Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips buat kamu yang sudah lulus kuliah,Tapi susah dapat kerja!

 

Lulus kuliah dan mendapatkan gelar sarjana pastinya adalah impian setiap mahasiswa. Tidak sedikit mahasiswa yang baru lulus kuliah tetapi langsung ingin menacari kerja atau membuka bisnis, Tetapi harapan memang tak selalu sesuai dengan kenyataan bukan?.

Seperti yang tertera pada data BPS, tertera bahwa pada bulan februari 2020, Indonesia mempunyai 137,91 juta angkatan kerja. Karna untuk seoarang fresh gradate akan cukup sulit untuk mencari kerja sekarang. Sebelum masuk ke tips untuk mendapatkan kerja , Ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apa saja alasan fresh graduatesulit untuk mendapat kerja.

Alasan kenapa freshgradute susah dapat kerja

Ini dia beberapa alasan mengapa freshgradute susah dapat kerja

1.      Persaingan yang ketat

Persaingan yang ketat. Persaingan yang ketat termsuk kedalam salah satu alasan freshgraduate sulit untuk mendapatkan kerja. Terlebih lagi disaat pandemic seperti ini, Banyak tenaga tenaga kerja yang di PHK dan perusahaan perusahaan juga meunda untuk merekrut karyawan baru.

 

2.      CV yang kurang menarik

CV juga akan menentukan diterima atau tidaknya kamu di perusahaan tersebut. Oleh karena itu penggunaan CV yang menarik sangat disarankan ketika kamu mendaftar kerja.Buatlah CV semenarik mungkin, Jelaskan tentang dirimu dan kemampuan yang kamu punya dengan cara yang kreatif dam menarik.

 

3.      Belum memiliki pengalaman

Pengalaman adalah salah satu cara untuk membuat kita belajar. Belum memiliki pengalaman kerja juga akan mempengaruhi sulitnya kamu ketika akan mendaftar kerja. Jika kamu belum memiliki pengalaman kamu bisa mencoba magang atau menjadi volunteer, Hal itu dapat membntu kamu mencari pengalaman sebelum terjuan ke dunia kerja.

 

4.      Kurangnya networking

Mempunyai jaringan pertemanan yang luas juga sangat membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan. Kenapa begitu? Krena tidak semua info lowongan pekerjaan bisa didapatkan dari website atau media social loker tetapi juga bisa kita dapat informasi loker dari teman.

 

5.      Kurangnya keterampilan

Pada saat menulis CV  kamu juga harus mencantumkan apa keterampilan atau kemampuan yang kamu punya. Jika kamu memamng merasa masih kurang dalam keterampilan, Kamu bisa meningkan softskill kamu dengan mengukuti berbagai kelas pelatihan.

 

Jangan lakukan hal ini ketika wawancara kerja

Tahap wawancara termasuk tahap yang penting untuk kamu lalui. Karna pada tahap inilah yang akan menuntukan kamu diterima atau tidaknya dalam mendaftar pekerjaan tersebut.Hal yang tidak boleh dilakukan saat awancara adalah :

·         Menceritakan dirimu secara berlebihan

Menceritakan tentang dirimu memang akan membuat perusahan semakin berimpresif positif padamu. Dan tidak menutup kemungkinan peluangmu untuk diterima makin besar. Tetapi hal yang lain akan terjadi jika kamu menceritakan dirimu secara berlebihan. Apalagi sampai melebih lebihkan tentang dirimu yang bukan fakta sebenarnya.

 

·         Menanyakan pertanyaan personal kepada pewawancara

Menanyakan hal hal itu akan membuatmu terlihat tidak sopan dihadapan pewawancara.Jadi, lebih baik jika kalian menanyakan tentang hal yang berkaitan denga perusahaan.

 

·         Datang telat saat wawancara

Datang tepat waktu akan lebih baik dilakukan daripada kamu dating terlambat. Karna hal ini akan menunjukan kedisiplinanmu juga dan bisa jadi mendapatkan nilai plus dalam wawancara pekerjaanmu.

 

·         Bersikap seenaknya atau cuek

Ada beberapa sikap yang buruk untuk dilakukan saat wawancara, contohnya mengangkat telepon saat sedang wawancara. Maka, Sebaiknya kita mematikan telepon sebelum masuk kedalam ruang wawancara. Atau jika dirasa telepon itu sangat penting, Kamu bisa meminta izin terlebih dahulu kepada pewawancara.

 

Posting Komentar untuk "Tips buat kamu yang sudah lulus kuliah,Tapi susah dapat kerja!"