Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Manajemen PAUD dan Penerapan Aplikasinya

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat datang di artikel saya, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Pengertian Manajemen PAUD dan Penerapan Aplikasinya. Langsung aja baca artikel di bawah ini :

Pengertian Manajemen PAUD dan Penerapan Aplikasinya

Pengertian Manajemen PAUD dan Penerapan Aplikasinya
Manajemen PAUD – Pengertian manajemen PAUD adalah upaya untuk mengatur agar PAUD dapat memberikan pendidikan terbaik bagi peserta didiknya.

Siapa yang tidak ingin anaknya menjadi anak yang pintar dan cerdas? Tentu semua orang tua inginkan yang terbaik untuk anaknnya terutama hal pendidikan. Sekarang banyak sekali kita lihat lembaga pendidikan yang menerima anak usia dini. Misalnya TK, TPA, Kelompok Bermain, dan lain sebagainya.

Diluar negeri seperti di Jepang pendidikan anak usia dini biasanya berisi tentang pembelajaran budi pekerti dan pembiasaan diri. Tujuannya agar anak-anak ini nantinya menjadi pribadi yang baik. Makanya kebanyakan orang Jepang memiliki etos kerja yang luar biasa.

Bagaimana dengan Indonesia? Tidak kalah dengan Jepang, kita juga memiliki berbagai lembaga pendidikan anak usia dini. TK, Kelompok Bermain, Taman Pendidikan Al-quran, Tempat Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis adalah contoh PAUD yang ada di Indonesia.

Lalu bagaimana cara agar PAUD ini dapat berhasil? Nah kita memerlukan adanya manajemen. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai manajemen PAUD mulai dari pengertiannya hingga aplikasi yang tersedia untuk memanajemen data dari kemdikbud. Selamat membaca.

Pengertian Manajemen PAUD

Sebelum mengetahui manajemen PAUD kita harus mengetahui apa itu PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini. Seperti yang dikutip dari wikipedia, PAUD merupakan jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar atau dengan kata lain pendidikan untuk anak hingga umur enam tahun.

PAUD memiliki tujuan utama yaitu membentuk anak Indonesia yang memiliki lima pertumbuhan dan perkembangan. Diantaranya perkembangan moral dan agama, perkembangan fisik ( koordinasi motorik halus dan kasar ), kecerdasan kognitif (daya pikir, daya cipta), sosio emosional (sikap dan emosi), serta bahasa dan komunikasi.

Tujuan lainnya adalah membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya. Jadi anak Indonesia akan memiliki kepribadian dan kemampuan yang baik.

PAUD memiliki ruang lingkup pendidikan berdasarkan umur. Diantaranya infant (0-1 tahun), toddler (2-3 tahun), preschool atau kindergarten children (3-6 tahun), dan early primary school (SD Kelas Awal) (6-8 tahun). Sedangkan untuk lembaga pendidikannya PAUD terdiri dari TK, KB, RA, BA, TPA, dan SPS.

Lalu apa itu manajemen PAUD? manajemen secara umum berarti mengorganisir. Jadi manajemen PAUD bisa diartikan sebagai upaya untuk mengatur agar PAUD dapat memberikan pendidikan terbaik bagi peserta didiknya. Mulai dari mengatur materi, sarana, dan data yang ada dalam PAUD.

Aplikasi Manajemen PAUD

Untuk membantu proses manajemen tersebut, kemdikbud memberikan kemudahan melalui aplikasi yang disediakannya dalam website manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id. Dengan aplikasi ini PAUD bisa mengolah data dan melakukan sinkronisasi bersama dengan data yang ada dari seluruh Indonesia.

Berikut ini beberapa langkah untuk menggunakan aplikasi manajemen paud ini. Pertama lembaga yang termasuk dalam PAUD harus mendaftarkan lembaganya secara online. Setelah itu lembaga akan mendapatakan username dan password untuk memasukan data kedalam aplikasi.

Nah setelah memiliki username dan password sekolah dapat menggunakan aplikasi dengan memasukan data yang diminta. Data yang sudah terdaftar tersebut perlu dilakukan sinkronisasi setiap semesternya agar tetap update. Sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal.

Untuk sinkronisasi bisa kita lakukan dengan dua cara. Cara yang pertama dengan menggunakan menu daftar pengiriman yang tersedia di beranda website. Dalam menu tersebut kita akan diminta mengisi seperti rentang waktu, NPSN, alamat dan status data yang diberikan setelah itu klik tampilkan dan semua data akan ditampilkan.

Cara kedua adalah dengan menggunakan user login. Pada pojok kanan di beranda website terdapat menu masuk sebagai pengguna. Masukan username dan password yang sudah kita miliki dan klik masuk dengan akun dapodik. Setelah itu voila kita bisa melihat dan menggunakan data yang ada untuk disinkronkan.

Nah itulah tadi sedikit mengenai manajemen PAUD. Dengan data-data yang termanajemen tersebut kita bisa menggunakannya agar PAUD memberikan hasil terbaik. Sekaligus membantu pengelola PAUD mengorganisir sekolahnya.

Karena itu saya cukupkan sekian. Apabila ada pertanyaan, kritik dan saran bisa anda sampaikan melalui kotak komentar yang tersedia dibawah. Semoga hal yang sedikit ini dapat bermanfaat dan terima kasih, sampai jumpa diartikel selanjutnya.


Wassalamualaikum Wr.Wb

Posting Komentar untuk "Pengertian Manajemen PAUD dan Penerapan Aplikasinya"