Tips Dalam Memilih Rumah Modern

tips memilih rumah kontrakan, tips memilih rumah baru, tips memilih rumah subsidi, tips memilih rumah kpr, tips memilih rumah tinggal, tips memilih rumah pertama,
Rumah Murah Malang-Rumah merupakan sebagai tempat untuk berlindung atau bernaung dari pengaruh keadaan alam sekitarnya ( Hujan, Matahari, dll ) Serta merupakan tempat beristirahat setelah bertugas untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari.

Rumah bagi sebagian dari kita masih menganggap sebagai suatu kebutuhan papan namun semakin kompleksnya masyarakat dan berkembangnya peradaban manusia. Kini rumah tinggal bukan hanya sebatas itu saja numun juga merupakan indikator bagi setiap individu yang menunjukan penegasan status sosial dari sebuah kemapanan.

Saat Anda mencari rumah baru, sebaiknya fokus utama tidak hanya melulu soal penampilan rumah, harga, dan spesifikasi bangunannya saja. Bagi keluarga muda dengan anak kecil, memerhatikan kenyamanan serta kedekatan dengan pusat wisata keluarga merupakan hal wajib.

Sebelum kita memutuskan untuk membeli atau membangun sebuah tempat tinggal maka kita perlu memahami lebih dalam lagi apa definisi dan fungsinya, terlepas dari apa tujuannya apakah akan digunakan sebagai tempat tinggal atau investasi.

Berikut ini terdapat ebebrapa tips  penting yang menjadi pertimbangan sebelum memilih rumah baru :

Cobalah Untuk Diskusi Terlebih dahulu
Diskusikan terlebih dahulu mengenai tempat atau lokasi perumahan yang ingin anda beli bersama seluruh anggota keluarga, dalam hal ini adalah istri dan anak-anak. Jika anda seorang pekerja dan anak-anak masih mengenyam pendidikan sekolah, akan lebih memilih lokasi perumahan yang sama-sama dekat antara rumah ke sekolah ataupun rumah ke kantor.

Tentu saja hal ini bisa menghemat pengeluaran bensin dan anda tidak lagi pulang terlalu larut malam hanya karena terlalu menghabiskan waktu di jalan. Selain itu jangan lupakan keinginan istri anda. Pastikan letak rumah memenuhi keinginan semua anggota keluarga.

2    Dekat Tempat Ibadah
Sebagai umat beragama yang taat, kita tidak boleh mengesampingkan pertimbangan yang satu ini. Sebagai contoh masjid, memang untuk melaksanakan ibadah shalat bisa dilakukan di rumah. Namun alangkah lebih afdol bila anda dan keluarga bisa menjalani ibadah sholat 5 waktu di masjid sekitar rumah anda.

Kerena itulah penting bagi seorang pembeli rumah baik yang akan tinggal di daerah perumahan ataupun yang bukan untuk memilih hunian atau tempat tinggal dekat dengan rumah ibadah. Jangan sampai hanya demi kenyamanan, anda menjadi lupa tentang nilai-nilai keagamaan didalam hidup anda.

3   Melek Terhadap Keamanan Tempat Tinggal
Keamanan juga menjadi sesuatu penting yang harus anda perhatikan. Karena hal tersebut menyangkut harta benda yang anda miliki. Jangan sampai pencuri dengan leluasa bisa keluar masuk dan bisa mengambil setiap barang berharga yang terdapat di rumah anda. Tak hanya pencuri, area perumahan sejatinya harus bersih dari berbagai penjahat lain seperti pencopet, penodong, penjarah, dan lain sebagainya. Pada akhirnya nanti keselamatan anda dan keluarga yang jadi taruhannya.       
 
Jadi bagaimana sebaiknya saya memilih? Disarankan bagi anda untuk memilih perumahan yang memiliki sistem penjagaan yang cukup ketat. Dalam artian setidaknya ada 2 orang satpam yang berjaga dan melakukan pengamanan keliling di setiap malamnya. Selain itu akan lebih baik jika perumahan juga dibekali dengan kamera pengintai cctv dimana nantinya gerak gerik penjahat bisa dengan cepat diketahui.

