7 Tips Cara Mudah Membuat Strategi Marketing
Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat datang di artikel saya, Pada kesempatan kali
ini saya akan membahas 7 Tips Cara Mudah
Membuat Strategi Marketing. Langsung aja baca artikel di bawah ini :
7 Tips Cara Mudah Membuat Strategi Marketing
Cara
Membuat Strategi Marekting – Ketika sedang berperang agar
bisa mendapatkan kemenangan kita memerlukan strategi yang pas dan sesuai dengan
keadaan kita. Seperti misalnya strategi perang gerilya untuk mengatasi musuh
dengan jumlah pasukan dan senjata yang minimal. Strategi gerilya yang
menggunakan pola serangan diam-diam dan mendadak lebih efektif ketimbang
strategi penyerangan terbuka, jika dalam kondisi pasukan dan persenjataan yang
kalah jumlah dengan musuh. Dengan adanya strategi ini pola serangan, tujuan dan
persenjataan dapat digunakan secara efektif mengalahkan musuh.
Hampir sama dengan
perang, bisnis juga memerlukan strategi agar apa yang ditawarkan dapat memenuhi
kebutuhan konsumen. Bentuk bisnis yang bermacam – macam memerlukan strategi
pemasaran yang berbeda-beda juga. Sehingga diperlukan strategi marketing yang
pas agar pemasaran efektif. Sebuah strategi pemasaran yang baik pada umumnya
diawali dengan mempertimbangkan dengan baik informasi yang terkandung dalam
strategi pemasaran. Tentu saja hal ini agar dapat membantu menentukan tujuan
visi, misi dan bisnis yang kita lakukan sekaligus langkah-langkah apa saja yang
diperlukan untuk dapat mencapai hal tersebut.
Karena itu strategi
pemasaran sangat mempengaruhi bagaimana kita menjalankan bisnis sehingga perlu
dibahas dengan baik “bagaimana-bagaimana” nya. Selain itu strategi pemasaran
juga merupakan alat perencanaan jangka panjang yang menggambarkan bisnis,
produk dan layanan yang kita berikan, menjelaskan posisi dan peran produk dan
jasa di pasaran, siapa saja pelanggan dan pesaing kita, mengidentifikasi taktik
pemasaran yang akan digunakan dan juga memungkinkan kita untuk membangun sebuah
rencana pemasaran dan mengukur kefektifitasannya.
Sekedar informasi
strategi pemasaran berbeda dengan dengan rencana pemasaran atau marketing plan.
Strategi pemasaran menggambarkan secara umum bagaimana arah dan tujuan dalam
bisnis kita sedangkan marketing plan atau rencana pemasaran menggambarkan
secara spesifik apa saja yang perlu kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut
(Baca lebih lanjut : Apa Itu Marketing Plan?).
Menulis Strategi Pemasaran
Dengan menulis strategi
pemasaran anda akan membantu dalam membangun reputasi yang kuat untuk produk
yang anda tawarkan. Selain itu dengan menuliskannya akan membantu anda untuk
menargetkan produk dan jasa kepada orang-orang yang paling mungkin membelinya.
Berikut ini beberapa
tips membuat strategi pemasaran dengan beberapa komponen penting didalamnya
agar dapat membantu anda membuat investasi pemasaran yang besar, pemasaran yang
tetap terfokus dan mengukur serta meningkatkan hasil penjualan anda tentunya.
Tentukan tujuan bisnis anda
Untuk membuat strategi
pemasaran yang berhasil anda perlu menentukan tujuan menyeluruh anda sehingga
anda dapat menentukan seperangkat tujuan pemasaran untuk mendukung hal
tersebut. Tujuan bisnis anda bisa saja seperti meningkatkan popularitas produk
dan jasa yang anda tawarkan, menjual lebih bnyak produk dari supplier tertentu
atau meningkatkan cakupan segmen pembeli yang baru.
