Paduan Cara Memasang Kusen Aluminium Rumah Minimalis

 aluminium kusen jendela, aluminium kusen dan jendela, aluminium kusen harga, aluminium kusen pintu, aluminium kusen surabaya,


Kusen Aluminium Malang - Aluminium menjadi pilihan favorit masyarakat modern saat ini. Kusen aluminium dipilih karena memiliki banyak kelebihan. Utamanya kusen aluminium lebih efisien dalam hal pemasangan, tidak terlalu ribet. Selain itu juga Cara Membuat Kusen Aluminium lebih mudah daripada Cara Membuat Kusen Kayu. Kusen aluminium tidak mudah dimakan rayap, tahan api dan tidak gampang lapuk karena hujan dan lembab.

Dalam hal model, kusen aluminium juga tidak kalah dengan kusen kayu. Model kusen aluminium hampir mirip urat kayu dan menjadi pengganti kusen kayu yang cukup efisien. Terdapat beragam model dan desain kusen kayu modern. Varian warnanya juga mulai banyak mulai dari warna silver yang paling umum hingga warna coklat, dan putih susu. Jadi tidak diperlukan biaya pengecatan atau memoles plitur setiap tahun. Bahkan sekarang sudah dibuat pula model kusen aluminium bermotif kayu.( Baca juga: Cara Membuat Jendela Aluminium)
Harga kusen aluminium juga cukup bersaing dengan kusen kayu. Dengan memasang kusen aluminium sebagai pelengkap, rumah minimalis terlihat lebih elegan dan modern.
Cara memasang kusen kayu aluminium sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Anda bisa melakukannya sendiri untuk rumah Anda bersama seorang tukang. Proses memasang kusen aluminium dilakukan setelah pembuatan dinding selesai. Yang penting adalah cermat dalam pengukurannya sebab bahan aluminium mudah tergores dan bengkok bila terkena pukulan benda keras.(Baca : Cara Membuat Pintu Aluminium)

Cara Memasang Kusen Aluminium

Berikut Cara Memasang Kusen Aluminium Rumah Minimalis 
Langkah 1 :
alat-pasang-tukangLangkah pertama memasang kusen aluminium adalah membeli bahan baku utama, yaitu; kusen aluminium, bingkai aluminium, hardboard, sekrup fisher, engsel, sealant, baut dynabolt
Peralatan kerja yang dibutuhkan adalah gerinda (cutting well), gergaji, waterpass, meteran, unting-unting, reevet, gun sealant, selang air, cutter.
Perangkat lengkap alat-alat pertukangan tersebut bisa Anda pinjam pada tukang yang sudah ahli memasang jendela Aluminium. Anda sekaligus bisa melihat langkah demi langkah kerja tukang memasang kusen aluminium.


Langkah 2 :

aluminium-kusen-1Lakukan pengukuran lubang dinding dengan cermat .  Periksa apakah sesuai dengan sketsa kerja. Cek dulu kesikuan kusen aluminium dengan alat bantu unting-unting atau waterpass. Apabila belum lurus, maka diganjal dengan bahan dari hardboard, sehingga kuat dan tahan lama.
Bila sudah tepat, Kusen dan bingkai aluminium disambung memakai sekrup galvanis. Bila ada yang kurang bisa dipotong sesuai lebar di lapangan. Aluminium yang sudah dirangkai dilindungi dengan isolasi biru (blue sheet)  dan ditambahkan penanda agar mudah waktu pengepasan.

Langkah 3:
Bagian dalam dinding perlu dihaluskan agar permukaan dinding rapi dan lurus. Jadi kusen bisa menempel dengan pas pada tempatnya.  Proses menghaluskan dinding dilaukan dengan memasang plester. Kemudian menambahkan aci hingga permukaan halus rata dan simetris. Berikan kelonggaran 5-10 mm pada lubang dinding untuk memudahkan penanaman kusen dalam dinding.

