Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Pengunduran Diri dari CEO-ku

Contoh Surat Pengunduran Diri dari CEO saya.

 satu hal yang menjadi kegelisahan para business owner seperti saya adalah ketika ada tim dari bisnis yang resign, mengundurkan dari perusahaan. Apalagi jika karyawan yang mengundurkan diri itu adalah karyawan posisinya sentral bagi bisnis saya. Terlebih masih susah mencari penggantinya, apatah lagi jika perusahaan belum melakukan kaderisasi pada anggota tim / karyawan lainnya. 


Belajar dari pengalaman itu, tim kami melakukan evalauasi terhadap pola keluar masuk anggota tim / karyawan di bisnis kami. Dibuatlah beberapa standart operating prosedure (SOP) terkait dengan bidang Human Resource Development di perusahaan kami. SOP yang dibuat diantaranya adalah :

  1. SOP membuat materi iklan lowongan kerja
  2. SOP standar kualifikasi tiap jabatan lowongan kerja
  3. SOP pengiriman surat lamaran kerja
  4. SOP pengarsipan surat lamaran kerja
  5. SOP seleksi berkas lamaran kerja
  6. SOP seleksi tahap pertama
  7. SOP seleksi tahap kedua
  8. SOP tes wawancara
  9. SOP wawancara masalah gaji
  10. SOP panggilan masuk kerja
  11. SOP orientasi kerja hari pertama
  12. SOP ijin tidak masuk kerja
  13. SOP pengajuan cuti
  14. SOP pengunduran diri
  15. SOP surat pengunduran diri
  16. SOP surat pengalaman kerja

Untuk yang dimaksud dalam poin 15 inilah yang baru saja dibuat oleh tim kami. Lama baru bisa diselesaikan karena kami belum juga menemukan format surat pengunduran yang baik. Terlebih personil tim atau karyawan kami mayoritas adalah anak milleneal yang belum terbiasa membuat surat formal, termasuk surat pengunduran diri dari pekerjaan. Mungkin mereka tidak berpengalaman organisasi atau mungkin waktu sekolah dan kuliah memang tidak adalah pelajaran seperti ini. Beda generasi kakak atau pamannya atau bahkan orang tuanya, yang dulu memang belajar hal seperti ini pelajaran Bahasa Indonesia sejak bangku sekolah menengah atas, SMA.

Beruntulah kami memiliki Chief Eksekutif Officer (CEO) yang berpengalaman, sekelia Mbak Lia, yang saat rapat langsung meminta kami semua membuka webistenya www.mamikos.com ternyata di webiste tersebut terdapat contoh surat pengunduran diri kerja.

Alhamdulillah rapat selesai dan ditutup dengan gembira, target Menyusun 16 SOP HRD telah berhasil kami selesaikan, termasuk SOP surat pengunduran diri.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Pengunduran Diri dari CEO-ku"