4   AKSES JALAN YANG BAGUS
Jalan di area perumahan sebaiknya harus bisa dilalui dengan baik terutama bagi orang-orang yang tinggal di perumahan tersebut. Jangan sampai ada jalan dengan kondisi yang buruk dan tidak layak pada sebuah jalan perumahan. Memang jika boleh dikata, bukanlah jalan lintas provinsi yang dilalui oleh banyak kendaraan, tetapi pasti ada saja kendaraan yang lewat.

     AREA PERUMAHAN YANG TIDAK RAWAN BENCANA
Bencana memang kehendak Tuhan yang tidak mungkin bisa kita hindari, namun langkah mitigasi sebaiknya juga dilakukan untuk meminimalisir korban saat bencana tersebut terjadi suatu saat nanti. Salah satu upaya pencegahan bencana yang bisa dilakukan yaitu dengan memilih rumah dengan tingkat resiko terkena bencana yang kecil.

Pemilihan rumah yang minim resiko terkena bencana sebaiknya benar-benar anda pilih. Adapun lokasi yang dimaksud yakni lokasi yang tidak rawan longsor, tidak rawan banjir, dan tidak rawan bencana lainnya yang kerap kali terjadi. Diharapkan dengan melakukan hal ini, anda bersama keluarga bisa terhindar dari mara bahaya yang mungkin saja terjadi saat peristiwa bencana itu terjadi.

Walaupun  tidak berada di tengah kota, Anda tetap harus memperhitungkan lokasi yang ideal untuk bertempat tinggal. Lokasi bagus ini tentu memiliki arti yang berbeda beda pada setiap keluarga. Secara umum lokasi bagus memiliki artian jaraknya dekat menjangkau beberapa tempat penting seperti fasilitas umum, lokasi aktivitas dan infrastruktur. Kelengkapan fasilitas tidak hanya mempermudah mobilitas sehari-hari namun juga meningkatkan nilai jual properti di kemudian hari.

6  Terjangkau
Ketika kebanyakan orang bermimpi memiliki rumah keluarga yang luas dan mewah, Anda tidak harus memaksakan hal tersebut jika anggaran tidak mencukupi. Mungkin saja pembiayaan rumah bisa dibantu dengan kredit pemilikan rumah atau disingkat KPR.

Namun jika Anda tidak nyaman melakukan cicilan dalam jangka waktu dan jumlah yang besar, ada baiknya untuk memilih rumah dengan harga yang sesuai dengan kemampuan.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pengembang perumahan, khususnya di kota-kota besar di mana lahan hunian kian terbatas, berlomba membangun hunian mungil.

7   Dekat Lembaga Pendidikan
Tinggal bersama keluarga, tentu Anda menginginkan hunian yang memiliki akses mudah menuju childcare dan sekolah. Dengan begitu Anda tidak akan kesulitan mengantar jemput buah hati. Anda juga bisa memilih sekolah unggulan yang ada di sekitar hunian.
Pastikan mereka merasa nyaman dengan lingkungan belajarnya. Selain itu, rumah yang dekat dengan sekolah biasanya memiliki harga jual kembali yang cukup menguntungkan. Beberapa ahli berpendapat pertambahan nilainya bisa mencapai 5 persen dari harga jual, atau 10 persen untuk harga sewa.

8     Dekat Pusat Aktivitas
Lokasi yang dekat dengan pertokoan, perpustakaan, klinik, dan rumah sakit juga tidak kalah penting untuk “memanjakan” keluarga kecil Anda. Lebih baik lagi jika sejumlah fasilitas tersebut bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau bersepeda. Dengan begitu anak-anak bisa mencapai sekolah dengan mudah sehat dan murah. Yang terpenting, akses orangtua menuju tempat bekerja juga bisa perlu diperhitungkan.

9   Lingkungan yang Aman
Area tempat tinggal yang tingkat kriminalitasnya rendah tentu lebih disukai untuk keluarga yang ingin mencari rumah. Dengan begitu, orang tua bisa bebas mengajak si kecil untuk berjalan jalan di sekitar perumahan. Jika tidak memungkinkan, setidaknya area kluster didesain aman sehingga anak-anak bisa berlarian dan bermain bersama teman-temannya.





0 Komentar