Langkah 4:
alat-pasang-kusen-1Pasang kusen pada lubang dinding dan perkuat dengan dengan sekrup fisher. 
Fungsinya tentu untuk menahan dudukan kusen dalam lubang dinding. tambahkan penutup karet pada sekrup fisher agar rapi dan potong bagian karet yang keluar permukaan kusen. (Baca juga: Pintu Rumah Minimalis dan Cara Memilihnya, Cara Membuat Jendela Bersekat Enam)

Langkah 5:
aluminium-kusen-6Pemasangan jendela atau pintu tidak terlalu sulit. Kedua elemen bangunan itu sudah menjadi satu paket dengan kusen aluminimum sehingga ukurannya pas dengan kusen. Yang dibuthkan selanjutnya adalah engsel yang ditanam pada salah satu sisi kusen menggunakan penggantung engsel yang disekrup ke kusen.

Pemasangan pintu/jendela, kaca dan hardware dikerjakan setelah kondisi lapangan benar-benar aman dan tidak ada resiko pekerjaan yang dapat merusak kusen aluminiumnya.  jangan lupa lengkapi pengait dan kunci agar rumah senantiasa aman. Proteksi plastik biru (bluesheet) pada kusen aluminium bisa dicopot bila lokasi pekerjaan sudah bebas dari pekerjaan berat. Sehingga kusen aluminium tetap aman dari kondisi tergores dan kerusakan tak diinginkan lainnya. (Baca juga: Cara Membuat Pintu Aluminium Kaca Minimalis, Tips Mengecat Rumah Sendiri)
  

Memasang kusen aluminium dan kusen kayu memakai teknik yang cukup berbeda. Memasang kusen kayu dilakukan bersamaan dengan memasang batu bata. Sehingga daya rekat dinding dan kusen cukup kuat. Sebaliknya, kusen aluminium dipasang setelah dinding sudah jadi. Kusen aluminium ditanam pada dinding menggunakan sekrup fisher kuat-kuat.

Tiga hal yang perlu diperhatikan saat memasang kusen aluminium adalah:

Memasang kusen aluminium memakai sistem fisher. Cara ini mengandalkan kekuatan sekrup fisher yang dibor dan ditanam bersama kusen pada dinding. Teknik pemasangan ini perlu ketelitian tingkat tinggi. Oleh sebab itu, mintalah pendampingan tukang yang sudah berpengalaman memasang kusen aluminium.

Memasang kusen aluminium harus pas dan diplester rapi agar tidak terjadi kebocoran. Anda harus memilih bahan aluminium bermutu tinggi, agar tidak gampang memuai saat terjadi perubahan suhu ektrim. Bila hal itu terjadi, kaca dalam bingkai aluminium bisa terlepas atau pecah.
Memasang sambungan siku kusen aluminium juga harus tepat. Hal ini penting agar kaca jendela tidak kemasukan air hujan. Oleh karena itu saat penyambungan, sealant atau karet penyekat kaca dan frame aluminium juga harus berkualitas tinggi. Meskipun pada dasarnya bahan aluminium tidak terpengaruh pada air, namun Anda perlu juga mewaspadainya.

Selain tiga hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemasangan kusen aluminium, Anda juga perlu memahami kekurangan kusen aluminium ini agar pemasangan kusen aluminium rumah Anda lebih rapi dan maksimal. Seperti disebutkan di atas, kusen kayu mudah tergores dan bengkok bila terkena benda tajam dan pukulan kuat. Selain itu dari segi keamanan, jenis kusen aluminium tipis, mudah dibobol pihak tidak bertanggung jawab dari luar. Oleh sebab itu untuk perlindungan maksimal rumah, Anda menggunakan kusen aluminium berkualitas bagus.  Menambahkan grill pada jendela rumah Anda bisa menjadi pilihan yang sangat bijaksana untuk keamanan rumah.


0 Komentar