Marketing Department, Key Of Marketing and Selling
Assalamualaikum
Wr.Wb
Selamat datang kembali di artikel saya, Pada
kesempatan kali ini saya akan membahas Marketing
Department, Key Of Marketing and Selling. Langsung aja baca artikel di
bawah ini :
Marketing
Department, Key Of Marketing and Selling
Peran
Marketing Department – Keberhasilan dari Markteing sangat
ditentukan dengan kerjasama tim dari berbagai bagian. Banyak sekali interaksi
yang terjadi karena setiap pekerjaannya saling berhubungan. Setiap divisi dalam
marketing ini bekerja dalam naungan marketing departement. Nah untuk lebih
jelas mengenai departemen pemasaran akan diulas dalam artikel ini. Selamat
menyimak.
Pengertian
Marketing Department
Dari segi bahasa
department berasal dari kata part yang berarti bagian, sedangkan marketing yang
sama-sama kita ketahui berasal dari kata market yang artinya pasar. Jadi
departemen pemasaran adalah bagian dalam perusahaan yang menangani marketing
dari berbagai produk yang ditawarkan.
Dari yang dikutip dalam
website cleverism.com, Departemen pemasaran adalah kunci dalam melakukan
pemasaran dan penjualan dari sebuah perusahaan. Beberapa tim yang ada
didalamnya melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Departemen pemasaran membantu bisnis untuk melakukan hal berikut:
·
Membangun hubungan dengan pelanggan
·
Memahami pelanggan
·
Menghasilkan pendapatan
·
Dan masih banyak yang lainnya.
Bagian
Dalam Marketing Department
Seperti yang disebutkan
sebelumnya departemen pemasaran terdiri dari beberapa elemen yang menggerakkan
marketing dalam perusahaan. Pada umumnya marketing department tersusun dari
beberapa elemen berikut ini :
Ø Chief Marketing Officer
CMO adalah orang yang berada di
puncak piramida dan bertanggung jawab atas departemen pemasaran. Tanggung jawab
CMO terletak pada pengambilan keputusan dalam proses pengembangan strategi
pemasaran utama, serta menjalankan departemen pemasaran.
Ø Direktur Pemasaran
Pada bagian ini ia
bertanggung jawab untuk semua strategi pemasaran yang dibuat dan dilaksanakan.
Dengan tugas-tugas nya ini ia membantu CMO perusahaan.
Ø Vice President Marketing
Berada dibawah direktur
pemasran VPM bertanggung jawab untuk mengimplementasi strategi pemasaran
organisasi. Dia bekerja sama dengan manajer pemasaran dalam menentukan
strategi, pesan, dan media yang akan digunakan untuk pemasaran.
Ø Marketing Manager
Manajer Pemasaran
bekerja di bawah wakil presiden pemasaran dan membantu dia dengan pelaksanaan
semua strategi pemasaran termasuk membuat pesan atau iklan untuk pemasaran,
memilih media menampilkan pesan dll. Seorang manajer pemasaran juga bertanggung
jawab untuk mengelola karyawan lain departemen. Baca juga : Arti Menjadi
Marketing Management
Ø Marketing Researcher
Orang-orang ini
bertanggung jawab untuk riset dan analisis yang mendorong departemen pemasaran
dan panduan strategi pemasaran dengan mencari tahu tentang target pelanggan dan
persaingan bisnis.
Ø Public Relations
Petugas Humas bertugas
mengelola reputasi dan goodwill dari perusahaan. Tugasnya adalah untuk
menciptakan pemahaman tentang klien dan mencoba untuk mempengaruhi pemikiran
dan perilaku mereka. PRO menggunakan manajemen media dan komunikasi untuk
membangun profil perusahaan.
Ø Social Media
Expert / Creative Service
Di zaman cyber ini
perusahaan sering menggunakan manfaat dari layanan Social Media Expert (SME)
dan jasa kreatif. SME bekerja pada pemanfaatan internet dan social media
sedangkan tim kreatif mengurus desain dari konten yang disajikan agar menarik.
Ø Marketing
Coordinator
Marketing Coordinator
bertanggung jawab untuk melacak data penjualan, menjaga persediaan bahan
promosi, perencanaan acara, pembuatan laporan, dll.
Ø Marketing
Assistant
Membantu dan membuat
laporan kepada manajer pemasaran untuk membantu berjalannya departemen
pemasaran dari hari ke hari. Selain itumelakukan pekerjaan administratif yang
diperlukan untuk kelancaran departemen.
TANGGUNG
JAWAB DEPARTEMEN PEMASARAN
Departemen pemasaran memiliki tanggung jawab besar
untuk membuat bisnis yang layak dan menguntungkan berikut ini beberapa tanggung
jawab departemen pemasranan.
ü Menerapkan
pendekatan customer-centric
ü Menjaga
dengan kompetisi
ü Branding
ü Menemukan
Mitra yang Tepat
ü Menjadi
kreatif dan inovatif
ü Berkomunikasi
dengan departemen lain
ü Penganggaran
biaya
ü Menyadari
ROI (Return on Investment)
ü Mengelola
Strategi
ü Mengelola
Riset Pasar
ü Mengelola
Event
Dengan demikian kita dapat melihat bahwa departemen
pemasaran sangat penting tidak hanya untuk posisi dan mempromosikan produk
tetapi juga untuk memberikan informasi penting untuk organisasi tentang semua
aspek bisnis.
Ini adalah departemen kunci dari setiap organisasi
dan tidak dapat ditiadakan. Bahkan di masa-masa sulit, bisnis tidak dapat
melakukan jauh dengan departemen pemasaran.
Di sisi lain, departemen pemasaran menjadi pemain
kunci untuk menarik bisnis dari masalah dan meletakkannya kembali pada jalur profitabilitas.
Nah itulah tadi sekilas ulasan mengenai marketing department. Semoga dapat
menambah wawasan dan bermanfaat sekian terima kasih.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Posting Komentar untuk "Marketing Department, Key Of Marketing and Selling"