Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari tau makna motif batikmu yuk!




Makna motif batik. Indonesia adalah negara yang mempunyai berbagai macam suku, ras dan agama. Indonesia juga mempunyai berbagai macam seni budaya salah satunya yaitu batik. Batik mempunyai banyak motif yang berbeda beda, sehingga makna motif batik itu pun juga berbeda beda. Batik sendiri merupakan seni menggambar diatas kain untuk pakaian yang dahulu menjadi salah satu kebudayaan dari keluarga raja di Indonesia.


Batik juga telah diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Banyaknya motif batik yang ada di Indonesia, terkadang membuat kita bertanya apa makna motif batik tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut ini!


Macam macam Batik Indonesia dan Maknanya


Batik parangkusumo


Batik parang kusumo adalah batik yang berasal dari kota solo. Kota solo sendiri mempunyai banyak motif batik klasik. Batik parang kusumo mempunyai ragam hias utama yaitu ombak lautan. Ombak pada batik ini diartikan sebagai ombak yang senantiasa menghantam tebing dan karang tanpa lelah. Dari arti tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa makna motif batik parang kusumo adalah sebuah kehidupan harus dilandasi dengan perjuangan dan usaha. 


Batik Sidomukti


Batik sidomukti memiliki nama lain yaitu batik sawitan atau sepasang. Batik ini juga merupakan salah satu jenis batik keraton solo yang biasanya dibuat dari zat pewarna soga alam. Dikenal mempunyai warna batik yang klasik dan asli, batik sidomukti mempunyai makna dan filosofi tersendiri. Sido mukti yang berasal dari kata “sido” yang mempunyai arti “jadi” atau “menjadi” sedangkan kata “mukti” yang berarti “mulia” atau “sejahtera”.


Batik Mega mendung


Batik mega mendung memiliki makna motif batik yaitu “mega” yang berarti “Langit” sedangkan “mendung”  mempunyai arti “Langit yang meredup karena akan turun hujan”. Batik ini mempunyai tujuh gradasi warna yang sesuai dengan gradasi langit. Istilah mendung sendiri diartikan sebagai kehidupan manusia yang mempunyai sifat sabar atau tidak mudah marah.


Batik pekalongan


Siapa yang tidak kenal dengan batik yang satu ini? Batik pekalongan mempunyai ciri khas yaitu dengan motif batik yang didominasi oleh motif tumbuh tumbuhan dan hewan. Selain itu batik ini juga merupakan batik yang kaya akan warna sehingga motif bunga yang ada pada batik pekalongan memiliki warna yang cerah juga. Dengan kesan yang elegam, batik pekalongan mempunyai makna motif batik yaitu menggambarkan ciri kehidupan masyarakat pesisir yang mudah beradaptasi dengan budaya luar.


Batik singa barong


Batik singa barong berasal dari kota cirebon. Sesuai dengan namanya, motif batik singa barong ini diambil dari sejarah singa barong. Singa barong sendiri merupakan hewan mitologis sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa makna dari batik ini adalah sebagai wujud simbol simbol yang bersifat spiritual.


Batik Kawung


Batik kawung merupakan jenis batik yang cukup terkenal. Batik ini mempunyai motif seperti kolang kaling yang disusun pada empat sudut persegi. Batik ini ternyata sudah ada sejak abad ke 9. Makna dari batik ini adalah pengendalian diri yang sempurna dan hati yang bersih ranpa adanya keinginan untuk riya’.


Batik Tambal


Sesuai dengan namanya, batik tambal mempunyai makna menambal sesuatu atau memperbaiki sesuatu yang telah rusak. Orang orang pada zaman dahulu percaya bahwa ketika ada orang yang sedang sakit maka bisa akan disembuhkan dengan cara menyelimuti orang yang sedang sakit tersebut dengan kain motif ini.


Batik priyangan


Batik priyangan berasal dari tasikmalaya, batik ini memiliki motif yang rapat, rapi dan berkelas. Motif yang khas dari batik ini adalah motif rumput dan tumbuh tumbuhan. Makna dari motif batik ini sendiri adalah memberkan kesan semangat kesederhanaan, terbuka dan pluralis serta memperlihatkan kesan yang imut selaras dengan citra wanita sunda.  


Posting Komentar untuk "Cari tau makna motif batikmu yuk!"