Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat datang di Artkel saya lagi ;) Pada kali ini kita akan membahas Manajemen Pemasaran “Distribusi Produk dalam Bisnis Internasional” nanti kita akan membahas Saluran ;v Saluran ini berbeda dengan saluran yang anda pikirkan ;v karena saluran ini menghubungkan dengan bisnis. Jika anda penasaran, langsung aja baca artikel di bawah ini.

Saluran Distribusi


Distribusi penting dalam bidang pemasaran. Kesuksesan suatu produk bergantung pada bauran distribusi, yaitu kombinasi saluran-saluran distribusi untuk menyampaikan produk suatu perusahaan kepada pengguna akhir secara tepat.Saluran distribusi adalah jaringan antar perusahaan yang dilalui suatu produk dari produsen ke konsumen.

Ø  Saluran pertama adalah distribusi langsung produk-produk konsumsi tanpa menggunakan perantara.

Ø  Saluran kedua adalah distribusi eceran produk-produk konsumsi yang dilakukan melalui pengecer.

Ø  Saluran ketiga adalah distribusi grosir. Saluran keempat merupakan distribusi melalui agen penjualan atau broker yang mewakili para manufaktur menjual ke grosir, pengecer, maupun keduanya.
Dalam distribusi tidak langsung, saluran keempat ini memiliki pro dan kontra tersendiri. Dari segi kontra, saluran distribusi tidak langsung membuat harga semakin tinggi seiring dengan bertambahnya anggota dalam saluran.

Namun, perantara-perantara tersebut dapat membuat konsumen menghemat uang dan waktu. Penambahan nilai perantara dapat dilakukan dengan memberi informasi secara cepat dan menyediakan produk dalam jumlah yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat.

Ø  Saluran Keempat distribusi adalah distribusi dari produk-produk konsumsi.

Ø  Saluran kelima adalah distribusi oleh agen kepada konsumen dan bisnis, berbeda dari keempat saluran sebelumnya terutama dalam dua hal, yaitu agen sebagai satu-satunya perantara serta pendistribusian yang dilakukan tidak hanya pada konsumen tetapi juga pada pelanggan bisnis.
Saluran keenam hingga saluran kedelapan adalah saluran yang digunakan untuk distribusi produk-produk bisnis.

Ø  Saluran keenam adalah distribusi langsung barang-barang industri dari produsen ke pembeli industri.

Ø  Saluran ketujuh merupakan distribusi yang dilakukan dari grosir sebagai perantara antar produsen dengan pengguna akhir, namun dalam persentase yang sangat kecil.

Ø  Saluran kedelapan dilakukan dari pihak grosir ke pengecer bisnis.

Sekian dulu kita membahas Salurannya ;v semoga artikel di atas bermanfaat, Pada artikel selanjutnya saya akan membahas kelanjutan dari saluran saluran itu ;v Jadi jangan lupa membaca artikel saya selanjutnya ;v


Wassalamualaikum Wr. Wb

0 Komentar