skala
ekonomis dalam berbagai hal seperti promosi, distribusi, pemanufakturan, dan
sebagainya.
Apabila perusahaan
mendapat tantangan dari para pesaing, maka perusahaan hendaknya bertahan dan
juga harus dapat melawan pesaing dengan agresif dengan menggunakan strategi
marketing mix yang berbeda.
Strategi ini agar
perusahaan dapat mengatasi tantangan dari pesaing secara agresif dengan
melaksanakan strategi yang berbeda-beda dalam masing-masing aspek, seperti
produk, harga, promosi, dan distribusi.
Tujuan utamanya agar
dapat mempertahankan posisi dengan segenap yang dimiliki oleh perusahaan.
Adapun syarat syarat yang harus dimiliki oleh perusahaan agar dapat sukses
dengan menggunakan strategi ini, antara lain :
I.
Perusahaan hendaknya dapat beroperasi
secara optimal dengan cara merealisasikan skala ekonomis dalam hal promosi,
distribusi, pemanufakturan, dan lainnya.
II.
Hendaknya perusahaan tidak cepat puas
dengan situasi ataupun posisi yang telah dicapai pada saat ini, karena ada yang
mengatakan meraih lebih mudah dari pada mempertahankan.
III.
Memiliki sumber daya yang sangat
memadai.
IV.
Perusahaan harus mempunyai keinginan dan
kemampuan untuk dapat mengambil resiko.
V.
Hasil pokok yang diharapkan dalam
strategi ini adalah meningkatnya pertumbuhan, laba dan juga pangsa pasar.
2.
Average-
Commitment Strategy
Apabila kepentingan
dari suatu perusahaan dalam pasar tidak mengalami perubahan, maka perusahaan
tersebut perlu memprioritaskan usahanya agar dapat mempertahankan status quo.
Cara yang sering
ditempuh oleh perusahaan-perusahaan yaitu dengan cara menyediakan segala
sesuatunya (terutama dalam hal pembauran pasar) yang sesuai dengan kebiasaan
pelanggan, dimana perubahan hanya kan dilakukan apabila lingkungan juga
mengalami perubahan.
Adapun syarat yang
harus dipenuhi oleh perusahaan yang ingin menggunakan strategi ini adalah
bahwasannya perusahaan harus dapat mengupayakan agar para pelangganya tetap
puas dan juga senang, sehingga mereka tidak mudah ‘digoda’ dan juga mudah
‘dirayu’ untuk berpindah ke pesaing perusahaan. Hasil yang akan dicapai dalam
strategi ini adalah profitabilitas perusahaan yang memadai.
3.
Light-
Commitment Strategy
Ada juga perusahaan
yang telah mempunyai pasar yang hanya diperhatikan secara ‘sambil lalu’ saja.
Ini berarti perusahaan hanya mempunyai komitmen kecil untuk mengurusi pasar
tersebut.
Perusahaan tidak banyak
melakukan perhatian dan juga tidak melakukan usaha untuk dapat mencukupi dan
memenuhi kebutuhan segala aspek yang sangat dibutuhkan pasar tersebut.
Hal ini terjadi
dikarenakan pasar tersebut bersifat stagnan, potensi yang terbatas, telah
dimasuki dan dipenuhi oleh perusahaan-perusahaan besar ataupun karena
faktor-faktor yang lain.
Dalam kondisi tersebut
perusahaan hanya kan mempertahankan status quo (tanpa adanya peningkatan pertumbuhan,
laba dan pangsa pasar).
Terimakasih telah membaca artikel kami yang berjudul
strategi komitmen pasar, semoga sangat bermanfaat untuk memperlancar bisnis
anda selanjutnya.
Wassalamualaikum
Wr.Wb
Posting Komentar untuk "3 Strategi Komitmen Pasar untuk Meningkatkan Penjualan"