Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sistem Informasi Manajemen, Tujuan, Karakteristik, Penerapannya

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat datang di artikel saya, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Pengertian Sistem Informasi Manajemen, Tujuam, Karakteristik, Penerapannya. Langsung aja baca artikel dibawah ini :

Pengertian Sistem Informasi Manajemen, Tujuan, Karakteristik, Penerapannya

Pengertian Sistem Informasi Manajemen, Tujuan, Karakteristik, Penerapannya
Sistem Informasi Manajemen – Pengertian sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.

Menjadi seorang manajer tentu harus bisa untuk mengelola data-data yang telah dikumpulkan. Data ini merupakan informasi penting yang dapat membantu proses pengambilan keputusan. Nah agar pemanfaatan data ini dapat maksimal digunakanlah sistem informasi manajemen.

Apa itu sistem informasi manajemen? Bagaimana pemanfaatannya? Dalam tulisan kali ini akan kita jawab dan ketahui bersama beberapa hal mengenai sistem informasi manajemen. Selamat membaca.

Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut mengenai sistem informasi manajemen, agar lebih mudah mari kita lihat pengertian dari masing-masing katanya

            ·         Manajemen atau Pengelolaan
Manajemen meliputi perencanaan, pengendalian, dan administrasi operasi perhatian yang semuanya terbagi dalam tiga tingkatan manajemen.

            ·         Informasi
Informasi yang dimaksud dalam SIM, berarti data olahan yang membantu manajemen dalam perencanaan, pengendalian dan operasi. Data berarti semua fakta yang timbul dari operasi perhatian. Data diolah yaitu dicatat, diringkas, dibandingkan dan akhirnya disampaikan kepada manajemen dalam bentuk laporan MIS.

           ·         Sistem
     Data diolah menjadi informasi dengan bantuan sistem. Sebuah sistem terdiri dari input, proses,      output dan umpan balik atau kontrol.

Jadi sistem inforamasi manajemen bisa berarti sistem untuk pengolahan data dalam rangka untuk memberikan informasi yang tepat kepada manajemen untuk melakukan fungsinya.

Secara umum Sistem Informasi Manajemen (SIM) atau Management Information System (MIS) adalah sistem yang direncanakan mengumpulkan, menyimpan, dan menyebarluaskan data berupa informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.

Sedangkan seperti yang dikutip melalui businessdictionary.com, sistem informasi manajemen ini adalah pendekatan yang terorganisasi untuk mempelajari kebutuhan informasi manajemen organisasi di setiap tingkatan dalam pengambilan keputusan operasional, taktis, dan strategis.

Data ini kemudian diproses, terpadu, dan disimpan dalam database terpusat (atau gudang data) di mana ia terus diperbarui dan tersedia untuk semua orang yang memiliki wewenang untuk mengaksesnya, dalam bentuk yang sesuai dengan tujuan mereka.

   Ã˜  Tujuan dari Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen memiliki untuk menerapkan struktur organisasi dan dinamika perusahaan untuk tujuan mengelola organisasi dengan cara yang lebih baik dan menangkap potensi sistem informasi untuk keunggulan kompetitif.
Selain itu sistem informasi manajemen juga memiliki tujuan lain yaitu untuk merancang dan mengimplementasikan prosedur, proses, dan rutinitas yang memberikan laporan sesuai rinci secara akurat, konsisten, dan tepat waktu. Berikut ini adalah tujuan dasar dari sebuah sistem informasi manajemen :

   Ã˜  Menangkap Data
Menangkap data kontekstual, atau informasi operasional yang akan berkontribusi dalam pengambilan keputusan dari berbagai sumber internal dan eksternal organisasi.

   Ã˜  Pengolahan Data
Data yang didapat akan diolah menjadi informasi yang diperlukan untuk perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, memimpin dan mengendalikan fungsi pada tingkat strategis, taktis dan operasional. Pengolahan data ini berarti:

1.      Membuat perhitungan dengan data
2.      Menyortir data
3.      Mengklasifikasikan data
4.      Merangkum data

     *    Penyimpanan, Penggunaan, dan Penyebaran Informasi
Informasi atau data yang diolah harus disimpan untuk digunakan di masa depan. Selain itu sistem harus dapat mengambil informasi ini dari penyimpanan bila diperlukan pada berbagai penggunaan. Kemudian informasi atau produk jadi dari MIS harus diedarkan ke para penggunanya secara berkala menggunakan jaringan organisasi.

     *    Karakteristik Sistem Informasi Manajemen
Karena SIM ini merupakan sistem yang berfungsi untuk mengelola berbagai kegiatan tentu saja ia memiliki karakteristik tersendiri dibanding sistem informasi yang lain. Berikut ini adalah karakteristik dari MIS:

1)      Didasarkan pada perencanaan jangka panjang.
2)      Memberikan pandangan menyeluruh dari dinamika dan struktur organisasi.
3)      Bekerja sebagai sistem yang lengkap dan komprehensif yang mencakup semua interkoneksi sub-sistem dalam organisasi.
4)      Direncanakan dengan cara top-down, sebagai pengambil keputusan atau manajemen harus secara aktif mengambil bagian dan memberikan arah yang jelas pada tahap pengembangan Sistem Informasi Manajemen.
5)      Didasarkan pada kebutuhan informasi strategis, operasional dan taktis dari manajer suatu organisasi.
6)      Mengurus situasi yang luar biasa dengan melaporkan situasi seperti itu.
7)      Dapat membuat perkiraan dan perkiraan, dan menghasilkan informasi canggih, sehingga memberikan keunggulan kompetitif. pengambil keputusan dapat mengambil tindakan atas dasar prediksi tersebut.
8)      Mamapu membuat hubungan antara semua sub-sistem dalam organisasi, sehingga pengambil keputusan dapat mengambil keputusan yang tepat berdasarkan pandangan yang terintegrasi.
9)      Memungkinkan arus informasi yang mudah melalui berbagai sub-sistem, sehingga menghindari redundansi dan bermuka data. Artinya harus menyederhanakan operasi dengan sebanyak kepraktisan mungkin.
10)  Meskipun SIM adalah sistem yang lengkap terpadu, ia juga harus dibuat sefleksibel mungkin sehingga dapat dengan mudah dibagi menjadi sub-sistem yang lebih kecil jika diperlukan.
11)  Memiliki database yang baik sehingga sistem dapat tertopang dengan kokoh.

