Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mencari arah kiblat dengan mudah



Cara mencari arah kiblat dengan mudah. Sebagai umat islam kita harus mengetahui bagaimana cara menentukan arah kiblat yang benar. Karena menghadap ke kiblat merupakan salah satu syarat sah sholat.Ka’bah yang berada dimekah merupakan kiblat umat islam.

Secara umum, Posisi Negara Indonesia terhadap ka’bah adalah kira kira 112 derajat arah barat laut. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa menghadap tepat kearah barat sudah dianggap sama dengan menghadap kea rah kiblat.Nah untuk kalian yang masih bingung dengan bagaimana menentukan atau mencari arah kiblat simak penjelsannya berikut.

1.      Menggunakan benda tegak

Arah kiblat bisa ditentukan menggunakan benda tegak. Arah kiblat ditentukan dari bayangan yang jatuh pada waktu tertentu dar benda yang tegak. Setelah itu bisa dibuat garis barisan sholat baru sesuai arah yang ditentukan.

 

2.      Ditentukan dengan GPS

Penentuan arah kiblat juga bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan GPS (Global positioning system). Teknologi yang memanfaatkan informasi yang diperoleh berbagai satelit.

Para muslim bisa melihat titik koordinat ka’bah dimakkah yang lengkap yang pastinya dengan dasar informasi yang akurat.

 

3.      Melihat lumut di Batang pohon

Informasi ini pentng untuk kalian yang sering berada dialam, Misalnya ditengah hutan.Kamu bisa memanfaatkan bantuan lumut untuk menentukan arah kiblat. Caranya adalah dengan memeriksa lumut dibatang pohon. Jika kamu melihat ada banyak lumut disatu sisi pohon, Maka itu menandakan siis timur. Mengapa bisa begitu? Karena sinar matahari yang menyinari masih belum terlalu terik saat pagi hari. Sedangkan dengan sisi yang kering menunjukan sisi barat karena pada sisi barat terpapar panas mtahari dalam waktu yang lama hingga matahari tenggelam.

 

4.      Ditentukan pada pukul 16.18 WIB

Menurut informasi yang dibagikan oleh BMKG melalui akun instagramnya, Verifikasi arah kiblat sebaiknya dilakukan pada pukul 16.18 WIB saat matahari diatas ka,bah. Karena arah kiblat bisa dilihat dari ujung bayangan hingga benda yang dijadikan patokan.

 

5.      Menetukan dengan goohle earth

Sekarang ini sudah terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjukan arah kiblat.Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat adalah Google earth. Tak hanya berfungsi sebagai penunjuk arah kiblat, Tetapi juga dapat digunkan untuk menghitung jarak antara lokasi pengguna dengan ka’bah. Penggna aplikasi ini juga dapat melihat langsung tampilan bangunan tanah suci melalui foto satelit.

Cara menggunakan aplikasi google earth ini tidak sulit, Pertama kita harus mendownload aplikasi ini. Setelah pemasangan aplikasi selesai, segera jalankan aplikasi dan tentukan lokasi yang ingin anda cari arah kiblatnya. Caranya adalah dengan mengisi alamat tempat pada kolom search atau pencarian yang terletak disisi kiri layar. Apabila lokasi sudah ditemukan. Tandai lokasi tersebut dengan ikon placemark dengan cara, klik ikon placemark kemudian klik lokasi yang ingin ditandai.

 

Itulah beberapa cara untuk menentukan arah kiblat. Untuk di Indonesia arah kiblatnya adalah kearah barat tetapi tidak kebarat pas namun agak miring yaitu kearah barat laut. Seperti yang dikatak oleh ketua MUI bidang Fatwa Ma’ruf amin “ Indonesia letaknya tidak ditimur pas ka’bah, Tetapi agak keselatan. Jadi arah kiblat kita tidak barat pas,Tetapi agak miring yaitu arah barat laut.”Dalam fatwa juga disebutkan bahwa letak geografis Indonesia berada dibagian timur ka’bah, Maka kiblat umat islam Indonesia adalah kearah barat.Fatwa terakhir itulah yang ke,udiam diralat karena didapati bahwa letak Indonesia tidak persis diarah timur ka’bah, Melainkan agak keselatan.

 

Posting Komentar untuk "Cara mencari arah kiblat dengan mudah"