Strategi Pemasaran Produk
Assalamualaikum
Wr. Wb
Selamat datang dan berjumpa lagi di artikel saya J
pada kesempatan kali ini saya akan membahas 6 Strategi Pemasaran Produk, Dalam
dunia usaha kita harus memiliki Strategi Pemasaran Produk, Nanti kita akan
membahas apa itu Strategi Pemasaran dan Fungsi Pemasaran. Langsung aja baca
artikel di bawah ini…
Strategi
Pemasaran Produk – Dalam dunia usaha, sales atau
penjualan memang sangatlah penting, atau bisa dikatakan tombak agar perusahaan
tetap berdiri. Karena tanpa adanya sales maka perusahaan bisa
dikatakan gulung tikar karena kehabisan resource sumber daya.
Karena jaman dulu masih menggunakan cara konvensional, marketing sekarang sudah mengandalkan teknologi sehingga bisa mengefisiensi pengeluaran.
Karena itulah menerapkan strategi pemasaran yang cocok untuk perusahaan memang susah. Karena setiap perusahaan memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Belum tentu strategi A cocok untuk perusahaan B, padahal strategi A cocok dan sukses untuk perusahaan A. Lebih jelasnya berikut ini 6 strategi efektif untuk pemasaran produk :
1. Research Market / Kenali Pelanggan
Nomor
satu dan utama adalah meriset pasar terlebih dahulu (Research market) mengapa
hal ini menjadi sangat penting? Sederhana, karena pasarlah yang akan
menggunakan produk Anda, pasarlah yang akan memberikan income untuk
perusahaan Anda. Jika Anda sudah salah market/pasar bisa dikatakan perusahaan
Anda sudah gagal sejak awal.
Lalu bagaimana cara meriset pasar?
Sebagai contoh seperti ini, misalnya Anda memiliki usaha fashion korea.
Maka bidiklah pasar yang sesuai dengannya, misalkan anak-anak muda yang
menyukai drama korea, dengan rentang usia 15-25 tahun, dengan jenis kelamin
perempuan. Semakin kecil pasar Anda semakin besar kemungkinan
berhasil.
Mengapa demikian? Sederhana, karena kita akan
sangat-sangat fokus pada pasar yang kecil itu dahulu. Sehingga kita bisa
memberikan pelayanan yang ekstra kepada konsumen, jika usaha sudah stable maka
bisa ekspansi ke usaha yang lain.
2. Melakukan Promosi
Setelah memahami pasar/pelanggan Anda maka langkah
selanjutnya adalah melakukan promosi. Usahakan promosi dengan cara yang efektif
dan kreatif sehingga bisa menarik pelanggan yang sebanyak-banyaknya, dan jangan
lupa lakukan promosi secara konsisten dan terus menerus.
Misalnya setiap Anda berpergian bisa sambil membawa
brosur ataupun pamflet produk Anda, lalu bagikan kepada orang-orang yang Anda
temui dijalan. Atau Anda juga bisa mempromosikan menggunakan akun sosial media.
Langkah selanjutnya adalah amati dan analisis model
promosi yang digunakan oleh kompetitor. Untuk apa mengamati kompetitor? Kita
bisa mengambil kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kompetitor, sehingga kita
bisa meniru yang baik-baik dan kita olah sedemikian rupa sehingga bisa
diterapkan dengan maksimal di perusahaan.
Satu lagi model promosi jadul tetapi masih efektif
sampai sekarang ini yaitu mouth to mouth atau mulut ke mulut.
Produk Anda bisa dipromosikan dari mulut ke mulut jika memenuhi 2 kriteria,
kalau tidak produknya bagus ya buruk. Karena itulah buatlah produk sebaik
mungkin agar orang mau secara suka rela mereferensikan produk Anda kepada orang
lain.
Wassalamualaikum Wr. Wb
Posting Komentar untuk "Strategi Pemasaran Produk"