Sejarah Umroh

sejarah umrah rasulullah sejarah umrah dan haji sejarah umrah nabi sejarah tempat umrah sejarah haji dan umrah secara singkat sejarah haji dan umrah  sejarah mengenai umrah

Umrah Secara bahasa, umroh berarti berziarah atau mengunjungi. Secara syar`i, umroh adalah berziarah ke Baitullah/Mekkah dengan niat ihram, melaksanakan thawaf mengelilingi Ka’bah, Sa’i di antara Shafa dan Marwah serta mencukur rambut kepala.

Sejarah umroh tidak dapat dilepaskan dari asal muasal Nabi Muhammad melakukan ibadah haji untuk kali pertama. Pada tahun 6 Hijriyah Nabi Muhammad SAW melakukan ibadah haji bersama 1500 sahabatnya ke Makkah. Mereka berangkat mengenakan pakaian ihram (kain putih tanpa jahitan) dan membawa unta sebagai hewan Qurban. Namun perjalanan ibadah yang kali pertama ini tidak berhasil karena Nabi dan para sahabat dihadang oleh kaum Qurays di Hudaibiyah. Di tempat inilah kemudian Nabi dan kaum Quraysi melakukan perundingan Hudaibiyah.

Salah satu isi perjanjian Hudaibiyah sangat merugikan umat muslim yaitu kaum muslimin dilarang melakukan ibadah haji pada tahun itu dan bisa kembali tahun depan untuk melaksanakan ibadah haji dengan syarat tidak lebih dari 3 hari.
Karena perjanjian inilah kemudian Nabi Muhammad SAW beserta rombongan menunda perjalanan hajinya. Walaupun mendapat banyak protes dari para sahabat. Nabi berpendapat lain dan menyetujui perjanjian Hudaibiyah tersebut.

Pada tahun berikutnya, tepatnya pada tahun 7 Hijriyah untuk pertama kalinya Nabi Muhammad SAW bersama 2000 orang dalam rombongannya melakukan umroh ke Baitullah. Nabi Muhammad SAW beserta rombongan para sahabat memasuki Ka`bah dan langsung melakukan thawaf,. Setelah melakukan thawaf 7 kali putaran mengelilingi Ka`bah, Rasulullah melakukan shalat di makam Nabi Ibrahim As dan minum air zam-zam. Kemudian melakukan sa`i atau lari-lari kecil dari Shafa ke Marwah dan terakhir Nabi melakukan tahallul atau mencukur sebagian rambut.

Hingga kini, aktivitas Nabi Muhammad SAW saat pertama kali melakukan ibadah umroh menjadi rukun umroh yang berlaku bagi seluruh umat Islam.  Ihram berniat untuk melakukan umroh, melakukan thawaf dan sa`i.Adapun hal yang wajib dilakukan saat umroh adalah melakukan ihram ketika hendak memasuki miqat dan bertahallul dengan menggundul atau memotong sebagian rambut.

Sedangkan perbedaan umroh dengan ibadah haji adalah, umroh dapat dilakukan di sembarang waktu atau bulan dalam setahun tersebut sedangkan ibadah haji hanya dilakukan pada waktu tertentu antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah. Ibadah umroh mirip dengan ibadah haji karena itu ibadah umroh sering disebut sebagai haji kecil.
PERKEMBANGAN UMRAH SAAT INI
     Direktorat bina umrah dan haji khusus kemetrian agama(kemenag) menggelar rapat bersama traveloka dan tokopedia dikantor kemenag,jakarta jum’at 19 juli 2019.turut hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan dari kemkominfo.
          Pertemuan ini merupakan upaya kemenag untuk mendalami perkembangan teknologi informasi terkait penyelenggaraan ibadah umrah.kemenag ingin menyamakan persepsi terkait inisiatif dari kemkominfo mengembangkan umrah digital.
          Umrah digital ini dikembangkan dengan semangat meningkatkan standar manajemen sesuai kebutuhan masyarakat diera digital.karena nya itu,PPIU juga dituntut untuk terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi informasi.
PERKEMBANGAN UMRAH DI MASA DEPAN
Sesuai dengan perkembangan zaman,mulai banyak bermunculan marketplace OTA (online travel agent).yang memfasilitasi pembelian tiket umrah secara online.sebagai marketplace,mereka tidak membuat paket dan keagenan tersendiri.
Untuk saat ini jumlah yang difasilitasi  melalui marketplace terbilang cukup kecil,tetapi kalo dilihat dari tren sekarang anak-anak muda yang cenderung tertarik dengan wisata umrah.untuk potensi nya cukup menarik dan akan terus naik setiap tahun dan peluang nya sangat besar sekali dimasa depan.
Hal ini pun menjadi peluang yang paling banyak dilirik dari oleh pemain serupa tidak heran jika pemain serupa atau traveloka dan tokopedia menawarkan layanan serupa.suatu saat,kalangan milenial ini bakal menjadi peserta umrah yang paling banyak.

0 Komentar