Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat datang di artikel saya, Pada kali ini saya akan membahas 20 Peluang Bisnis Online Model Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan. Ini terusan artikel kemarin, Langsung aja baca artikel di bawah ini :

50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan

11.  Jualan Kaos, Kita Desain Tanpa Ribet Cetak Sendiri
Ini salah satu ide kreatif lainnya. Jadi jika kamu hobi desain kaos tetapi males untuk nyetak sendiri karena memang biaya cetak dan prosesnya itu ribet maka ini solusinya.

Jadi ada sebuah web (perusahaan) yang menyediakan jasa dimana kita bisa jual desain kita, jika laku maka perusahaan itulah yang akan mencetak kaos itu untuk dijual.

Salah satu pelopornya adalah teespring, keuntungan yang kita perolehpun tidak main-main disini. Teespring berani membayar mahal untuk sebuah kaos. Karena memang harga jual kaos di luar negeri itu cukup mahal dibanding dengan dalam negeri.

Untuk setiap kaos yang terjual dengan desain kita, kita dibayar paling tidak $5/kaos. Bayangkan, jika sebulan kita buat 1 desain kaos saja, dan 1 kaos itu terjual 100 buah maka kita sudah mendapatkan keuntungan $500/bulan! Dengan asumsi kita hanya mengambil untung $5 saja.

50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan

Nah itu adalah salah satu produk yang terjual disana, harga kaos itu adalah $23,95 dan terjual 1595 buah! Misalkan desainer itu untung $5 saja, dia sudah untung minimal $7975 jika dirupiahkan Rp 108.539.750 ($1 = Rp 13,610). Itu kita hanya ndesain saja tanpa memikirkan percetakan, pengiriman kaosnya.

Bagaimana? Tertarik? Jika kamu punya skill dan feel desain yang mumpuni cara ini patut dicoba ya…

12. Buat dan Jualan Template Website (HTML/CMS)
Oke selanjutnya kita bahas bagi yang punya skill ngoding, salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Sekarang ini memang kebutuhan akan sebuah template itu sangat meningkat. Bagaimana tidak? Sekarang perkembangan internet begitu pesat sekali, otomatis website itu bukan menjadi barang yang wah lagi, daaan… kebutuhan akan punya website yang bagus itu juga meningkat.

Disinilah peluang dapat kita ambil. Karena apa? Banyak orang yang tidak bisa ngoding! Karena itulah ini menjadi salah satu peluang yang sangat terbuka lebar. Kita bisa membuat template baik template dalam bentuk HTML saja atau sudah di konversi ke CMS misalkan wordpress ataupun blogspot.

Saya sarankan sih untuk membuat template yang sudah dikonversi ke CMS, karena jika masih dalam HTML saja maka orang tetap membutuhkan skill ngoding meskipun hanya HTML dan CSS dasar saja.

Rata-rata template yang dijual itu berharga 30an dollar, paling murah standardnya 10 dollar. Tapi dengan kualitas template yang mumpuni rata-rata dijual 50an dollar, paling mahal untuk template web dengan license reguler sekitar 70an dollar.

Untuk license tergantung dengan penjualnya, kalau dijual di marketplace khusus seperti themeforest dan sejenisnya biasanya memiliki license reguler, ya intinya dengan harga yang ditetapkan kita hanya bisa menginstall di 1 domain / 1 client saja.

Tapi, kalau dijual sendiri biasanya license itu unlimited, jadi kita bebas untuk menggunakan berapapun domain asal itu milik kita. Tapi, ada juga yang membebaskan sebebas-bebasnya, kita bisa menginstall di template client, dijual ulang, atau yang lainnya.

Bagaimana membuat template yang menarik itu? Memang, skill ngoding tak menjamin membuat template yang bagus karena itu sudah ke ranah desainer. Tips agar template yang kita jual itu menarik paling tidak seperti berikut ini :

1)      Sesuai dengan market, artinya apa? Kalau kita jual di market luar otomatis style desain juga harus sesuai dengan style mereka, kalau dijual di Indonesia ya sesuai dengan style Indonesia.
2)      Desain unik, akhir-akhir ini trend web design adalah one page design (satu halaman). Desain simple sih, tapi sadarkah? Kalau sekarang ini design web stuck disana aja? Kalau jaman dulu dengan fariasi adobe flash malah desainnya unik-unik meskipun berat.
3)      Sesuai dengan standard, yang saya maksud adalah kualitas kode yang kita buat harus sesuai dengan trend. Jika sekarang sudah menggunakan HTML 5 ya jangan gunakan HTML 4, gunakan juga CSS3, javascript, dll.
4)      Web ringan, salah satu alasan orang gemar mengunjungi suatu web karena web itu ringan dan tidak berat. Karena itulah buat template yang ringan, buat kompresi javascript, css dengan tingkat terendah.

