MEMILIH BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH 







IBADAH UMRAH MABRUR-Indonesia merupakan Negara terbesar keempat jamaah umrah di dunia, besarnya minat umat muslim di Indonesia yang ingin berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umrah, menyebabkan maraknya biro travel umrah di Indonesia. Terlebih lagi dengan tawaran dari banyak travel umroh akan paket umrah membuat permintaan akan paket perjalanan umroh membludak setiap tahun nya.




Umrah merupakan salah satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Tidak jauh dengan ibadah haji ,ibadah yang satu ini dilaksanakan dengan cara melakukan beberapa ritual ibadah di kota suci Mekkah. Menurut syari’ah, Umrah berarti melaksanakan thawaf di Ka'bah dan sa'i antara Shofa dan Marwah, setelah memakai ihram yang diambil dari miqat. Sering disebut pula dengan haji kecil. Perbedaan umrah dengan haji adalah terletak pada waktu dan tempat. Umrah dapat dilaksanakan sewaktu-waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan hanya di Mekkah, sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan pada beberapa waktu antara tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah serta dilaksanakan sampai ke luar kota Mekkah.



Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag Arfi Hatim mengaku bahwa tiap tahun jumlah jemaah umrah Indonesia terus mengalami kenaikan. Animo masyarakat untuk menunaikan ibadah umrah terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Agama, hingga 25 April 2019 sebanyak 849.000 jemaah menunaikan ibadah umroh.



Arfi menilai, pengawasan terpadu di Bandara Soetta sangat strategis karena 60% keberangkatan umrah dari bandara Soetta. "60% berangkat dari Soetta (Bandara Soekarno-Hatta) sehingga pos pengawasan terpadu ini sangat strategis," tegasnya.






BACA JUGA : TATA CARA UMRAH





Pelayanan terpadu di Bandara Soetta ini, kata Arfi, akan menjadi rintisan. Dia berkomitmen untuk mengembangkannya di sejumlah bandara yang menjadi titik pemberangkatan umrah.


Arfi juga mengapresiasi kesediaan Angkasa Pura menyiapkan fasilitas untuk pengawasan terpadu. Menurutnya, proses ini sudah didiskusikan sejak tahun lalu dalam rangka mengefektifkan pengawasan.



"Kemenag terus berusaha meminimalisir terjadinya permasalahan dalam penyelenggaraan ibadah umrah dan haji khusus," tegasnya.




Untuk menghindari gagal berangkat umrah, sikap selektif dan kehati – hatian baik dari biro umroh maupun dari jamaah sendiri sangat diperlukan dalam hal ini. Mengapa? Karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, baik oleh calon jamaah umroh maupun biro travel umroh.


Gagal nya biro penyelenggara umroh untuk memberangkatkan calon jamaah nya adalah merupakan pil pahit sekaligus kesalahan fatal yang mungkin saja harus ditebus mahal dengan nama baik dari biro itu sendiri. Nama baik dan brand image yang telah dibangun bertahun – tahun bisa saja dipertaruhkan oleh biro travel apabila gagal memberangkatkan jamaah umrohnya.


Tak cukup disitu saja, kerugian finansial dan rasa malu juga akan dirasakan oleh para calon jamaah umroh yang gagal berangkat.






Risiko tersebut bisa saja dihindari, asalkan pihak biro penyelenggara umroh sejak semula bersikap terbuka dan komunikatif terhadap segala permasalahan baik yang bersifat intern maupun ekstern yang dihadapi kepada jamaah yang telah mengamanahkan keberangkatan nya kepada pihak biro.


Dan kekecewaan mungkin saja dapat dihindari apabila sejak awal dalam menawarkan jasa nya, pihak biro tidak hanya memberikan harapan dan janji manis kepada calon jamaah.






Apa saja kah yang mesti diperhatikan oleh calon Jamaah Umroh agar tidak terjadi gagal berangkat?






HARGA TERLALU MURAH BAHKAN CENDERUNG TIDAK WAJAR


Jika kita amati, akhir-akhir ini banyak sekali biro perjalanan umroh yang bermunculan dan memberi penawaran dengan mengiming-iming calon jemaah untuk berangkat umroh dengan harga yang amat sangat murah dan jauh dan bisa dibilang dengan harga yang tidak wajar karna terlalu murahnya dan bisa dibilang tidak masuk akal. Ketatnya saingan berkompetisi antara biro-biri tersebut memuat mereka banyak yang membanting harga jauh dibawah rata-rata.






Sebaiknya bagi jamaah harap lebih teliti lagi dalam memilih biro umroh untuk perjalanan, jangan sampai karna tergiur murahnya menyebabkan batalnya keberangkatan umroh tersebut . diharapkan calon jamaah tidak akan tertipu tawaran umroh murah yang berujung gagal berangkat umroh dan dapat memperkirakan berapa biaya “sesungguhnya” yang timbul dari sebuah perjalanan umroh sebenarnya. Apakah harga yang ditawarkan termasuk wajar atau tidak. Untuk itu sebaiknya apabila para jemaah memiliki rekomendasi layanan biro umroh itu termasuk memudahkan dan pasti telah terpercaya menangani banyak jamaah yang hendak memberangkatkakn diri ke tanah suci.






PERSOALAN PADA VISA


Faktor selanjutnya yang mungkin menyebabkan gagalnya berangkat adalah tidak selamanya kesalahan biro penyelenggara umroh dan haji khusus. Faktor dari luar pun bisa menjadi kendala, antara lain adalah visa yang tak kunjung dikeluarkan oleh pihak Arab Saudi, penyebabnya bisa adanya perubaan peraturan dari kedutaan Saudinya.


