Fungsi dan Tujuan Strategi Pemasaran
Assalamualaikum
Wr.Wb
Hai guys selamat datang di artikel saya, pada
kesempatan kali ini saya akan membahas Apa
Fungsi dan Tujuan Strategi Pemasaran ? Langsung aja baca artikel di bawah
ini :
Apa
Fungsi dan Tujuan Strategi Pemasaran ?
Tujuan
Strategi Pemasaran – Dalam dunia usaha strategi ataupun
taktik sangat multak diperlukan untuk menunjang kemajuan perusahaan.
Strategi-strategi itu dapat mencakup banyak hal, misalkan strategi produksi
guna meminimalisir cost atau pengeluaran perusahaan. Ada juga strategi
marketing atau strategi pemasaran. Apa
itu strategi marketing?
Pengertian
strategi pemasaran atau marketing adalah usaha untuk mengarahkan dan menciptakan suatu
standard tertentu dalam kehidupan masyarakat.
Logika sederhananya
adalah, kita membentuk standard baru yang sebelumnya belum ada atau mengubah
standard lama dengan standard baru yang kita tawarkan. Misalkan, Apple dengan
iPhonenya menjadi standard untuk setiap smartphone kelas premium.
Lalu apa tujuan strategi pemasaran barang atau jasa tersebut?
Tentunya banyak sekali tujuan untuk mengembangkan strategi pemasaran untuk
pengembangan perusahaan kedepannya. Berikut ini beberapa peranan atau fungsi strategi pemasaran barang dan jasa :
1. Meningkatkan
motivasi untuk berpikir jauh ke depan. Berfikir out of the box memang sangat
diperlukan untuk menjaga ritme, ataupun kelangsungan perusahaan. Sesekali
jangan terus mengikuti ritme pasar, tetapi coba untuk menggebrak pasar dengan
sesuatu yang baru.
2. Koordinasi
pemasaran yang lebih efektif dan terarah. Sesuatu kalau tidak memiliki tujuan
ataupun strategi pastinya akan berjalan dengan berantakan. Dengan adanya
strategi pemasaran akan membuat koordinasi tim menjadi jauh lebih baik serta
terarah.
3. Dapat
merumuskan tujuan/goal perusahaan yang akan dicapai. Dengan bantuan strategi
ini, wirausahawan dapat terbantu untuk lebih mendetailkan tujuan apa yang ingin
perusahaan capai. Baik jangka panjang ataupun jangka pendek.
4. Pengawasan
kegiatan pemasaran lebih efektif atas standard prestasi kerja. Tentunya dalam
hal pemasaran perlu diawasi setiap anggota tim untuk peningkatan mutu ataupun
kualitas.
Itu tadi adalah
4 fungsi staregi pemasaran. Lalu apa tujuannya dibentuk strategi
pemasaran itu?
Berikut ini adalah tujuan strategi pemasaran barang
dan jasa :
1. Peningkatan
kualitas koordinasi dalam tim pemasaran
2. Mengukur
hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku
3. Memberikan
dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan
4. Mampu
meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika ada perubahan-perubahan dalam
pemasaran.
Itu tadi adalah pembahasan tentang tujuan dan fungsi strategi pemasaran.
Semoga cukup bisa membantu Anda untuk peningkatan mutu serta kinerja
perusahaan. Jangan lupa baca artikel selanjutnya yaa...
Wasalamualaikum
Wr.Wb
Posting Komentar untuk "Fungsi dan Tujuan Strategi Pemasaran"