Mungkin itu sih 4 kriteria umum agar template kita laku dipasaran. Tapi syarat mutlak tetap 1, sesuaikan dengan market pasar yang kita tuju. Kalau di Indonesia, karena orangnya masih awam buat template yang mudah digunakan. Kalau perlu build in dengan plugin-plugin yang ada biar tidak ribet saat instalasinya.

13. Membuat dan Menjual Tools / Aplikasi (Desktop/Web/Mobile)
Selain membuat template, jika kamu hobi ngoding maka bisa membuat sebuah tools atau aplikasi. Tools ini adalah tools yang biasa digunakan oleh orang lain. Bagaimana cara membuatnya?

Yang jelas kamu bisa ngoding, kalau tidak silahkan cari partner yang jago ngoding. Setelah itu risetlah apa yang sebenarnya orang butuhkan. Misal, sekarang jamannya sosial media, seperti facebook, google plus, instagram, dll.

Nah, mengapa tak membuat tools untuk optimasi sosial media seperti itu? Misal, kamu bisa boot tools untuk facebook dengan fitur seperti ini :

1)      Grab User ID
2)      Auto Add Friend
3)      Auto Delete Message
4)      Auto Delete Friend Non Active
5)      Auto Like
6)      Auto Post

Dan fitur-fitur menarik lainnya, kalau kamu teliti ada buanyak sekali ide yang dapat kamu buat yang berhubungan dengan tools-tools optimasi sosial media.

Selain tools untuk optimasi sosial media kita juga bisa membuat aplikasi baik berbasis web atau desktop untuk keperluan usaha sehari-hari. Misalkan, aplikasi manajemen karyawan (HRD), aplikasi untuk optimasi toko online seperti fitur list karyawan, list konsumen, dll.

Pokoknya kalau anda rajin risset pasar akan banyak tools yang dibutuhkan.

14. Premium Membership
Tau premium membership? Ya konsep dasarnya seperti kita berlangganan koran, tiap bulan kita mbayar uang koran dan tiap pagi petugas antar koran datang mengirim korannya.

Konsepnya sih seperti itu, nah dalam membuat membership kita tentu saja membutuhkan website. Nah apa saja yang dapat kita jadikan membership?

Salah satu idenya adalah kita menjual tools, template, artikel, atau produk digital apapun yang bersifat PLR atau berlicense CC alias Creative Common sehingga kita dengan bebas menjual kembali produk tersebut.

Konsep ini sama seperti yang dibuat oleh indomembership.com dimana mematok biaya bulanan dengan imbalan kita mendapatkan ratusan giga tools, template, dll yang berhubungan dengan internet marketing.

Ide lain adalah, kita bisa membuat website informasi. Dimana ada versi gratis dan berbayar, jika yang gratis maka akan disuguhi banyak iklan dan artikelnyapun terbatas. Jika mereka membayar maka semua iklan akan dimatikan dan akan bisa mengakses informasi lebih lengkap.

15. Jualan Domain dan Hosting
Kalau yang pertama tadi adalah jualan aged domain, maka kali ini kita akan jualan domain dan hosting.

Ya, kita bisa buat perusahaan kecil-kecilan seperti idwebhost ataupun niagahoster walaupun belum sebesar mereka. Nah bagaimana kita jualannya?

Cara paling gampang adalah kita membeli dedicated server kemudian menjualnya kembali. Dimana bisa membelinya? Ya di perusahaan-perusahaan hosting besar-besar seperti hawkhost, hostgator, atau yang lokal ya seperti niagahoster dan idwebhost tadi.

Disana akan ada paket reseller baik untuk domain dan hosting. Nah, tinggal pilih deh paket mana yang akan diambil.

16. Menjadi Affiliate Marketer
Apa itu affiliate marketing? Affiliate marketing adalah salah satu cabang di bisnis online dimana tugas kita itu menjualkan barang milik orang lain melalui link affiliate milik kita. Masih bingung? Baca pembahasan saya disini.