Mestinya hal ini tidak terjadi jika pihak biro travel selalu update terhadap kondisi di Saudi Arabia, dan biasanya mereka juga punya bebrapa orang yang ditugaskan untuk mengecek kondisi di daerah Saudi Arabia.






BERIMING-IMING INVESTASI


Banyak sekali tawaran umroh murah yang sebetulnya adalah investasi “gelap” dan tidak jelas dengan mengoleksi dana dari masyarakat secara illegal dengan berkedok Umroh dan haji khusus. Setidaknya masyarakat sadar dan melihat permasalahan dimana banyak travel yang menggelapkan dana ribuan jamaahnya sampai mencapai milyaran rupiah disebabkan karena kerugian dalam berinvestasi.


Bagi mereka yang kurang waspada, tawaran paket umroh murah abal – abal ini teramat menggiurkan ditengah terus melonjaknya harga dollar. Calon jamaah diminta menyetorkan ongkos umroh sebesar 10-15 juta rupiah dan dijanjikan bakal berangkatkan tahun depan sampai lima tahun.


Banyak modus seperti, tetapi sesudah waktu yang dijanjikan tiba, bukan tidak berhasil berangkat umroh saja sebagai “bonus” investasinya, tetapi uangpun menguap entah kemana. Walaupun ternyata memang terdapat jamaah yang sukses diberangkatkan, namun memakai sistem gali lobang tutup lobang akan menjadi bom waktu untuk biro abal – abal.


Tidak jenuh – jenuh Kami menghimbau guna calon jamaah umroh supaya terus berhati hati dalam memilih biro umroh. bukan bermaksud menakut nakuti seseorang dalam beribadah, tetapi inilah fakta yang tidak jarang kita dengar.






BACA JUGA : WASILAH UMRAH




PENGGUNAAN SISTEM M L M


Ada beberapa Biro Umroh yang menggunakan sistem Multi Level Marketing maupun sejenisnya dalam memasarkan produk perjalanan umroh. Dengan iming – iming DP yang rendah dengan cara mengajak beberapa orang dibawahnya sebagai downline .


Sebenarnya Pola pikir setiap manusia pasti berbeda, namun bagi kami sistem semacam ini kurang bijak, karena cenderung akan merugikan calon jamaah yang ada di level paling bawah.


Apalagi umroh sebenarnya lebih berkaitan dengan nilai – nilai ibadah dan bukan bisnis duniawi semata, apalagi mereguk keuntungan dengan cara yang dapat saja merugikan level dibawahnya. Apabila mereka tidak mampu merekrut downline, maka kesempatan untuk gagal berangkat umroh makin terbuka di depan mata, serta uang muka atau DP yang disetorkan pun hangus.


Travel yang terpercaya bakal minimal dapat menunjukkan kode booking atau PNR (Passanger Name Record) maupun duplikat tiket yang telah confirmed dari maskapai penerbangan yang bakal dipergunakan. Sehingga calon jamaah umroh bisa dengan mudah mengerjakan cek tiket di masing – masing situs maskapai PENERBANGAN UMROH dengan memakai kode booking tersebut.


Tiket telah diterbitkan 1-2 minggu sebelum waktu embarkasi umroh yang dijanjikan oleh biro travel. Malakukan periksa kode booking di situs maskapai dengan kedudukan confirmed bakal memperkecil risiko tidak berhasil nya keberangkatan umroh.


Jika pihak biro tidak bisa menunjukan bukti print out tiket dan Itenary (jadwal) perjalanan maka besar bisa jadi pihak biro pelaksana sendiri belum dapat meyakinkan embarkasi umrohnya.


Hal benar yang dilakukan oleh Biro Travel Umrah adalah, ketika calon jamaah umroh membayar DP sebagai tanda jadi untuk keberangkatan umrohnya, maka uang DP tersebut langsung disalurkan untuk pembayaran tikel pesawat, booking hotel dan lainnya. Pastikan ini juga ke biro travel calon jamaah umroh.



BACA JUGA : SEJARAH UMRAH




Dari semuanya pastikan beberapa hal ini :


1. Pastikan travel yang anda pilih adalah yang sudah terdaftar dan resmi di kementrian agama. Dan terkait lokasi/ kantor yang permanen.


2. Pastikan Paket, biaya umroh serta segala fasilitas yang disediakan oleh travel umroh pilihan Anda. Dalam arti kata apa saja yang Anda dapatkan dari mereka. Apakah yang Anda bayar sesuai dengan benefit yang Anda dapatkan.


3. VISA, karna VISA merupakan salah satu komponen penting dalam pelaksanaan ibadah umroh dan haji. OLeh karna itu pastikan VISA yang dipilih telah jelas.


Karena umroh merupakan salah satu ibadah yang dapat dilakukan kapan saja. Berhati-hati dalam memilih pihak travel umroh terpercaya memang penting dilakukan. Sebab nantinya apapun segala kebutuhan kalian terkait umroh itu akan dipersiapkan oleh pihak travel umroh pilihan kalian. Seperti pengurusan VISA umroh, pemesanan tiket pesawat, booking hotel, menyiapkan makanan selama perjalanan, transportasi selama umroh dan tentunya akan mendapatkan pendamping selama mejalankan ibadah umroh.










Pastikan memilih Travel umroh terpercaya agar perjalanan ibadah teman-teman aman, nyaman, dan menyenangkan.




0 Komentar