Membuat tujuan sama
saja seperti anda menetapkan sebuah target sehingga anda dapat mengukur sendiri
apa saja yang telah anda lakukan untuk mendaptkan target tersebut. Untuk
membuat tujuan bisnis anda perlu diperhatikan kriteria SMART berikut:
·
Specific (rinci) – Tentukan secara jelas
apa yang ingin dicapai
·
Measureable (terukur) – Mengatur
langkah-langkah yang nyata sehingga hasilnya dapat terukur
·
Achiveable (dapat dicapai) – Tentukan
hal yang sesuai dengan kapasitas kemampuan dan biaya
·
Relevant (sesuai) – Tentukan hal yang
dapat meningkatkan aspek lain dalam bisnis anda
·
Time-bound (terikat waktu) – Tentukan
hal yang dapat anda capai dengan batas waktu yang anda butuhkan untuk
mendapatkannya.
Lakukan Riset Pasar
Melakukan riset pasar
merupakan bagian penting dari strategi pemasran. Karena dari riset tersebut
anda bisa mendapakan informasi terkait pasar anda seperti ukuran, pertumbuhan,
tren dan demografi (statistik pembeli seperti usia, jenis kelamin dan tipe
keluarga) sosialnya. Sehingga anda dapat mengatasi perubahan yang terjadi
didalam pasar dengan strategi pemasaran yang pas.
Ketahui Siapa Pelanggan Potensial Anda
Melalui riset pasar
anda akan mengetahui profil pelanggan yang anda targetkan dan kebutuhan yang
dicari oleh mereka. Selain itu dari profil tersebut anda dapat menemukan pola
pembelian mereka seperti bagaimana mereka membeli, dimana dan apa saja yang
yang mereka beli. Tentu saja anda perlu update terhadap tren yang digandrungi
pembeli anda agar tidak melewatkan kesempatan atau apa yang anda promosikan
tidak sesui dengan tren yang ada. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga hubungan
anda dengan pelanggan yang lama ketika mencari target pasar yang baru.
Ketahui Siapa Pesaing Anda
Selain mengetahui siapa
pelanggan anda, tentu saja anda harus tahu siapa pesaing anda mulai dari produk
apa saja yang mereka jual, darimana mereka mendapat pasokan barang serta harga
dan strategi pemasaran mereka. Dengan menggunakan informasi tersebut anda dapat
menentukan keunggulan yang anda miliki yang membuat bisnis anda berbeda dari
pesaing anda. Anda juga dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam
pengelolaan bisnis anda sehingga kinerja anda dapat meningkat lebih baik dari
pesaing anda.
Kembangkan Strategi untuk Mendukung Pemasaran
Buatlah daftar target
pasar anda kemudian susun cara yang mampu untuk menarik perhatian dan membuat
mereka bertahan. Seperti memberikan contoh hasil dari produk anda dapat menarik
perhatian anak-anak muda terhadap produk anda. Dengan strategi pemasaran yang
sesuai dapat meningakatkan keberhasilan anda misalnya secara teratur mengupdate
barang dan jasa yang anda tawarkan melalui Facebook atau Twitter; membuat iklan
di majalah gaul untuk target anak muda; dan menawarkan diskon untuk pelajar.
Gunakan “Marketing 7Ps”
Identifikasikan cara
pada marketing mix anda menggunakan Marketing 7Ps. Dengan menggunakan kombinasi
marketing yang tepat terkait Product(produk), Price(harga), Place(tempat),
People(orang), Process(Proses) dan Proof(bukti), strateg pemasaran anda akan
semakin berhasil.
Mencoba Ide-ide Anda
Ketika menentukan cara
yang pas, lakukanlah beberapa riset online kemudian ujilah beberapa ide dan
pendekatan pada pelanggan dan tim anda setelah itu catat ide dan pendekatan
mana yang berhasil.Anda memerlukan beberapa cara yang berbeda untuk memenuhii
kebutuhan pelanggan, memenuhi target pasar dan meningkatkan hasil penjualan
anda.
Nah itu tadi beberapa tips cara mudah membuat
strategi marketing. Bagaimana? mudahkan? semoga bisa bermanfaat bagi anda.
Terima kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Posting Komentar untuk "7 Tips Cara Mudah Membuat Strategi Marketing"