Tapi, untuk memulai bisnis affiliate itu tidak mudah. Pastinya, membutuhkan modal yang tidak sedikit kalau ingin optimal. Karena konsep affiliate itu adalah Cost Per Action. Ya sama seperti orang dagang, kalau tidak jualan ya tidak dapat uang.

Berbeda dengan adsense, asal kita buat website yang banyak artikel, tertarget, kita bisa jadikan passive income meskipun tidak pernah kita urus lagi. (Baca : Peluang Bisnis Google Adsense)

17. Menulis dan Menerbitkan E-Book
Ingin menjadi penulis? Sekarang sudah tidak sulit seperti dulu. Kalau dulu kita harus menghubungi pihak percetakan untuk mencetak tulisan kita, tapi kalau sekarang kita bisa menjadi self-publisher.

Ya, kita bisa menulis seperti yang kita mau lalu kita bisa share gratis ataupun berbayar di internet. 

Dimana kita bisa menshare atau menjualnya? Cara paling gampang adalah lewat Google Playstore.

18. Menjadi Blogger Expert (Publisher)
Salah satu yang sangat populer adalah menjadi seorang blogger profesional. Apa itu?

Nah, blogger professional itu adalah seseorang yang menjadikan blogger itu sebagai pekerjaan bukan hanya sekedar hobi. Tahu raditya dika? Mbak Ollie? Atau Iwan banaran?

Nah, mereka adalah salah satu contoh orang-orang yang sukses berkarir lewat blognya. Raditya dika sukses dalam membuat blog yang berisi artikel jenaka, sedangkan iwan banaran sukses membuat blog yang berisi artikel otomotif lengkap.

Lalu, bagaimana cara mereka mendapatkan uang? Kalau raditya dika dia menerbitkan artikel-artikel, sedangkan iwan banaran berasal dari sponsor-sponsor yang menitipkan iklannya di blognya. Pada awalnya blog iwan banaran itu “hanya” menggunakan domain gratisan yaitu iwanbanaran.wordpress.com.

Mengapa dia bisa sesukses itu? Karena PASSION! Ya dia menulis dengan sangat totalitas, artikel berkualitas,, karena memang sesuai dengan hobinya. Karena itulah kalau ingin menjadi blogger expert tentukan dulu apa passion kalian?

19. Membuat Kursus Online
Lo apa bedanya dengan jualan tutorial? Menurut saya pribadi kalau jualan tutorial itu ya sekedar jualan panduan saja. Sama seperti kita membeli tutorial di toko-toko buku dalam bentuk DVD, yasudah kita beli dan kita tonton videonya.

Tapi, kalau kita kursus didalamnya ada interaksi bukan? Nah kita terapkan konsep itu kedalam kursus online. Jadi, tiap minggu ada update materi, ada interaksi antara instruktur dengan yang mengambil kursus.

Interaksinya bisa dengan banyak cara misal dengan email, chat facebook, atau yang lainnya.

20. Buka Agency Jasa
Tidak punya skill untuk dijual? Tapi punya keahlian dalam marketing atau penjualan? Mengapa tidak membuka agency jasa saja?

Bagaimana membukanya? Tentu saja pada awal-awal kita tentukan dulu kita mau membuka jasa apa? Misal nih jasa penulis konten. Lalu, kita rekrut deh mahasiswa-mahasiswa yang butuh uang untuk menjadi content writer kita.

Lalu darimana kita dapat untung? Misal harga jual artikel adalah 10.000/artikel. Kita bisa mengambil untung 2.000/artikel. Kalau yang mesan 100 artikel sudah 200.000 bukan kita untung? Kan lumayan itu.

Atau kita bisa membuka jasa lain, terserah sesuai dengan apa yang kita inginkan.

21. Membuka Jasa Penerjemah (Translator)
Punya kemampuan bahasa asing yang bagus? Mengapa tidak coba menjadi translator?

Translator dewasa ini sangat dibutuhkan karena memang arus informasi yang semakin cepat maka dibutuhkan pula translator-translator yang handal untuk menerjemahkan informasi bahasa asing ke bahasa Indonesia.

50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan

Yang jadi problem adalah darimana kita mendapatkan client ? Jawabannya kita bisa menggunakan forum-forum seperti ads.id, ada banyak orang yang butuh translate ke bahasa-bahasa international seperti bahasa inggris, jerman, italia atau yang lain.

Atau kita juga bisa mencari di website freelancer.co.id, disana ada buanyak sekali sub-sub kategori yang dapat dipilih sesuai dengan skill kita.

