Saluran Distribusi
Assalamualaikum
Wr.Wb
Hayy guys selamat datang di artikel saya lagi J
saya harap kalian tidak bosan untuk membaca dan belajar tentang Internet
Marketing, Langsung aja baca artikel di bawah ini ;v
Dalam berbagai saluran distribusi, terdapat dua hal
yang penting. Pertama, segmentasi pasar. Dalam segmentasi pasar, distribusi
terkait dengan hubungan antara produsen dan konsumen. Oleh karena itu, produsen
menuruti kemauan pasar yang terintegrasi di dalam berbagai inovasi yang ada.
Hal yang kedua adalah produk atau komoditas. Hal tersebut juga terkait dengan
inovasi yang kemudian melewati dua pihak lainnya, yaitu wholesalers dan
retailers sebelum masuk ke dalam sisi konsumen. Dalam berbagai saluran
distribusi di atas, terdapat dua hal penting, yaitu saluran langsung ke
konsumen dan bisnis yang berhenti di pihak agen dan wholesalers.
- Distribusi Fisik
Distribusi fisik
adalah proses perpindahan produk dari pihak produsen ke tangan konsumen. Dalam
kegiatan perdagangan, kegiatan distribusi adalah hal yang wajar terjadi karena
secara fungsional lebih efisien dibandingkan bila pihak produsen mengirimkan
langsung ke konsumen, atau jika konsumen mengambil sendiri ke gudang produsen.
Pihak distributor memiliki peran yang cukup besar dalam kegiatan perdagangan,
karena fungsi utamanya sebagai perpanjangan tangan dari produsen dan konsumen.
Kegiatan ini lebih berorientasi pada kepuasan konsumen, karena tujuannya untuk
menjaga ketersediaan produk kapanpun dan dimanapun, serta menjaga harga produk
tetap stabil. Distribusi fisik meliputi penjualan secara fisik maupun secara
online, termasuk juga pergudangan (warehousing) dan transportasi.
Pergudangan adalah
salah satu bagian dari kegiatan transportasi, karena dalam tahap ini produk
dikumpulkan dalam satu tempat sebelum didistribusikan. Pada dasarnya, dalam
perusahaan manufaktur terdapat berbagai macam jenis gudang, berdasar
kepemilikan dan segi fungsional. Yang perlu diperhatikan adalah segi
pembiayaan, karena kegiatan distribusi produk terkait erat dengan pergudangan
sehingga kegiatan yang terjadi didalamnya turut mempengaruhi kondisi produk,
baik secara kualitas maupun kuantitas. Secara umum, biaya dalam gudang meliputi
biaya sewa ruang penyimpanan, asuransi dan upah buruh (termask biaya
pengendalian persediaan dan biaya penanganan bahan produksi). Pengendalian
persediaan adalah salah satu kegiatan dalam gudang saat barang tidak dapat
didistribusi sewaktu-waktu, melainkan harus di-manage agar tidak terjadi
kekurangan maupun kelebihan produk di pasar. Sedangkan penanganan bahan produksi
adalah kegiatan yang melibatkan transportasi, pengaturan dan pencarian barang
dalam persediaan. Penekanan biaya memerlukan pengembangan strategi penyimpanan
produk termasuk dari segi lokasi, apakah menggunakan sistem single-unit,
multi-packaging, atau kontainer. Namun tetap mempertimbangkan segi efisiensi,
fungsional, serta sekuritas.
- Strategi Distribusi
Strategi
distribusi adalah pertimbangan utama dalam melakukan kegiatan
pemasaran internasional. Secara umum, strategi distribusi bergantung pada kelas
produk dan tingkat keterbatasan pasar yang paling efektif dalam penyaluran
produk. Strategi distribusi membagi pasar menjadi beberapa cakupan menurut
jenis distribusinya, yaitu distribusi intensif, distribusi eksklusif dan
distribusi selektif. Distribusi intensif menggunakan banyak saluran dan
anggotanya sehingga barang konsumsi dapat berbiaya rendah namun berdaya tarik
luas. Distribusi eksklusif adalah jalur distribusinya yang terbatas pada grosir
dan pengecer tertentu berdasarkan berbagai kriteria. Distribusi selektif,
produsen benar-benar memilih saluran yang akan memberikan perhatian khusus
terhadap produk dalam upaya penjualan dan sebagainya. Permasalahan yang ada
adalah cara saluran distribusi berinteraksi karena produsen dapat memiliki
lebih dari satu saluran dalam berbagai bentuk kerjasama, sehingga terdapat
kemungkinan terjadi konflik saluran dan kepemimpinan saluran. Selain itu,
terdapat juga masalah berupa kemampuan tingkat partisipasi dan saluran untuk
mengendalikan distribusi barang tanpa mengancam pihak atau saluran lain.
Sekian
dulu yaa guys, Maaf artikel saya yang sampaikan selalu terpotong-potong, agar
kalian merasa penasaran untuk belajar Internet Marketing, dan agar kalian
selalu membaca artikel saya ;v Semoga artikel di atas bermanfaat yaa, Jangan
lupa baca artikel selanjutnya “Just Watch And Lern”
Wassalamualaikum Wr.Wb
Posting Komentar untuk "Saluran Distribusi"