8 Tips Cara Mudah Membuat Strategi Marketing
Assalamualaikum
Wr.Wb
Selamat datang di artikel saya, Pada kesempatan kali
ini saya akan membahas 4 Tips Cara Mudah Membuat Strategi Marketing, artikel selanjutnya
saya akan membahas 4 Tips, langsung aja baca artikel di bawah ini…
1.
Menulis
Strategi Pemasaran
Dengan menulis strategi pemasaran anda akan
membantu dalam membangun reputasi yang kuat untuk produk yang anda
tawarkan. Selain itu dengan menuliskannya akan membantu anda untuk
menargetkan produk dan jasa kepada orang-orang yang paling mungkin membelinya.
Berikut ini beberapa tips membuat strategi
pemasaran dengan beberapa komponen penting didalamnya agar dapat membantu
anda membuat investasi pemasaran yang besar, pemasaran yang tetap terfokus
dan mengukur serta meningkatkan hasil penjualan anda tentunya.
2.
Tentukan Tujuan Bisnis Anda
Untuk membuat strategi pemasaran yang berhasil
anda perlu menentukan tujuan menyeluruh anda sehingga anda dapat menentukan
seperangkat tujuan pemasaran untuk mendukung hal tersebut. Tujuan bisnis anda
bisa saja seperti meningkatkan popularitas produk dan jasa yang anda tawarkan,
menjual lebih bnyak produk dari supplier tertentu atau meningkatkan cakupan
segmen pembeli yang baru.
Membuat tujuan sama saja seperti
anda menetapkan sebuah target sehingga anda dapat mengukur sendiri apa saja
yang telah anda lakukan untuk mendaptkan target tersebut. Untuk
membuat tujuan bisnis anda perlu diperhatikan kriteria SMART berikut:
·
Specific (rinci) – Tentukan secara
jelas apa yang ingin dicapai
·
Measureable (terukur) – Mengatur
langkah-langkah yang nyata sehingga hasilnya dapat terukur
·
Achiveable (dapat dicapai) –
Tentukan hal yang sesuai dengan kapasitas kemampuan dan biaya
·
Relevant (sesuai) – Tentukan hal
yang dapat meningkatkan aspek lain dalam bisnis anda
·
Time-bound (terikat waktu) –
Tentukan hal yang dapat anda capai dengan batas waktu yang anda butuhkan untuk
mendapatkannya.
3.
Lakukan Riset Pasar
Melakukan riset pasar merupakan
bagian penting dari strategi pemasran. Karena dari riset tersebut anda bisa
mendapakan informasi terkait pasar anda seperti ukuran, pertumbuhan, tren dan
demografi (statistik pembeli seperti usia, jenis kelamin dan tipe keluarga)
sosialnya. Sehingga anda dapat mengatasi perubahan yang terjadi didalam pasar
dengan strategi pemasaran yang pas.
4. Ketahui
Siapa Pelanggan Potensial Anda
Melalui riset pasar anda akan mengetahui profil
pelanggan yang anda targetkan dan kebutuhan yang dicari oleh mereka. Selain itu
dari profil tersebut anda dapat menemukan pola pembelian mereka seperti
bagaimana mereka membeli, dimana dan apa saja yang yang mereka beli. Tentu saja
anda perlu update terhadap tren yang digandrungi pembeli anda agar tidak
melewatkan kesempatan atau apa yang anda promosikan tidak sesui dengan tren
yang ada. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga hubungan anda dengan pelanggan
yang lama ketika mencari target pasar yang baru.
Sekian materi yang saya sampaikan, semoga bermanfaat, jangan
lupa baca artikel selanjutnya J
Wassalamualaikum
Wr.Wb
Posting Komentar untuk "8 Tips Cara Mudah Membuat Strategi Marketing"