22. Menjadi Virtual Asisten
Istilah ini sangat tidak familiar ya? eittsss.. Tapi ini sudah menjadi hal umum di luar sana, asisten virtual ini sama seperti asisten pribadi tugasnya cuman secara virtual alias online.
Gampangnya sih ini seperti aplikasi halo diana jadi tugas kita ya mengatur jadwal, dan mengatur segalanya sampai mengurus pembelian tiket pesawat, booking hotel, dll. Ya lengkap seperti assiten pribadi lah.

Berapa gajinya? Kalau rata-rata sih sekitar $10/jam dengan total kerja 6-8 jam per hari. Sangat besar bukan? Sehari kita bisa mendapatkan $60-$80, jika kita tinggal di Indonesia gaji segitu per hari sudah sangat tinggi sekali.

24. Menjadi Copywriter
Kalau kamu sudah terbiasa dengan dunia bisnis pasti tidak asing dengan istilah Copywriting bukan?
Copywriting adalah teknik marketing dimana kita “dituntut” untuk membuat sebuah kalimat penawaran yang menarik dan meningkatkan kemungkinan closing atas sebuah produk.

Mengapa ini mahal? Ya karena Copywriting itu bisa dikatakan “ujung tombak” di dunia marketing. Kalau copywritingnya jelek maka mana laku produk kita bukan?

50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan


Diatas adalah contoh iklan mie sedap. Bagus bukan? Nah itu adalah perpaduan antara copywriting (teks) yang indah dengan desain yang menarik. Dengan kombinasi yang kuat maka iklan akan lebih tersampaikan ke konsumen, dan efeknya? Ya tingkat klosing (penjualan) akan meningkat!

24. Jasa Content Writer (Penulis Artikel)
Jasa yang tak kalah mentereng adalah menjadi penulis artikel. Sekarang ini ada banyak portal-portal web yang muncul dan pastinya membutuhkan penulis-penulis handal didalamnya.

Jika kamu hobi nulis tidak masalah membuka jasa penulis artikel. Berapa bayarannya?

Yang paling murah adalah Rp 2000/100 kata, jika 500 kata maka Rp 10.000/artikel, itu yang paling murah ya untuk bahasa Indonesia. Kalau kamu sudah profesional maka bisa dinaikkan 2x dari harga diatas.

Apalagi kalau kamu jago bahasa Inggris maka harganya akan sampai 3x dari artikel bahasa inggris.
Dimana kita bisa mempromosikan jasa? Cara paling gampang adalah di forum ads.id atau di grup-grup internet marketing (google adsense) atau di forum-forum dan sosial media lainnya seperti facebook.

25. Jasa Konsultan
Punya keahlian ? Dan memang sudah ahli? Alias sudah master? Mengapa tidak mencoba menjadi konsultan?

Kita bisa menjadi konsultan online di bidang apa saja lebih-lebih di internet marketing. Jika kamu ahli dalam 1 bidang pasti gampang untuk mencari client.

Menjadi konsultan itu sangat besar gajinya, apalagi konsultan bisnis. Sekali konsultasi saja bisa puluhan bahkan ratusan juta! Asalkan kamu sudah ahli dalam 1 bidang maka apapun bisa kita jadikan sumber pendapatan.

Ahli desain grafis? Bisa jadi konsultan desainer. Ahli sistem analisis? Bisa jadi konsultan analisis sistem. Ahli konstruksi bangunan? Bisa jadi konsultan konstruksi bangunan. Pokoknya semua bisa kita jadikan peluang, asal kita tahu caranya.

26. Jasa Desain Grafis (Graphic Designer)
Lho ini apa bedanya dengan desainer yang diatas?

Kalau diatas tadi kita sudah membuat desain lalu kita jual secara MASSAL. Kalau ini kita made by order. Jadi bukan kita buat lalu jual, tapi ada orang mesan baru kita buat.

50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan


Kalau di Indonesia sendiri memang masih tergolong murah ya malah sangat murah malah. Diluar sana untuk sekali desain itu minimal $50, kalau halaman website 1 halaman saja itu bisa minimal $100, saya pernah ikut kontes ndesain 1 halaman saja saya menang dan dapat hadiah $475! 

Dirupiahkan sekitar 6 juta.

Kalau di Indonesia? Jangan tanya, 50ribu saja itu sudah makai tawar menawar. Itu adalah salah satu kendala menjual di Indonesia, karena profesi desainer masih dianggap “gampang dan murah”.

