WISATA KULINER MALANG ENAK MURAH 

  1.  bakso malang di jogja, bakso president malang, bakso enak di malang, bakso malang cak pon, bakso boedjangan malang, bakso cak man malang, bakso beranak malang,


Waralaba Bakso Malang - Setiap manusia membutuhkan makanan yang menghasilkan sumber energi untuk melakukan segala kegiatan. Kuliner di setiap daerah banyak ragamya dan memiliki ciri khas masing-masing. Hal ini juga berpengaruh dengan letak geografis, ekonomi, dan hasil bumi yang di dapat pada daerah tertentu, misalnya penduduk yang memiliki hasil bumi berupa jagung akan menjadikan jagung  sebagai makanan pokok mereka. Sama halnya dengan bakso, menjadi salah satu makanan yang banyak disukai. Beragam jenis bakso banyak beredar di pasaran sehingga dapat memudahkan para penikmat bakso untuk mencobanya.

Untuk mencari minat para wisatawan untuk menikmati baso . Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia hal ini ditunjukkan dari istilah Bakso berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging babi giling'. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

Seiring berkembangnya waktu, istilah bakso menjadi lebih dikenal dengan 'daging giling' saja. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang.

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas bersama kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima sampai restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mal-mal.

Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa.

Berbeda dengan bakso yang berasal dari Tionghoa, sebab bakso China biasanya terbuat dari babi atau
makanan laut dan warnya agak kecokelatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso China biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.

Dalam proses pembuatanya, ada bakso yang dicampur dengan boraks atau bleng untuk membuat tepung menjadi lebih kenyal mirip daging serta lebih awet.  Hal ini membuat bakso pernah dianggap makanan yang kurang aman oleh BPOM. BPOM mengingatkan bahwa mengonsumsi makanan berkadar boraks tinggi selama kurun 5–10 tahun dapat meningkatkan risiko kanker hati. Maka bakso yang dijual di berbagai pasar tradisional dan pasar swalayan diwajibkan bebas boraks. Karena bakso terbuat dari daging, maka sebaiknya bakso disimpan dalam kondisi beku sebelum direbus untuk dikonsumsi. Karena alasan itulah di supermarket bakso dijual dalam kondisi beku untuk menjaga temperatur agar bakso dapat terjaga kualitasnya dan tidak tercemar bakteri. Konsumen perlu berhati-hati dalam memilih bakso yang dijual oleh pedagang bakso keliling. Bakso yang dijual tetapi dipajang di etalase pada temperatur ruang rawan tercemar bakteri, misalnya bakteri penyebab diare atau salmonela penyebab tifus. Pilihlah bakso yang tengah direbus.

Bakso merupakan salah satu ikon kuliner di Malang yang sangat dikenal berbagai kalangan masyarakat di nusantara, khususnya warga Malang. Layaknya primadona, wisata kuliner Malang ini banyak dijajakan di berbagai kota mulai dari pedagang kaki lima, kios, warung, depot, bahkan restoran.Sehingga wisata Kuliner Malang yakni Bakso Malang tidak sulit dicari. Sajian bakso Malang juga sudah mulai dikreasikan hingga memiliki ciri khas sendiri untuk menarik minat pembeli.

Bakso Malang sendiri terdiri aneka bakso, pangsit isi, tahu, mi, bihun dan siomay. Anda juga bisa memilih dan mengombinasikan isi mangkuk wisata kuliner Malang ini sesuai dengan selera. Tanpa disadari, hal tersebut membuat pengalaman makan Bakso Malang menjadi menyenangkan.

Sementara untuk harga bakso Malang ini relatif terjangkau berkisar Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Tak heran jika bakso Malang disukai segala kalangan, baik tua maupun muda. Nah jika ingin membuat wisata kuliner Malang ini di rumah juga bisa.

Bahan untuk membuat bakso Malang adalah 1 bungkus bakso ikan, 1 bungkus mi instan yang sudah direbus dan tiriskan, 1 bungkus kulit lumpia (isi 10), 1 bungkus tahu kulit (isi 10). Untuk bahan isi kulit dan tahu untuk bakso malang adalah 150 gr fillet ikan tenggiri, 6 sdm tepung tapioka, 3 sdm minyak wijen atau minyak sawit, 1 btr telur, garam secukupnya dan minyak goreng secukupnya. Sedangkan untuk kuah segar bakso Malang adalah 1 liter air, 2 siung bawang putih, ½ sdt merica, 1 sdt garam, dan 1 sdt gula pasir.

Nah, untuk cara membuat bakso Malang cukup mudah. Didihkan air, lalu masukan bumbu yang sudah dihaluskan beserta bakso ikan. Setelah bakso terlihat matang masukan gula dan garam, siap disajikan untuk kuah. Campur jadi satu bahan isi kulit, setelah adonan dapat dibentuk masukan kedalam kulit pangsit dan tahu kulit.

Bagi dua kulit pangsit yang sudah diisi, 5 untuk dikukus dan 5 selebihnya untuk digoreng. Setelah matang tata dalam mangkuk mie, kukusan tahu kulit isi, somay pangsit, pangsit goreng dan bakso ikan. Kemudian siram dengan kuah, sajikan dengan pelengkap (bawang goreng, daun bawang, kecap manis dan sambal rawit).

PENDAPAT AHLI GIZI TERHADAP BAKSO

Rasanya yang enak, tak heran jika banyak orang ketagihan saat mengonsumsi bakso. Namun, Anda perlu tahu, jika bakso mengandung kalori yang tinggi dan berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Secara umum, Emilia tidak menyatakan bakso sebagai salah satu pilihan makanan yang bergizi tinggi. “Karena saya mengetahui, dalam proses pembuatan bakso akan semakin sedikit kualitas dagingnya.”

Dalam produk makanan olahan, menurut Emilia, makanan yang berprotein tinggi itu jika kandungan daging di dalamnya minimal 80 persen. “Mau daging ayam, sapi, ikan, apa saja. Bisa termasuk salah satu makanan berprotein hewani tinggi jika [kandungan dagingnya] mencapai 80 persen,” ucap Emilia.

Emilia memberi contoh alternatif makanan olahan lain seperti sosis atau nugget, misalnya. Sama seperti bakso, secara umum Emilia tidak menyarankan untuk mengganti asupan protein hewani Anda hanya dengan sosis ataupun nugget.

Lalu, apa yang dapat dilakukan untuk memastikan kita mengkonsumsi bakso yang bergizi?

“Sayangnya, hingga saat ini yang bisa dilakukan adalah pemberian edukasi, baik dari pihak produsen(perusahaan) atau pemerintah, kepada masyarakat terkait kandungan gizi pada bakso,” ucap Emilia.

Terlebih, pengecekan komposisi kandungan pada tiap kemasan produk makanan, menurut Emilia tidaklah cukup menjamin.

Pada intinya, informasi mengenai pemenuhan gizi protein hewani masih sangat harus digencarkan kepada masyarakat. Selain itu, Emilia juga mengungkapkan jika Anda ragu terhadap produk olahan yang akan dikonsumsi seperti bakso, lebih baik konsumsi daging asli yang tidak melalui proses pengolahan.


Klik Untuk Info Selengkap Nya : Waralaba Bakso Cak Masrur


HP : 0851-0686-1155
Email : Cakmarsus13@gmail.com
Alamat : Jl.Polri Istimewa, No6, Timoho jogja

CHAT WHATSAPP



0 Komentar