Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEKOLAH MANAGER DIGITAL MARKETING

SEKOLAH MANAGER DIGITAL MARKETING YOGYAKARTA




SEKOLAH MANAGER DIGITAL MARKETING YOGYAKARTAIstilah yang saat ini yang lazim didengarkan ialah Digital Marketing, tapi sejauh ini apakah benar kita jauh akan hal ini  ?

Apa itu Digital Marketing?

Menurut Digital Marketing Institute, Digital Marketing ialah penggunaan saluran digital untuk mempromosikan atau memasarkan terkait produk dan layanan kepada konsumen dan pelanggan bisnis.

Seorang pemasar digital atau digital marketing profesional, atau spesialis, bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi yang digunakan organisasi atau perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa secara online, via media sosial, analisis Web, e-mail pemasaran dan optimasi mesin pencari atau istilah Search Engine Optimizer. Para pekerja di profesi ini menciptakan berbagai promosi online dan e-mail kampanye menyampaikan pesan perusahaan, serta melakukan riset konsumen dan pasar untuk menemukan cara lain dalam usaha mencapai pelanggan melalui Internet. Jabatan lain yang serupa dengan pemasar digital atau digital marketing mencakup penjualan digital eksekutif, SEO spesialis dan manajer pemasaran online.


Apa Yang Dilakukan Digital Marketing Profesional?
  •         Merencanakan dan melaksanakan pengembangan semua web yang terkait dengan perusahaan, SEO / SEM, email, media sosial dan iklan online
  •         Mendesain, mengembangkan dan mempertahankan kontinyuitas aktivitas media sosial perusahaan
  •        Mengukur dan melaporkan kinerja semua aktivitas pemasaran digital, dan membadingkannya terhadap target (ROI dan KPI)
  •        Mengidentifikasi tren dan insights, serta mengoptimalkan aktivitas channel pemasaran online berdasarkan data pada insights.
  •        Melakukan brainstorming secara berkala untuk menyusun strategi baru terkait pemasaran online
  •     Merencanakan, melaksanakan, dan mengukur percobaan dan tes konversi
  •      Berkolaborasi dengan tim untuk membuat halaman web dan user experience
  •      Berkolaborasi dengan agen external, media iklan dan dan mitra lainnya
  •       Mengevaluasi teknologi, aplikasi, dan trend IT yang sedang berkembang serta memberikan pemikiran dan perspektif untuk mengadopsi teknik pemasaran online yang tepat
  •        Profesi digital marketing juga memiliki target dan evaluasi yang terukur. Baik melalui channel iklan berbayar, seperti Iklan Facebook atau kampanye Google Adwords, atau melalui perangkat lunak yang canggih sCRM (manajemen hubungan pelanggan sosial), seperti SAP C4C, Microsoft Dynamics, Sage CRM dan Salesforce CRM. Keahlian-keahlian teknis ini juga sering muncul pada syarat lowongan kerja digital marketing.


Kualifikasi Dan Syarat Pendidikan


  • ·         Jenjang pendidikan yang dibutuhkan untuk berkarir di bidang pemasaran digital bervariasi, tergantung pada posisi. Umumnya, profesi ini membutuhkan kandidat dengab gelar sarjana bidang studi pemasaran, pemasaran online atau bidang terkait. Mahasiswa yang lulus dari jurusan ini diharapkan menguasai dasar-dasar pemasaran, teknis mesin pencari (search engine), SEO, pay-per-click, dan analisis web.
  • ·         Minimal pendidikan Diplomas, Sarjana hingga Master pada bidang studi/jurusan pemasaran atau bidang terkait
  • ·         Berpengalaman pada bidang pemasaran digital
  • ·         Menguasai SEO / SEM, mampu mengelola database, email, media sosial dan / atau kampanye iklan online
  • ·         Memiliki kreativitas tinggi dengan kemampuan mengidentifikasi target dan merancang kampanye digital
  • ·         Berpengalaman merancang dan mengoptimalkan landing pages
  • ·         Menguasai teknik A / B eksperimen dan multivarian eksperimen
  • ·         Memiliki pengetahuan yang kuat pada analisis situs Web (misalnya, Google Analytics, NetInsight, Omniture, WebTrends)
  • ·         Berpengalaman dalam merancang dan mengoptimalkan kampanye Google Adwords
  • ·         Memiliki pengetahuan dasar/sederhana tentang HTML, CSS, dan JavaScript
  • ·         Memiliki kemampuan analisis yang kuat dan mampu membuat kebijakan berdasarkan data
  • ·         Up-to-date dengan tren terbaru dalam bidang teknologi, pemasaran online, consumer behaviour dan pengukuran kinerja
  • ·         Merancang strategi untuk mengarahkan online traffic pada website perusahaan.
  • ·         Melakukan treking konversi dan membuat perbaikan untuk website.
  • ·         Mengembangkan dan mengelola kampanye pemasaran digital
  • ·         Memanfaatkan berbagai teknik pemasaran digital termasuk pencarian berbayar (paid search), SEO dan PPC.
  • ·         Merancang konten media sosial dan email kampanye bagi perusahaan.
  • ·         Mengelola merek dan produk perusahan secara online serta menciptakan promosi untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness)
  • ·         Merancang desain situs web perusahaan.
  • ·         Meningkatkan usability, desain, konten dan konversi website perusahaan
  • ·         Bertanggung jawab pada perencanaan dan pengendalian anggaran semua aktivitas pemasaran digital
  • ·         Mengevaluasi penelitian pasar, kondisi pasar dan kegiatan promosi perusahaan pesaing.
Apa saja yang akan dipelajari selama kuliah ?