      *      Karakteristik Komputerisasi SIM
Dalam sistem informasi manajemen modern, sistem komputerisasi digunakan agar proses manajemen dapat lebih efektif. Program ini akan terus mengumpulkan data yang relevan, baik dari dalam dan luar organisasi. Berikut ini adalah karakteristik dari komputerisasi SIM yang dirancang dengan baik:

1)      Mampu memproses data secara akurat dan dengan kecepatan tinggi, menggunakan berbagai teknik seperti riset operasi, simulasi, heuristik, dll
2)      Dapat mengumpulkan, mengatur, memanipulasi, dan memperbarui sejumlah besar data mentah dari kedua alam terkait dan tidak terkait, yang berasal dari berbagai sumber internal dan eksternal pada periode waktu yang berbeda.
3)      Menyediakan informasi real time tentang peristiwa yang sedang berlangsung tanpa penundaan.
4)      Mendukung berbagai format output dan mengikuti aturan dan peraturan terbaru dalam praktek.
5)      Memberikan informasi yang terorganisir dan relevan untuk semua tingkatan manajemen: strategis, operasional, dan taktis.
6)      Bertujuan memiliki fleksibilitas ekstrim dalam penyimpanan data dan pengambilan.

       *    Penerapan Sistem Informasi Manajemen
Untuk lebih jelasnya bagaimana penerapan dari sistem informasi manajemen ini, berikut ini beberapa contoh bagaimana sistem informasi manajemen diterapkan untuk membantu perusahaan yang dikutip dari website kembar.pro

       *    Enterprise Resource Planning (ERP)
Sistem ERP ini biasanya digunakan oleh sejumlah perusahaan besar dalam mengelola manajemen dan melakukan pengawasan yang saling terintegrasi terhadap unit bidang kerja Keuangan, Accounting, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Operasional, dan Pengelolaan Persediaan.

       *    Supply Chain Management (SCM)
Sistem SCM ini sangaat bermanfaat bagi pihak manajemen dimana data data yang disajikan terintegrasi mengenai manajemen suplai bahan baku, mulai dari pemasok, produsen, pengecer hingga konsumen akhir.

       *    Transaction Processing System (TPS)
TPS ini berguna untuk proses data dalam jumlah yang besar dengan transaksi bisnis yang rutin. Program ini biasa diaplikasikan untuk manajemen gaji dan inventaris. Contohnya adalah aplikasi yang digunakan untuk Bantuan Keuangan Desa Pemprov Jawa Timur.

       *    Office Automation System (OAS)
Sistem aplikasi ini berguna untuk melancarkan komunikasi antar departemen dalam suatu perusahaan dengan cara mengintegrasikan server-server komputer pada setiap user di perusahaan. Contohnya adalah email.

       *    Knowledge Work System (KWS)
Sistem informasi KWS ini mengintegrasikan satu pengetahuan baru ke dalam organisasi. Dengan ini, diharapkan para tenaga ahli dapat menerapkannya dalam pekerjaan mereka.

       *    Informatic Management System (IMS)
IMS berfungsi untuk mendukung spektrum tugas-tugas dalam organisasi, yang juga dapat digunakan untuk membantu menganalisa pembuatan keputusan. Sistem ini juga dapat menyatukan beberapa fungsi informasi dengan program komputerisasi, seperti e-procurement.

       *    Decision Support System (DSS)
Sistem ini membantu para manajer dalam mengambil keputusan dengan cara mengamati lingkungan dalam perusahaan. Contohnya, Link Elektronik di sekolah Tunas Bangsa, yang mengamati jumlah pendapatan atau pendaftaran siswa baru setiap tahun.

       *    Expert System (ES) dan Artificial Intelligent (A.I.)
Sistem ini pada dasarnya menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisa pemecahan masalah dengan menggunakan pengetahuan tenaga ahli yang telah diprogram ke dalamnya. Contohnya, sistem jadwal mekanik.

       *    Group Decision Support System (GDSS) dan Computer-Support                  Collaborative Work System (CSCWS)
Serupa dengan DSS, tetapi GDSS mencari solusi lewat pengumpulan pengetahuan dalam satu kelompok, bukan per individu. Biasanya berbentuk kuesioner, konsultasi, dan skenario. Contohnya adalah e-government.

       *    Executive Support System (ESS)
Sistem ini membantu manajer dalam berinteraksi dengan lingkungan perusahaan dengan berpegang pada grafik dan pendukung komunikasi lainnya.

Nah itulah tadi sedikit informasi yang bisa dimuat dalam tulisan ini. Semoga dapat bermanfaat, cukup sekian artikel ini saya mohon maaf untuk kesalahan dalam penulisan dan terima kasih.


Wassalamualaikum Wr.Wb

Posting Komentar untuk "Pengertian Sistem Informasi Manajemen, Tujuan, Karakteristik, Penerapannya"