Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat datang di artikel saya, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas 4 Tips Cara Mudah Membuat Strategi Marketing, artikel selanjutnya saya akan membahas 4 Tips, langsung aja baca artikel di bawah ini…

1.     Menulis Strategi Pemasaran

Dengan menulis strategi pemasaran anda akan membantu dalam membangun reputasi yang kuat untuk produk yang anda tawarkan. Selain itu dengan menuliskannya akan membantu anda untuk menargetkan produk dan jasa kepada orang-orang yang paling mungkin membelinya.

Berikut ini beberapa tips membuat strategi pemasaran dengan beberapa komponen penting didalamnya agar dapat membantu anda membuat investasi pemasaran yang besar, pemasaran yang tetap terfokus dan mengukur serta meningkatkan hasil penjualan anda tentunya.

2.     Tentukan Tujuan Bisnis Anda

Untuk membuat strategi pemasaran yang berhasil anda perlu menentukan tujuan menyeluruh anda sehingga anda dapat menentukan seperangkat tujuan pemasaran untuk mendukung hal tersebut. Tujuan bisnis anda bisa saja seperti meningkatkan popularitas produk dan jasa yang anda tawarkan, menjual lebih bnyak produk dari supplier tertentu atau meningkatkan cakupan segmen pembeli yang baru.

Membuat tujuan sama saja seperti anda menetapkan sebuah target sehingga anda dapat mengukur sendiri apa saja yang telah anda lakukan untuk mendaptkan target tersebut. Untuk membuat tujuan bisnis anda perlu diperhatikan kriteria SMART berikut:
·         Specific (rinci) – Tentukan secara jelas apa yang ingin dicapai
·         Measureable (terukur) – Mengatur langkah-langkah yang nyata sehingga hasilnya dapat terukur
·         Achiveable (dapat dicapai) – Tentukan hal yang sesuai dengan kapasitas kemampuan dan biaya
·         Relevant (sesuai) – Tentukan hal yang dapat meningkatkan aspek lain dalam bisnis anda
·         Time-bound (terikat waktu) – Tentukan hal yang dapat anda capai dengan batas waktu yang anda butuhkan untuk mendapatkannya.
3.     Lakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar merupakan bagian penting dari strategi pemasran. Karena dari riset tersebut anda bisa mendapakan informasi terkait pasar anda seperti ukuran, pertumbuhan, tren dan demografi (statistik pembeli seperti usia, jenis kelamin dan tipe keluarga) sosialnya. Sehingga anda dapat mengatasi perubahan yang terjadi didalam pasar dengan strategi pemasaran yang pas.

4.      Ketahui Siapa Pelanggan Potensial Anda

Melalui riset pasar anda akan mengetahui profil pelanggan yang anda targetkan dan kebutuhan yang dicari oleh mereka. Selain itu dari profil tersebut anda dapat menemukan pola pembelian mereka seperti bagaimana mereka membeli, dimana dan apa saja yang yang mereka beli. Tentu saja anda perlu update terhadap tren yang digandrungi pembeli anda agar tidak melewatkan kesempatan atau apa yang anda promosikan tidak sesui dengan tren yang ada. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga hubungan anda dengan pelanggan yang lama ketika mencari target pasar yang baru.


Sekian materi yang saya sampaikan, semoga bermanfaat, jangan lupa baca artikel selanjutnya J

Wassalamualaikum Wr.Wb



0 Komentar