Solusinya? Ya jangan jual murahan! Kalau skill emang mumpuni jual mahal tidak apa-apa. Kalau tidak laku? Ya jual di luar negeri saja. Pembayaran? Gampang sudah ada paypal dan western union jadi sangat mempermudah kita dalam menerima bayarannya.

Tapi, jika skill masih terbatas tidak masalah kita jual ke orang Indonesia tapi ya itu jangan ngeluh kalau dibayar murah.

27. Jasa Web Development (Pengembang Web)
Jasa ini juga tak kalah profitable, ya karena penetrasi internet semakin meningkat maka kebutuhan akan website terus meningkat.

Sama seperti jasa desainer, di Indonesia jasa pengembang web masih murah. Apalagi kalau ada developer-developer muda yang merusak harga pasar dengan menjual murah. Bahkan ada yang menjual hanya Rp 200.000 sudah include domain dan hosting!

Solusinya bagaimana? Ya kita tingkatkan skill dan jual di level corporate. Kalau tidak kita bisa buat 1 buah website dan kita jual di banyak client. Misal kita buat 1 website sekolah, kemudian kita jual di banyak sekolah. Jadi kita repot 1x, dan kita untung banyak.

Tapi, kalau kita main di level corporate akan sangat bertolak belakang. Bisa website yang kita jual itu minimal 10 juta, atau rata-rata 60 juta keatas.

Tapi ya itu kalau kita bisa menembus channel tersebut kalau tidak bisa? Ya kita jual aja di level menengah kebawah dengan harga jual 1 – 2 juta per website.

28. Jasa Software Development
Punya keahlian ngembangin software? Ini juga profitable loooo, banyak orang yang membutuhkan jasa pengembang software atau piranti lunak.

Nah, ada banyak sekali celah yang bisa kita buat di jasa pengambang software ini. Misal contoh paling sederhana kita membuat software kasir, atau software yang mengatur penjualan sebuah produk.

Atau… Jika pandai web juga bisa dikolaborasikan yaitu dengan membuat software untuk internet marketing, misal untuk auto add friend, grab USER ID, dll.

Untuk harganyapun bisa dikatakan cukup mahal, untuk aplikasi software sederhana saja bisa 4juta/ proyek. Lumayan bukan? Apalagi untuk mahasiswa, untuk mengisi waktu luang tak ada salahnya bukan untuk membuat sebuah software?

29. Jasa Mobile Development
Dibanding dengan software desktop dan web, mobile development bisa dikatakan “paling muda” karena memang penetrasi mobile baru booming 5 tahun terakhir.

Tapi… Perkembangannya juga tak kalah pesat dengan web dan desktop development. Harganyapun juga tak kalah fantastis.

Teman saya saja dapat proyek aplikasi sederhana untuk pengembangan daerah bisa mencapai 60juta! Rata-rata aplikasi mobile memang dijual diatas 10 juta!

Nilai yang tak sedikit bukan?

Dalam mobile development ada istilah native application dan hybrid application. Kalau native itu kita pure develop untuk 1 OS, misal khusus untuk Android sendiri, iOS sendiri. Kalau Hybrid kita buat 1 aplikasi dan dicompile ke berbagai OS Mobile.

Mana yang lebih baik? Yang lebih baik ya yang paling efektif saja. Itu semua tergantung sama tipe kamu mana yang kamu suka.

30. Jasa Search Engine Optimization (SEO)
SEO sekarang ini memang semakin berkembang pesat dan menjadi salah satu cabang internet marketing utama.

Dalam pemasaran online saya biasa membagi menjadi banyak tipe, lihat gambar berikut :

50 Peluang Bisnis Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah Untung Jutaan

Buanyak sekali bukan? Nah salah satunya adalah SEO dan dalam bagan itu SEO yang paling kompleks. Karena itulah jasa SEO itu mahal!

Berapa harga jasa SEO itu? Harga SEO itu ditentukan berdasarkan kata kunci yang dibidik. Paling murah ya sekitar 1juta/kata kunci. Tapi, rata-rata jasa SEO itu 3juta/bulan selama 6 bulan jadi sekitar 18jutaan.

Kalau kata kunci yang dibidik lebih sulit maka akan semakin mahal pula, sampai ratusan juta rupiah malahan! Karena memang SEO itu tidak mudah.

Sekian dulu yang saya sampaikan semoga bermanfaat, Di artikel selanjutnya saya akan meneruskannya, sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Wassalamualaikum Wr.Wb

0 Komentar