Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia 6 Fakta Tentang Kopi Yang Jarang Diketahui Orang



Fakta Tentang Kopi Yang Jarang Diketahui Orang. Kopi mempunyai aroma dan cita rasa yang khas, oleh karena itu kopi digemari banyak orang. Sedangkan bagi beberapa orang menyeduh kopi dipagi hari sebelum memulai pekerjaan adalah hal yang wajib. Hal ini dikarenakan kopi bagi beberapa orang bisa membuat orang bersemangat menjalani hari. Tetapi dibalik itu kopi juga memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan.


Ada banyak fakta fakta tentang kopi yang jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut ini beberapa fakta tentang kopi yang jarang diketahui banyak orang.


Kopi Dapat Menyebabkan Overdosis


FDA menyarankan untuk mengkonsumsi kafein paling banyak 400 miligram per hari yang diperkirakan sama dengan 4 cangkir kopi.  Hal ini dikarenakan kopi memiliki kandungan kafein yang bisa membuat overdosis kafein. Overdosis kafein dapat menyebabkan migrain, peningkatan denyut, tremor otot, dan juga mual. Bahkan reaksi dari overdosis kafein yang leih parah adalah dapat menyebabkan kejang dan halusinasi. Overdosis kafein akan terjadi apabila kamu mengkonsumsi 1200 kafein atau lebih.


Setelah kita tahu betapa bahayanya kopi jika dikonsumsi secara berlebihan, kita bisa mengatur takaran kopi per hari untuk menghindari terjadinya overdosis kafein.


Kopi Dapat Menjadi Bahan Bakar Mobil


Mungkin diantara kalian belum banyak yang tahu bahwa kopi bisa dijadikan bahan bakar mobil. Perlu kalian ketahui, yang dijadikan bahan bakar untuk mobil adalah ampas kopi. Mobil dengan bahan bakar ampas kopi ini disebut dengan car-puccino. Car-puccino sendiri adalah volkswagen Scirocco tahun 1988. 


Selain itu Royal Dutch Shell, perusahaan minyak yang lebih dikenal dengan nama shell coba mengembangkan biofuel yang dibuat dengan memanfaatkan ampas kopi. Dalam menciptakan biofuel Shell berkolaborasi dengan bio bean. Bio bean sendiri adalah perusahaan yang sudah berhasil mengindustrialisasi sampah kopi menjadi biofuel dan argent energy.  


Kualitas Kopi Yang Dapat Berbahaya Untuk Kesehatan


Biji kopi ada yang mengandung mikotoksin. Mikotoksin adalah bahan kimia beracun yang diproduksi dari beberapa jamur. Kandungan mikotoksin yang ada dalam kopi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang kronis. Tetapi perlu digaris bawahi bahwa mikotoksin ini tidak ada pada semua kopi, melainkan pada tanaman kopi yang tidak disimpan dengan baik. Tanaman yang tidak disimpan dengan benar akan ditumbuhi jamur. 


Ada banyak jenis mikotoksn, namun yang paling berhubungan erat dengan tanaman kopi adalah Aflatoksin dan Orchratoxin A. 



Kopi Ditemukan Oleh Kambing 


Fakta tentang kopi selanjutnya adalah tentang legenda kopi yang menceritakan adanya seorang pengembala kambing melihat kambing peliharaannya jadi lebih bersemangat setelah memakan beberapa jenis berry. Setalah itu, pengembala kambing tadi membawa berry yang ia temukan ke biara untuk diolahnya menjadi minuman. Dan dipercaya bahwa berry yang dimaksud pengembala kambing tadi adalah kopi. 


Kopi Termahal Didunia


Tahukah kamu bahwa fakta tentang kopi yang terakhir berasal dari negara Indonesia. Salah satu Kopi termahal didunia adalah kopi luak yang berasal dari negara indonesia. Kopi yang dimakan oleh luak adalah kopi yang paling manis dan segar, ini disebabkan karena luak adalah hewan yang sangat pemilih. Setelah luwak mengeluarkan kotoran, biji kopi yang dikeluarkan tadi pun dibersihkan lalu digoreng dan diseduh.


Karakteristik rasa yang unik dari kopi luwak yang paling terasa adalah kopi luwak dengan rasa plum, teh dan mawar. Tentunya masih banyak fakta tentang kopi yang belum banyak diketahui oleh banyak orang, namun setelah membaca penjelasan diatas kamu jadi lebih tahu bahwa kopi menyimpan banyak fakta yang tersembunyi.




Posting Komentar untuk "Ini Dia 6 Fakta Tentang Kopi Yang Jarang Diketahui Orang"