Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Marketing Department, Key Of Marketing and Selling

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat datang kembali di artikel saya, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Marketing Department, Key Of Marketing and Selling. Langsung aja baca artikel di bawah ini :

Marketing Department, Key Of Marketing and Selling

Peran Marketing Department – Keberhasilan dari Markteing sangat ditentukan dengan kerjasama tim dari berbagai bagian. Banyak sekali interaksi yang terjadi karena setiap pekerjaannya saling berhubungan. Setiap divisi dalam marketing ini bekerja dalam naungan marketing departement. Nah untuk lebih jelas mengenai departemen pemasaran akan diulas dalam artikel ini. Selamat menyimak.


Pengertian Marketing Department

Dari segi bahasa department berasal dari kata part yang berarti bagian, sedangkan marketing yang sama-sama kita ketahui berasal dari kata market yang artinya pasar. Jadi departemen pemasaran adalah bagian dalam perusahaan yang menangani marketing dari berbagai produk yang ditawarkan.

Dari yang dikutip dalam website cleverism.com, Departemen pemasaran adalah kunci dalam melakukan pemasaran dan penjualan dari sebuah perusahaan. Beberapa tim yang ada didalamnya melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Departemen pemasaran membantu bisnis untuk melakukan hal berikut:

·         Membangun hubungan dengan pelanggan
·         Memahami pelanggan
·         Menghasilkan pendapatan
·         Dan masih banyak yang lainnya.

Bagian Dalam Marketing Department

Seperti yang disebutkan sebelumnya departemen pemasaran terdiri dari beberapa elemen yang menggerakkan marketing dalam perusahaan. Pada umumnya marketing department tersusun dari beberapa elemen berikut ini :

  Ø Chief Marketing Officer

             CMO adalah orang yang berada di puncak piramida dan bertanggung jawab atas departemen                pemasaran. Tanggung jawab CMO terletak pada pengambilan keputusan dalam proses                          pengembangan strategi pemasaran utama, serta menjalankan departemen pemasaran.
  
  Ø Direktur Pemasaran
Pada bagian ini ia bertanggung jawab untuk semua strategi pemasaran yang dibuat dan dilaksanakan. Dengan tugas-tugas nya ini ia membantu CMO perusahaan.

  Ø Vice President Marketing      
Berada dibawah direktur pemasran VPM bertanggung jawab untuk mengimplementasi strategi pemasaran organisasi. Dia bekerja sama dengan manajer pemasaran dalam menentukan strategi, pesan, dan media yang akan digunakan untuk pemasaran.

  Ø Marketing Manager
Manajer Pemasaran bekerja di bawah wakil presiden pemasaran dan membantu dia dengan pelaksanaan semua strategi pemasaran termasuk membuat pesan atau iklan untuk pemasaran, memilih media menampilkan pesan dll. Seorang manajer pemasaran juga bertanggung jawab untuk mengelola karyawan lain departemen. Baca juga : Arti Menjadi Marketing Management

  Ø Marketing Researcher
Orang-orang ini bertanggung jawab untuk riset dan analisis yang mendorong departemen pemasaran dan panduan strategi pemasaran dengan mencari tahu tentang target pelanggan dan persaingan bisnis.

  Ø Public Relations
Petugas Humas bertugas mengelola reputasi dan goodwill dari perusahaan. Tugasnya adalah untuk menciptakan pemahaman tentang klien dan mencoba untuk mempengaruhi pemikiran dan perilaku mereka. PRO menggunakan manajemen media dan komunikasi untuk membangun profil perusahaan.

  Ø Social Media Expert / Creative Service
Di zaman cyber ini perusahaan sering menggunakan manfaat dari layanan Social Media Expert (SME) dan jasa kreatif. SME bekerja pada pemanfaatan internet dan social media sedangkan tim kreatif mengurus desain dari konten yang disajikan agar menarik.

  Ø Marketing Coordinator
Marketing Coordinator bertanggung jawab untuk melacak data penjualan, menjaga persediaan bahan promosi, perencanaan acara, pembuatan laporan, dll.
  
   Ø  Marketing Assistant
Membantu dan membuat laporan kepada manajer pemasaran untuk membantu berjalannya departemen pemasaran dari hari ke hari. Selain itumelakukan pekerjaan administratif yang diperlukan untuk kelancaran departemen.

TANGGUNG JAWAB DEPARTEMEN PEMASARAN

Departemen pemasaran memiliki tanggung jawab besar untuk membuat bisnis yang layak dan menguntungkan berikut ini beberapa tanggung jawab  departemen pemasranan.

ü  Menerapkan pendekatan customer-centric
ü  Menjaga dengan kompetisi
ü  Branding
ü  Menemukan Mitra yang Tepat
ü  Menjadi kreatif dan inovatif
ü  Berkomunikasi dengan departemen lain
ü  Penganggaran biaya
ü  Menyadari ROI (Return on Investment)
ü  Mengelola Strategi
ü  Mengelola Riset Pasar
ü  Mengelola Event

Dengan demikian kita dapat melihat bahwa departemen pemasaran sangat penting tidak hanya untuk posisi dan mempromosikan produk tetapi juga untuk memberikan informasi penting untuk organisasi tentang semua aspek bisnis.

Ini adalah departemen kunci dari setiap organisasi dan tidak dapat ditiadakan. Bahkan di masa-masa sulit, bisnis tidak dapat melakukan jauh dengan departemen pemasaran.

Di sisi lain, departemen pemasaran menjadi pemain kunci untuk menarik bisnis dari masalah dan meletakkannya kembali pada jalur profitabilitas. Nah itulah tadi sekilas ulasan mengenai marketing department. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat sekian terima kasih.


Wassalamualaikum Wr.Wb

Posting Komentar untuk "Marketing Department, Key Of Marketing and Selling"