Untuk menjadi seorang digital marketer profesional, mahasiswa kami akan berlatih dan belajar :

1.       Menganalisis pangsa pasar yang tepat dari suatu produk dan dapat menemukan strategi yang tepat untuk memasarkan produk tersebut.
2.       Membuat website landing page, web profil, hingga web toko online berbasiskan WordPress.
3.       Mengamankan website dari serangan hacker dan mampu melakukan backup rutin pada website.
4.       Meningkatkan peringkat website di Google dengan teknik SEO (search engine optimization).
5.       Melakukan komunikasi yang baik dan membuat nyaman pelanggan.
6.       Membuat copywriting dan bahasa iklan yang mampu membius pembacanya.
7.       Melakukan pemotretan produk dan pembuatan video profil produk.
8.       Membuat grafis yang menarik untuk kebutuhan social media ataupun kebutuhan digital marketing lainnya.
9.       Menggunakan social media untuk meningkatkan branding suatu produk ataupun bisnis.
10.   Memahami dan mampu menjalankan digital campaign.
11.   Menjalankan dan mengoptimalkan iklan di facebook dan instagram.
12.   Memahami cara kerja Google Ads dan cara mengoptimasinya.
13.   Membuat perencanaan strategi hingga budgeting digital marketing yang tepat.

Dan memepelajari  17 modul digital marketing yang akan selalu ter-update, diantaranya :

·         Marketing fundamentals.
·         Analisa trend pasar.
·         Konten marketing.
·         Multimedia mulai dari pemotretan produk hingga pembuatan video.
·         Social media marketing.
·         Website development.
·         Search engine optimization.
·         Google my business.
·         Marketplace, dari tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, blibli, hingga marketplace luar negeri.
·         Paid online advertising termasuk di dalamnya belajar google ads hingga facebook ads.
·         Email marketing.
·         Google analytics.
·         Forum & business directory.
·         Teknik komunikasi.
·         Digital marketing strategy & budgeting.
·         Profesionalisme kerja.
·         Pengelolaan bisnis mandiri.

Selain itu, jika Anda mengikuti sekolah manager digital marketing maka Anda  akan dilatih untuk dapat mendapatkan sertifikasi internasional seperti sertifikat Google Ads dan Facebook Blueprint sehingga kelak akan memudahkan Anda  berkarir di dunia internasional. Para mahasiswa juga akan bersempatan magang di perusahaan perusahaan besar selama enam bulan untuk lebih melatih mental dan skill mereka di dunia digital marketing.

Sasaran

Menghasilkan tenaga-tenaga profesional di bidang teknologi informasi dan digital marketing yang mudah dalam mendapatkan pekerjaan dan karir ataupun dalam membangun bisnis.

Prospek Pekerjaan Masa Depan

Beberapa prospek pekerjaan dan karir yang bisa didapatkan seorang digital marketer profesional :
·         Marketer online
·         Marketing manager
·         IT manager
·         Online advertiser expert
·         Digital marketing consultant
·         SEO specialist
·         Social media specialist
·         Digital account executive
·         Digital entrepreneur

Lowongan profesi Digital Marketing bisa dibuka mulai dari tingkat spesialis yaitu profesi yang mengurusi aktivitas pemasaran online yang lebih khusus seperti Social Media Specialist, Email Customer Support atau Analis Web. Lowongan profesi Digital Marketing juga bisa dibuka langsung untuk tingkat senior atau manajer.

Bila seseorang meniti profesi ini mulai dari profesi spesialis, ia akan membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk menuju digital marketing manajer. Karena profesi manajer membutuhkan wawasan secara keseluruhan. Calon manajer atau direktur di bidang pemasaran digital biasanya akan disyaratkan lulusan dengan gelar master. Sebagai alternatif, program pelatihan atau kursus bersertifikat juga menjadi perhatian rekruter untuk menaikan jabatan dari junior menjadi senior, manajer atau direktur pada profesi ini.

Digital Marketing pada posisi atas atau pemimpin, seperti manajer atau direktur, akan mengawasi kampanye pemasaran Internet dari proses penciptaan, manajemen iklan/aktivitas online lainnya hingga eksekusi. Mereka biasanya diperlukan untuk memberikan arah yang jelas kepada anggota tim, seperti copywriter, web desainer dan sales eksekutif.



Posting Komentar untuk "SEKOLAH MANAGER DIGITAL MARKETING"