Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Pemasaran Produk

Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat datang dan berjumpa lagi di artikel saya J pada kesempatan kali ini saya akan membahas 6 Strategi Pemasaran Produk, Dalam dunia usaha kita harus memiliki Strategi Pemasaran Produk, Nanti kita akan membahas apa itu Strategi Pemasaran dan Fungsi Pemasaran. Langsung aja baca artikel di bawah ini…

Strategi Pemasaran Produk – Dalam dunia usaha, sales atau penjualan memang sangatlah penting, atau bisa dikatakan tombak agar perusahaan tetap berdiri. Karena tanpa adanya sales maka perusahaan bisa dikatakan gulung tikar karena kehabisan resource sumber daya.

Pemasaran suatu produk memang gampang-gampang susah, karena ada banyak variabel yang harus kita perhatikan. Misalnya, pemasaran produk lama dan produk baru itu berbeda, serta pemasaran pada jaman dulu itu berbeda dengan pemasaran pada jaman sekarang.
Karena jaman dulu masih menggunakan cara konvensional, marketing sekarang sudah mengandalkan teknologi sehingga bisa mengefisiensi pengeluaran.

Karena itulah menerapkan strategi pemasaran yang cocok untuk perusahaan memang susah. Karena setiap perusahaan memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Belum tentu strategi A cocok untuk perusahaan B, padahal strategi A cocok dan sukses untuk perusahaan A. Lebih jelasnya berikut ini 6 strategi efektif untuk pemasaran produk :

1. Research Market / Kenali Pelanggan

Nomor satu dan utama adalah meriset pasar terlebih dahulu (Research market) mengapa hal ini menjadi sangat penting? Sederhana, karena pasarlah yang akan menggunakan produk Anda, pasarlah yang akan memberikan income untuk perusahaan Anda. Jika Anda sudah salah market/pasar bisa dikatakan perusahaan Anda sudah gagal sejak awal.

Lalu bagaimana cara meriset pasar? Sebagai contoh seperti ini, misalnya Anda memiliki usaha fashion korea. Maka bidiklah pasar yang sesuai dengannya, misalkan anak-anak muda yang menyukai drama korea, dengan rentang usia 15-25 tahun, dengan jenis kelamin perempuan. Semakin kecil pasar Anda semakin besar kemungkinan berhasil.
Mengapa demikian? Sederhana, karena kita akan sangat-sangat fokus pada pasar yang kecil itu dahulu. Sehingga kita bisa memberikan pelayanan yang ekstra kepada konsumen, jika usaha sudah stable maka bisa ekspansi ke usaha yang lain.

2.     Melakukan Promosi

Setelah memahami pasar/pelanggan Anda maka langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Usahakan promosi dengan cara yang efektif dan kreatif sehingga bisa menarik pelanggan yang sebanyak-banyaknya, dan jangan lupa lakukan promosi secara konsisten dan terus menerus.

Misalnya setiap Anda berpergian bisa sambil membawa brosur ataupun pamflet produk Anda, lalu bagikan kepada orang-orang yang Anda temui dijalan. Atau Anda juga bisa mempromosikan menggunakan akun sosial media.

Langkah selanjutnya adalah amati dan analisis model promosi yang digunakan oleh kompetitor. Untuk apa mengamati kompetitor? Kita bisa mengambil kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kompetitor, sehingga kita bisa meniru yang baik-baik dan kita olah sedemikian rupa sehingga bisa diterapkan dengan maksimal di perusahaan.

Satu lagi model promosi jadul tetapi masih efektif sampai sekarang ini yaitu mouth to mouth atau mulut ke mulut. Produk Anda bisa dipromosikan dari mulut ke mulut jika memenuhi 2 kriteria, kalau tidak produknya bagus ya buruk. Karena itulah buatlah produk sebaik mungkin agar orang mau secara suka rela mereferensikan produk Anda kepada orang lain.

Sekian dulu pembahasannya, pengen tau artikel selanjutnya ?;v jangan lupa baca terusan artikel ini ;v Terima kasih telah membaca semoga bermanfaat J

Wassalamualaikum Wr. Wb








Posting Komentar untuk "Strategi Pemasaran Produk"